Jumat, 09 Januari 2009

Ajukan 35 Desa Program PUAP

Setelah dilaunching Menteri Pertanian Anton Apriyantono pada September tahun lalu di Desa Durikulon Kecamatan Laren, Program Pengembangan Usaha Agrobis Pedesaan atau PUAP, akan kembali dikucurkan tahun ini di Lamongan. Sejumlah 35 desa diusulkan untuk mendapatkan program dari Departemen Pertanaian tersebut.
Seperti disampaikan Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa, sesuai dengan himbauan dari Pemerintah Propinsi Jatim dan Departemen Pertanian RI, pada 2009 ini usulan penerima kucuran program PUAP disamakan dengan penerima tahun lalu. Yakni diperuntukkan bagi 35 Desa di Lamongan.
Sejumlah 35 Desa yang diusulkan tersebut tersebar di 15 kecamatan di Lamongan. Diantaranya Kecamatan Pucuk, Turi, Kalitengah, Sarirejo, Sukodadi, Laren, Babat, Ngimbang, Karanggeneng, Bluluk, Brondong, Sambeng, Kedungpring, Maduran dan Kecamatan Modo. Seperti halnya tahun lalu, besaran dana Program PUAP ini Rp 100 juta setiap desa. Sehingga nantinya total 35 desa tersebut akan menerima Rp 3, 5 miliar program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa miskin tersebut,  tutur Aris.
Sasaran dari program ini, lanjut dia, adalah desa miskin. Nantinya, uang ini akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing Ketua Gapoktan Gabungan Kelompk Tani - untuk kemudian disalurkan pada petani sesuai dengan Rencana Usaha Bersama (RUB) yang telah dibuat sebelumnya. Dana yang diberikan pada petani berupa program tersebut kemudian akan disetor kembali ke Gapoktan untuk dikelola sehingga dapat memajukan perekonomian masyarakat desa bersangkutan.
Sementara untuk dana Program PUAP 2008 semuanya sudah berada di rekening masing-masing Gapoktan. Hanya memang tingkat penyerapannya saja yang bervariasi antara masing-masing desa. Kebanyakan masih digunakan untuk pengadaan saprodi pupuk dan usaha rumah tangga,  ungkap dia.
Dengan Program PUAP tersebut, Aris menyatakan mampu memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi pedesaan untuk pengembangan kegiatan usaha agribis. Selan itu juga meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi mitra lembaga keuangan dalam upaya akses ke permodalan. "Nantinya diharapkan terjadi peningkatan kesejahteraan rumah tangga tani miskin, petani ataupun peternak baik pemilik maupun penggarap skala kecil dan buruh tani," katanya

Monumen Pesawat Nomad Datang

Monumen pesawat terbang yang merupakan hibah dari TNI AL tersebut akhirnya datang. Pesawat datang pada Rabu petang (7/1)sekitar pukul 17.00 WIB dalam bentuk potongan badan dan sayap beserta beberapa potongan kecil yang dinaikkan dua unit mobil pengangkut besar dan kedatangannya dikawal Kepolisian Resort Lamongan.
Setelah landasan selesai dibangun, peswat itu didatangkan dalam bentuk potongan untuk kemudian dirakit kembali di Lamongan. Terlihat mantan Kadinas Perhubungan Sony Harsono yang kini beralih tugas menjadi Kadinas Sosial dan Tenaga bersama Kadinas Perhubungan yang baru Agus Suyanto mengawal jalannya perakitan itu.
Setelah pesawat diturunkan, pagi harinya (8/1) potongan pesawat mulai dirangkai oleh sejumlah 12 personil Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang dipimpin Mayor Laut Teknik Widodo. Pada siang harinya pesawat yang sudah dirakit itu dinaikkan ke landasan monument yang sudah selesai dibangun dengan menggunakan crane. Menurut Mayor Laut Teknik Widodo, masih ada lima pesawt sejenis yang grounded. Salah satunya sudah dipesan Pemkot Batu. Dari pada dibesituakan, lebih baik digunakan sebagai monumen seperti ini. Nilai historinya akan dapat terjaga,  terangnya.
Pesawat terbang jenis jelajah Nomade P.086 N2255 buatan Australia tahun 1974 itu sebelumnya digunakan oleh TNI AL untuk kegiatan patroli. Pesawat tersebut memiliki panjang 12, 5 meter, lebarnya keseluruhan 16, 46 meter dan beratnya mencapai 2.676 kilogram.Keberadaan monument pesawat terbang tersebut melengkapi keberadaan Taman Wisata Alun-alun Kota Lamongan ini akan difokuskan pada public space, yakni sebagai sarana masyarakat umum untuk beraktifitas, baik aktifitas olahraga maupun sekedar untuk refreshing.
Kabag Humas dan Protokol Lamongan Aris Wibawa dalam keterangannya menyampaikan, tahap pertama pengerjaan taman wisata itu dianggarkan Rp 1.119.111.000. Pada tahap pertama yang pengerjaannya dimulai pada minggu terakhir bulan Juli lalu, dibangun Islamic Garden dan Jogging Track. Keberadaan Jogging Track dan Islamic Garden yang menempati bekas lokasi lapangan tenis ini akan semakin menguatkan fungsi alun-alun sebagai sarana publik, " tutur dia.

Kamis, 08 Januari 2009

BKSM Bakal Naik Hingga Rp 120 Ribu Persiswa



Jatah Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) di Kabupaten Lamongan pada tahun anggaran 2009 ini direncanakan sama dengan tahun lalu. Yakni untuk 4.112 siswa SMA, MA dan SMK. Meski demikan besaran bantuan tersebut direncanakan akan naik hingga Rp 120 ribu untuk setiap siswa setiap bulannya.
Sampai dengan saat ini SK alokasi BKSM Lamongan untuk tahun 2009 memang belum turun. Oleh karena itu, untuk sementara masih menggunakan acuan data BKSM yang lama yakni untuk 4.112 siswa di 61 lembaga pendidikan setingkat SMA/MA/SMK yang akan diterimakan selama 12 bulan. Besarannyapun masih dibuat sama yakni Rp 65 ribu persiswa perbulan. Sehingga total anggarannya mencapai Rp 3.207.360.000,  ungkap Kabag Humas dan Infokom Lamongan Aris Wibawa.
Namun menurut Aris, akan ada rencana kenaikan besaran dana BKSM. Yakni dari yang semula diterimakan sama Rp 65 ribu untuk siswa SMA/MASMK, menjadi Rp 90 ribu untuk siswa SMA dan Rp 120 ribu untuk siswa SMK. Sementara untuk siswa MA tetap. Karena sampai saat ini SK kenaikan besaran tersebut belum turun, Dinas Pendidikan sementara ini masih mengacu pada ketentuan yang lama. Besarnya besaran untuk siswa SMK dimungkinkan terkait dengan prioritas program Pemprop Jatim yang akan mengkonsentrasikan pada sekolah kejuruan dalam rangka menyiapkan angkatan kerja,  terangnya.
Program BKSM yang merupakan dana sharing antara APBN 40 persen, APBD Propinsi 30 persen dan APBD Kabupaten 30 persen ini sendiri pada prinsipnya dikucurkan agar jangan sampai ada siswa miskin, terutama tingkat SMA/MA/SMK, tidak bisa sekolah dengan alasan tidak ada biaya. Penyalurannya akan dilakukan lewat lembaga sekolah untuk dikelola. Peruntukannya bisa untuk pengadaan buku maupun LKS dan peningkatan mutu kegiatan belajar sekolah. bahkan kalu diperlukan, BKSM ini bisa diperuntukkan membiayai transport siswa miskin. Namun untuk uang transport, meski diperkenankan peruntukannya, sering tidak dilaksanakan karena dikhawatirkan akan terjadi kecemburuan,  tambah Aris.
Selain kenaikan besaran BKSM, besaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga kan mengalami kenaikan. Berdasar surat dari Mendiknas RI, besarannya akan naik dari Rp 21 ribu menjadi Rp 33 ribu perbulan persiswa untuk tingkat SD. Kemudian untuk tingkat SMP akan naik dari Rp 29, 5 ribu menjadi Rp 37, 5 perbulan persiswa. Sementara untuk alokasinya di Lamongan belum ditentukan

Rabu, 07 Januari 2009

Suporter Pilih Charlie

Dukungan untuk merekrut Carlos Raul Sucati alias Charlie tak hanya datang dari rekomendasi Pelatih Persela Lamongan M. Basri. Suporter Persela Lamongan yang tergabung dalam LA Mania juga menginginkan pemain Argentina itu masuk skuad tim berjuluk Laskar Joko Tingkir.

Para LA Mania menyatakan setuju apabila Basri merekrut mantan pemain asing Persijap Jepara. Menurut pentolan LA Mania Ainy Hidayat, berdasarkan penilaian kalangan suporter pemain ini memiliki kemampuan yang lebih bagus dari sekian banyak pemain seleksi yang telah mencoba bergabung dengan Persela.

“Selama ini barisan depan Persela masih perlu dipertajam. Mudah-mudahan dia (Charlie) bisa menjadi tandem yang produktif bagi Marcio dan bukan sebaliknya,” harapnya.

Harapan lainnya dari suporter yang diwakili Dayat adalah agar Persela tidak terlena di putaran kedua Indonesia Super League (ISL). Dia berharap tradisi Persela bisa ditruskan yakni, jika di putaran pertama peringkat bawah namun pada putaran kedua bisa diperbaiki.

Untuk ISL kali ini pada putaran pertama Persela cukup menjanjikan dan masih bercokol di peringkat atas. “Prestasi putaran I pada ISL kali ini jelas membanggakan bagi kami. Tetapi kami berharap jangan sampai pada putaran II nanti posisi Persela justru akan terjerembab di papan bawah. Kalu bisa masuk tiga besar, bahkan bisa meraih juara,” katanya.

250 Dokter Gigi Ikuti Seminar Kegawatdaruratan

Sejumlah 250 dokter gigi dari berbagai daerah di Jawa timur, kemarin (Selasa, 6/1) mengikuti Seminar dan Table Clinic Kegawatdaruratan Pada Bidang Kedokteran Gigi di Auditorium Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan (RSML). Seminar selama dua hari tersebut dibuka Bupati Lamongan Masfuk.
Menurut Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Lamongan drg Edward Syah Amin, dari 250 peserta seminar itu, 40 diantaranya adalah dokter gigi di Lamongan. Sementara selebihnya berasal dari berbagai daerah di Jatim seperti Kabupaten Lumajang, Malang dan Kediri.
Sementara Masfuk dalam sambutannya menuturkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi saat ini masih kurang. Karena itu, kata Masfuk, peran dokter gigi akan sangat besar jika mau mensosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan gigi. "Kalau tempat prakter dokter gigi sepi, itu salah dokternya sendiri karena tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Padahal kalu dokter gigi mau mensosialisasikan bahwa seharusnya gigi itu diperiksakan rutin enam bulan sekali, dampaknya akan sangat besar, " tutur dia.
Selain itu, Masfuk juga berharap agar para dokter mau untuk membuka wawasan. "Jangan hanya berkutat seputar hal medis saja. " kata dia. "Saya yakin seminar kali ini akan sangat bermanfaat bagi dokter gigi. Namun demikian, dokter juga harus tahu manajemen kesehatan dan turut berperan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di sekitarnya. Hal ini terutama untuk dokter yang bertugas di Puskesmas agar bisa merangkul tokoh masyarakat untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat, " ujarnya.
Pemateri pertama dalam seminar itu, Peter Agus dari Departemen Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya menyampaikan, kegawatdaruratan medik di bidang kedokteran gigi bisa terjadi pada praktek sehari-hari. "Kegawatdaruratan dapat berupa penderita tidak sadar (unconsiousness), kelainan kardovaskuler, alergi obat-obatan, gangguan pembekuan darah dan komplikasi tindakan anestesi, " ungkap dia.
"Anestesi lokal yang digunakan di bidang kedokteran gigi merupakan penyebab terbesar komplikasi obat-obatan yang paling sering digunakan pada praktek kedokteran gigi, " lanjut dia. Menurut dia, efek samping tindakan anestesi lokal dapat terjadi karena aplikasi anestesi lokal yang tidak benar jenis dan dosis yang berlebihan. "Komplikasi local akibat anestesi lockal dapat diminimalisir dengan mengikuti prosedur atau prinsip dasar anestesi lokal, " imbuhnya.
Pembicara lain dalam seminar tersebut yakni Anas Makhfud yang memberikan materi penanggulangan penderita gawat darurat pada pasien gigi. Kemudian Karlina Samadi dan Cecilia G J Lunardhi yang memberikan materi perawatan trauma gigi untuk perbaikan estetik. Selain penyampaian materi, seminar itu juga diisi demo penanganan kegawatdaruratan medis dan Table Clinic.

Gara-gara Ulat Putih Latihan Diliburkan

Libur Panjang belum berakhir, ya itulah yang terjadi saat Persela Lamongan baru memulai latihan lagi sehari setelah mengistirahatkan para pemain selama seminggu. Tetapi libur latihan kali ini bukan disebabkan oleh banyaknya pemain yang absen dalam latihan. Para pemain tim berjuluk Laskar joko Tingkir libur karena rumput di stadion Surajaya Lamongan terkena serangan hama ulat. Oleh karena itu lapangan tidak bisa digunakan latihan.

“Tidak lama kok, kami meminta lapangan tidak dipakai sementara ini agar obat yang kami semprot bisa masuk kedalam tanah dulu, kalau hujan pengobatan itu bisa lebih cepat,” kata Teguh Ali Sabudi, Kepala seksi di dinas PU Cipta Karya yang menangani pemeliharaan stadion Surajaya.

Serangan ulat itu menurut Teguh, cukup membahayakan. Ulat putih sepanjang dua sentimeter itu hidup di dalam tanah dan memakan akar rumput. Jika rumput di stadion terlihat cokelat mulai mengering berarti di bawahnya banyak terdapat ulat.

Pelatih Persela M. Basri tidak mempermasalahkan hal tersebut. Dia mengatakan hanya akan menyajikan latihan fisik hari ini. “Itu bisa dilakuakn di pinggir lapangan,” katanya.

Selasa, 06 Januari 2009

Roni Akan Jalani Radioterapi

Berdasar hasil diagnosis patologi anatomi dari Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya, penyakit yang diderita Roni (10) berupa benjolan besar hampir seberat tiga kilogram diwajahnya adalah fibro angioma. Dengan hasil ini, tindakan medis yang mungkin dilakukan adalah dengan dilakukan radioterapi. Hal tersebut disampaikan Direktur RS dr Soegiri Lamongan dr. Herry Widijanto, Senin (5/1) di depan ruang operasi RS dr Soegiri.
"Jadi dari hasil diagnosis patologi anotomi dari Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya, Roni, warga Dusun Bululor, Desa Tugu Kecamatan Mantup ini menderita kanker jenis fibro angioma, atau kanker yang berupa pelebaran pembuluh darah. Berdasar hasil diagnosis ini berarti tindakan medis berupa operasi maupun kemoterapi tidak dapat dilakukan. Melainkan hanya bisa dilakukan dengan metode radioterapi. Yakni pengobatan kanker dengan sinar radioaktif, " ungkap Herry Widijanto.
Sebenarnya, lanjut Herry, sudah sejak dua tahun lalu Roni mendapat perawatan dan perhatian dari Pemkab Lamongan. "Sebelumnya Roni sudah menerima radioterapi sebanyak tiga kali. Namun perawatan ini belum berhasil. Oleh karena itu tim dari Pemkab atas perintah Bapak Bupati (Masfuk) sekarang sedang mengadakan konsultasi dengan RS dr Soetomo Surabaya apa langkah selanjutnya yang bisa diambil. Jika memang hasil konsultasi itu mengharuskan melakukan tindakan radioterapi hingga 10 kalipun, besok pasien akan kami berangkatkan ke Surabaya. Karena pasien ini masuk dalam database Jamkesmas, maka semua tindakan medisnya akan ditanggung negara. Sementara untuk biaya akomodasi keluarganya selama menunggui akan ditanggung Pemkab Lamongan. Seperti hari ini yang telah dilakukan melalui Bagian Kesmasy telah disalurkan dana santunan dari Pemkab Lamongan pada keluarga Roni, " tuturnya.
Sudah tiga hari ini Roni mendapat perawatan di RS dr Soegiri Lamongan. Untuk sementara ini, tindakan yang bisa dilakuka sebelum adanya tindakan radioterapi adalah meredakan rasa nyeri dan sakit di kepala pasien. Anak kedua dari buruh tani Asrip dan Karsiyanin ini seperti diberitakan sebelumnya menderita semacam tumor yang bersarang di kepalanya dan kian hari kian besar.
Sebelumnya, Roni sempat menjalani radioterapi hingga tiga kali di RS dr Soetomo Surabaya pada 2005 lewat pengantar dari Puskesmas Mantup. Setelah terapi ini, benjolan yang gejala sakitnya mulai dirasakan sejak kelas 1 SD itu sempat mengecil, namun karena setelah itu tidak dilakukan kontrol, benjolan itu membesar kembali.

Juara MQK Nasional Terima Beasiswa Hingga S3

Berbagai penghargaan dan tali asih kemarin diberikan seusai upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Departemen Agama ke 63 di Alun-alun Kota Lamongan (Sabtu, 3/1). Diantaranya pemberian beasiswa hingga S3 kepada Inayatus Sholihah, santriwati Ponpes Matholi'ul Anwar Karanggeneng yang menjadi juara nasional Muabaqoh Qiro"atul Kutub (MQK) III bidang tafsir tingkat ulya, di Banjarbaru Kalimantan Selatan pada 1 -5 Desember lalu.
Selain itu, pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan perangkat hisab dan rukyat dari Depag RI pada Badan Hisab dan Rukyat Lamongan senilai Rp 150 juta dan bantuan seperangkat komputer juga dari Departemen Agama atas prestasi Unit Pengumpul Zakat Kandepag Lamongan. Juga diserahkan bibit secara simbolis oleh Bupati Lamongan Masfuk pada Kakandepag Lamongan dalam rangka penanaman produktif sebanyak 10 ribu batang pohon.
Sementara Masfuk saat membacakan sambutan Menteri Agama RI mengajak untuk melakukan refleksi terhadap tuntutan kesejarahan dan kesanggupan bersama secara jujur dan ikhlas untuk melakukan evaluasi kritis terhadap posisi dan peran institusi.
"Kita perlu makin menyadari, bahwa tantangan pembangunan agama dewasa ini semakin kompleks dan mendasar. Kita tengah menghadapi terjadinya perubahan peta kehidupan keagamaan akibat perkembangan pendidikan dan pertumbuhan bidang keilmuan serta gencarnya arus pertemuan persentuhan budaya dan corak pemikiran keagamaan. Kompleksnya permasalahan itu berimplikasi pula pada tidak sederhananya tantangan dan tuntunan peran yang harus dijalankan Departemenh Agama, " tutur dia.

Masfuk : Malas Kerja, Langsung Saya Parkir

Sejumlah 868 pejabat di Pemkab Lamongan kemarin, Sabtu (3/1) dilantik oleh Bupati Lamongan Masfuk di GOR setempat. Pelantikan hingga ratusan pejabat itu kali ini dilakukan saat hari libur. Meski di hari libur, pelantikan tersebut masih berlangsung dengan lancar.
"Biasanya, pelantikan bpejabat saya lakukan pada hari kerja. Tapi pada awal 2009 ini, saya lakukan pada hari libur. Ini saya lakukan dengan pertimbangan melihat kecepatan dan kesiapan saudara bila pemerintah daerah membutuhkan. Saya bangga meski hari libur yang seharusnya berkumpul dengan keluarga, ternyata Saudara sekalian hadir semua. Ini menunjukkan Saudara sekalian tetap sigap, ready dalam tugas untuk meningkatkan loyalitas dan dedikasinya dalam memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, " terang Masfuk dalam sambutannya.
Perlu kita sadari, lanjut dia, mengingat keterbatasan jumlah posisi jabatan yang ada, sehingga tidak semua personil dapat diakomodir dan menduduki jabatan struktural. "Oleh karena itu saya tegaskan, penempatan pejabat ini bukan berdasar keinginan pribadi, akan tetapi telah melalui pertimbangan yang matang dan atas profesionalisme dan kompetensi pejabat terpilih. Jadi tidak benar pejabat yanhg saya lantik adalah kroni-kroni saya atau mengedepankan unsure like and dislike. Tidak ada itu, " ujar dia. " Apabila anda hanya berbangga, berpuas diri dan malas ketika bekerja serta hanya tanda tangan disposisi saja, saya tidak segan-segan akan "parkirkan" Saudara. Karena masih banyak ayang antre ingin jadi Camat, Kabag maupun Kepala Dinas, " tegas dia sambil mengulang dua kali pernytaannya itu.
Para pejabat yang dimutasi tersebut terdiri dari 24 pejabat eselon II, 124 pejabat eselon III dan 720 pejabat eselon IV. 'Dari pejabat yang dimutasi tersebut yang berstatus promosi sebanyak tiga orang eselon II, 25 orang eselon III dan 67 orang eselon IV.
Diantara pejabat baru tersebut yakni Agus Sugiarto mantan Kabag Hukum kini menjadi Asisten Tata Praja, pos lamanya diisi Chairil Anwar mantan Kabid Pengadaan dan Mutasi BKD. Kemudian Djoko Purwanto mantan Kadinas Pertanian dan Kehutanan menjadi Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) yang bertukar tempat dengan Djonot Subagijo, Asisten Ekbang sebelumnya. Selanjutnya Soni Harsono mantan Kadishub menjadi Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (dinas baru), sementara pos lamanya diisi Agus Suyanto, mantan Kadinas Pendapatan Daerah.
Selanjutnya, Suherman mantan Kepala Badan Keuangan Barang Daerah (BKBD) sekarang mengisi pos Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Asset (PPKA). Demikian pula dengan mantan Sekretaris BKBD Herry Pranoto ikut menduduki Sekretaris Dinas PPKA. Kemudian Luluk Suprapti mantan Asisten Administrasi sekarang menduduki Kepala Badan Lingkungan Hidup. Kemudian Nur Anshar, kembali masuk ke lingkungan Setda dengan menjadi Kabag Bina Pengelolaan BUMD setelah sebelumnya sempat menjabat Kepala TU Dinas PU Cipta Karya. Pos lain di lingkup Setda yakni Bagian Bina Pengelolaan Keuangan Dan Asset diisi Sulastri dan Bagian Pemerintahan Desa diisi Bambang Purnomo.

Antisipasi Pergantian Tahun, Dishub Terjunkan 30 Personil

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan akan menerjunkan 30 personilnya untuk mengamankan moment pergantian tahun masehi di Kota Soto itu. Sejumlah 30 personil tersebut akan diterjunkan di enam titik yang dimungkinkan akan dilewati iring-iringan masyarakat yang merayakan tahun baru.
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan Aris Wibawa menuturkan, kesemua titik yang akan menjadi pantauan personil Dishub tersebut berada di wilayah Kota Lamongan. Momen pergantian tahun baru biasanya selalu dibarengi dengan keramaian. Untuk mengantisipasinya, Dishub telah mensiagakan 30 personilnya. Ini merupakan operasi gabungan bersama Polres Lamongan,  terangnya.
Enam titik pantauan Dishub tersebut, lanjut dia, dua titik berada di sebelah timur dan barat Kantor Pemkab. Kemudian dua titik berada di sebelah timur dan barat Pendopo Lokantatra. Termasuk depan Kantor Pos dan perempatan family yang biasanya menjadi konsentrasi masyarakat juga kan menjadi pantauan personil Dishub,  ungkap dia.
Aris melanjutkan, selain untuk malam pergantian tahun, personil Dishub juga akan disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan lalu lintas di sekitar kawasan Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang biasanya akan mengalami lonjakan pengunjung saat luburan tahun baru. Dua unit kendaraan roda empat dan 12 personil Dishub sudah dijadwalkan akan standby di kawasan WBL pada 1 Januari 2009. Pengalaman tahun lalu, petugas Dishub bertugas bahkan sampai malam hari,  tambah dia.
Sementara RSD dr Soegiri Lamongan, meski pada 1 dan 2 Januari 2009 merupakan hari libur bagi PNS, juga akan tetap mensiagakan Instalasi Rawat Darurat (IRD) bersama sejumlah dokter siaga. Bahkan Poli Umum juga masih akan melakukan pelayanan meski hari libur. Poli Umum RSD dr Soegiri Lamongan hanya libur pada hari minggu saja.

Masfuk Singgung Profesionalisme Kontraktor

Sekitar 145 orang yang bergerak dalam jasa kontruksi di Kabupaten Lamongan mengikuti pembinaan di Hotel Grand Mahkota, Selasa (30/12). Pembinaan yang diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalisme jasa konstruksi tersebut dibuka oleh Bupati Masfuk.
Dalam sambutannya Masfuk berulang kali menekankan agar para kontraktor menjaga dan meningkatkan kualitas bangunannya. Menurut orang nomor satu di Lamongan ini, kontraktor memiliki peran yang besar dalam pembangunan Lamongan. Karenanya, kontraktor dituntut untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Saat ini Lamongan telah maju pesat terbukti dengan turunnya angka kemiskinan hingga 25 persen, juga IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang di atas rata-rata Jawa Timur, hal tersebut seiring dengan berjalannya program pembangunan di Lamongan, ujarnya.
Namun, lanjutnya, pembangunan tidak dapat berjalan lancar tanpa sarana prasarana yang memadai dengan melibatkan jasa konstruksi di dalamnya. Kontraktor, katanya, harus merasa ikut memiliki Lamongan, sehingga benar-benar menjaga kualitas pekerjaannya. Yang dilihat dari pekerjaan Saudara adalah kualitasnya, karenanya mari kita dengan kedewasaan dan kesadaran kita menjaga dan meningkatkan kualitas pekerjaan, ajak Masfuk.
Antar Kontraktor, lanjutnya, boleh bersaing bahkan harus bersaing, namun tidak boleh mengesampingkan kualitas pekerjaan. Kontraktor yang telah masuk ke gerbang pemerintahan, katanya, harus mematuhi aturan-aturan yang ada, karena yang bertanggung jawab terhadap pekerjaannya adalah pemerintah, bukan lagi kontraktornya. Yang mempertanggung jawabkan pekerjaan Saudara-saudara di hadapan DPR adalah pemerintah, karena itu sekali lagi saya mengajak, mari bekerja yang baik, boleh cari tukang yang murah namun jangan asal murah, tetap perhatikan kualitas, ingatnya.
Pada kesempatan tersebut Masfuk juga menyinggung profesionalisme jasa konstruksi. Menurutnya, untuk menjadi professional, harus benar-benar konsentrasi ke jasa kontruksi tersebut, tidak setengah-setengah. Dan yang tidak kalah penting, adalah memiliki kantor. Jangan sampai kontraktor hanya memiliki tas yang berisi hingga 8 stempel dengan nama yang berbeda-beda, sehingga begitu mendapatkan banyak pekerjaan, keteteran sendiri dan diserahkan ke orang lain, ini yang akan membuat pekerjaan tidak berkualitas, kata Masfuk.
Pembinaan yang bertema menuju jasa konstruksi professional tersebut berlangsung sehari dengan nara sumber Zulkifli Lubis dari Unisla Lamongan dan Yasmin dari Bina Marga Propinsi Jawa Timur. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lamongan Tsalits Fahami, serta kepala unit kerja di jajaran pemkab Lamongan.

Stok PMI Aman

Bulan desember tahun 2008 ini stok darah di PMI Unit Lamongan masih aman, yakni masih sebanyak 40 kantung darah. Dari kebutuhan sebesar 634 kantung untuk kebutuhan penyakit internis ( suplai penyakit dalam), bedah dan melahirkan. PMI sampai saat ini mendapatkan darah dari donor sukarela, donor keluarga.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Lamongan Drs. Aris Wibawa, MM mengatakan (30/12), dari 40 kantung darah tersebut jenis darah O sebanyak 31 kantung, jenis darah AB sebanyak 1 kantung, jenis darah A sebanyak 7 kantung, dan jenis B sebanyak 1 kantung.

“ Sementara unit mobil keliling PMI sendiri sampai saat ini paling potensial mendapatkan darah. Laporan bulan desember PMI mencatat, unit mobil keliling PMI mendapat 242 kantong darah. Hasil tersebut didapatkan dari sekolah-sekolah dan instansi yang didatangi mobil keliling PMI yang telah dijadwal. Selebihnya kantung darah didapatkan dari UTD/ unit transfuse darah Surabaya, “ terang Aris

Dikatakan Aris, PMI telah memiliki jadwal untuk kegiatan donor darah, yang telah disesuaikan dengan sekolah dan instansi yang terdaftar. Ada sedikitnya unit mobil keliling PMI, melakukan donor darah sebanyak 4 kali dalam seminggu.

Sampai saat ini PMI unit Lamongan masih sebagai pemasok darah untuk penyakit Internis seperti, hepatitis, anemia, melahirkan, dan bedah. Namun banyak juga keluarga pasien yang membutuhkan darah, mau menyumbangkan darahnya guna memenuhi kebutuhan darah pasien.

Lebih lanjut Aris mengatakan, terkait stok darah yang dimiliki PMI jumlah penderita demam berdarah yang biasanya membutuhkan tranfusi darah, bulan ini sebanyak 52 orang, dan diduga 13 orang DB. Adapun korban meninggal sebanyak 4 orang, dari 4 Kecamatan yaitu, Lamongan, Karangbinangun, Sukodadi, dan Kecamatan Karanggeneng.

Angka Kemiskinan di Lamongan Turun 25 Persen

Dalam perhitungan tiga tahunan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melalui pendataan program perlindungan sosial (PPLS) tahun 2008 di Lamongan terjadi penurunan angka kemiskinan sekitar 25 persen. Jika di tahun 2005 di Lamongan tercatat 111.809 rumah tangga miskin (RTM). Tahun 2008 turun menjadi 84.903 RTM atau mengalami penurunan sebesar 24,04 persen.

Selain itu data tersebut juga didasarkan pendataan sensus ekonomi atau PSE. Untuk pendaan kali ini kriteria angka kemiskinan menurun berbeda dengan sebelumnya. Tidak hanya rumah warga yang berlantai tanah. Tapi, lebih difokuskan atau paling diutamakan pada kepemilikan sepeda motor. “Jika di dalam rumah terdapat sepeda motor sudah dianggap ekonominya lebih baik. Apakah sepeda motor itu kredit atau tidak diabaikan,'” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan Aris Wibawa.

Kecamatan Kalitengah dinilai mengalami penurunan angka kemiskinan paling tajam. Jika tahun 2005 tercatat 3.864 RTM, tahun ini hanya ada 1.401 RTM. Sementara penurunan angka kemiskinan paling rendah ada di Kecamatan Sukorame. Sebelumnya mencapai 1.539 dan kini 843 RTM.

“ Pada intinya semua kecamatan mengalami penurunan angka kemiskinan, kecuali Kecamatan Babat. Untuk Kecamatan Babat, angka kemiskinan bukannya berkurang tapi meningkat. Jika tahun 2005 terdata sebanyak 8.303 RTM. Di tahun 2008 ini peningkatan mencapai 9.350 RTM atau naik sebesar 12,61 persen,” ujar Aris Wibawa.

Dedikasikan Leadership Award Untuk Masyarakat Lamongan

Penghargaan ini tidak mungkin diraih tanpa dukungan dan peran serta semua elemen masyarakat Lamongan yang telah guyub mendukung pembangunan daerahnya. Karena itu sudah menjadi kewajaran jika penghargaan ini saya dedikasikan kepada semua masyarakat Lamongan. Tanpa mereka kemajuan Lamongan tidak akan seperti ini,  tutur Bupati Lamongan Masfuk di ruang kerjanya kepada sejumlah wartawan seusai tiba dari Jakarta menerima Anugerah Leadership Award 2008 dari Menpan RI Taufik Effendi, (Rabu, 24/12).
Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Lamongan Masfuk mendapatkan penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) berupa Anugerah Leadership Award 2008 sebagai apresiasi atas kepemimpinannya yang dipandang layak menjadi teladan. Penghargaan tersebut diterimakan oleh MenPAN di Studio TVRI Jakarta, Selasa (23/12).
Acara penganugerahan Leadership Award 2008 yang disiarkan secara live tersebut juga menghadirkan Ketua Dewan Penasehat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Siswono Yudho Husodo dan mantan ketua umum Partai Golkar, Akbar Tandjung sebagai narasumber yang mengupas pembangunan di Indonesia.
Kriteria penerima penghargaan tersebut merupakan pemimpin daerah yang dipandang telah memberikan perhatian besar pada daerahnya sehingga membawa perubahan positif bagi daerah yang dipimpinnya. Unsur penting penilaian penghargaan ini adalah keberhasilan kepemimpinan mengelola daerah dengan segala potensi dan kendalanya, pemimpin yang penuh kreatif dan inovatif akan menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat meski daerah tersebut sumber daya alamnya (SDA) sangat terbatas.
Pengamatan dan penilaian untuk penghargaan tersebut dilaksanakan oleh Tim Leadership Park yang merupakan mitra Menpan, dengan melakukan analisa database dan kajian lapangan. Pengamatan dan penilaian tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2006 lalu. Point positif yang dimiliki Bupati Lamongan adalah keberhasilan beliau mengangkat potensi didaerahnya, yang berimbas pada peningkatan pendapatan asli daerah PAD - tentunya juga nilai investasi yang terus bertambah secara signifikan, selama tiga tahun.
Kabag Humas dan Protokol Lamongan Aris Wibawa menambahkan, pelayanan satu atap yang diterapkan Pemkab Lamongan juga merupakan nilai positif. Karena, kata Aris, dengan sistem pelayanan tersebut banyak investor yang mananamkan modalnya di Lamongan. Saat ini banyak megaproyek yang dilaksanakan di Lamongan. Keberadaan WBL, LIS, PT. DOK dan lainnya merupakan bukti nyata banyaknya investor yang masuk ke Lamongan, ini juga yang dijadikan kriteria untuk penghargaan tersebut, tutur Aris.
Masfuk menerima penghargaan tersebut bersama kepala daerah lain yang layak menjadi teladan, diantaranya, Walikota Blitar, Walikota Ambon, Walikota Parepare, Walikota Batam, Walikota Palu, Bupati Pesisir Selatan, Bupati Merauke dan Bupati Purbalingga.

Hak Pertama Pembebasan Lahan Ditangan Pemerintah

Berdasarkan amanat UU no 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, pemerintah diberi hak pertama untuk melakukan pembebasan lahan. Pemberian hak ini untuk mencegah alih fungsi lahan produktif menjadi pemukiman maupun industri. Hal tersebut disampaikan Kasubdit Bina Tata Ruang Kabuapten/Kota dan Propinsi Departemen PU Donny J Widianto saat Seminar Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Lamongan di Hotel Grand Mahkota setempat, Rabu (24/12).
Menurut Donny, dengan diterapkannya UU no 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, ada beberapa implikasi yang harus dipatuhi perancanag Perda RTRW. Diantaranya, lanjut dia, secara teknis RTRW Propinsi merupakan penjabaran RTRW Nasional. Demikian pula RTRW Kabupaten/Kota merupakan penjabaran RTRW Propinsi. Departemen PU akan pastikan RTRW yang disusun sudah sesuai dengan amanat undang-undang,  tegas dia pada kegiatan yang menghadirkan Johan Silas, guru besar teknik arsitektur ITS Surabaya dan Krisnayana Yahya, ahli statistic ITS sebagai narasumber tersebut.
Selain itu, tambah dia, ada implikasi sosiologis yakni penyusunan RTRW tidak bias lagi sepihak. Ada peran masyarakat disana. Masyarakat sekarang diberi porsi keterlibatan penyusunan mulai perencanaan hingga pengendalian. Masyarakat selama ini sering diabaikan dalam penyusunan RTRW. Padahal 80 persen pemanfaatan lahan dalam RTRW oleh masyarakat swasta. Ini agar RTRW tidak kontra trend dan kontra pasar. Kemudian karena RTRW nantinya tidak berlaku surut, saya minta ijin usaha yang sudah diberikan ke investor agar diamankan. Jangan sampai ada tuntutan dari investor di kemudian hari karena lokasi investasinya ternyata berubah menjadi lahan hijau,  ungkapnya.
Sementara Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Propinsi Jatim Budi Susilo mengungkapkan, penerapan RTRW berdasar UU no 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang harus sudah rampung paling lambat sejak peraturan itu sisahkan, yakni pada 2010 nanti. Pemprop Jatim, kata dia, telah melakukan memfasilitasi empat Kabupaten/Kota untuk secepatnya membuat RTRW itu. Tahun ini bersama Lamongan, ada Kota Blitar, Kabupaten Ponorogo dan Ngawi yang menerima stimulus dari Pemprop Jatim,  ungkapnya.
Pada Kesempatan selanjutnya, Wakil Bupati Tsalits Fahami yang membuka kegiatan tersebut mewanti-wanti pada kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lamongan, terutama para Camat untuk memberi penjelasan pada masyarakat yang berpotensi melanggar RTRW. Karena berdasar undang undang yang baru, pelangggarnya minimal akan kena hukuman 2 tahun penjara. Penyimpangan dan pelanggaran RTRW seperti didirikannya pemukiman di bantaran sungai dengan adanya UU baru ini bias terkena ancaman pidana minimal dua tahun. Saya minta ini kepada Kepala SKPD terutama Camat agar segera lakukan tindak lanjut,  tutur dia.
Pada rancangan RTRW Kabupaten Lamongan, ada tiga kawasan strategis yang akan dikembangkan. Yakni kawasan strategis pertumbuhan ekonomin yang meliputi kawasan Lamongan Integrated Shorebase (LIS), kawasan pelabuhan perikanan nusantara rondong, kawasan pariwisata Pantura Lamongann dan pelabuhan ASDP. Kemudian kawasan strategis sosio-kultural akan meliputi situs/makam Nyai Ratu Andongsari, monument Van der Wijck, makam Sunan Drajad dan situs/makam Jaka Tingkir. Selanjutnya kawasan strategis penyelamatan lingkungan lingkungan hidup meliputi aliran Sungai Bengawan Solo, Waduk Gondang dan waduk Prijetan.

Senin, 05 Januari 2009

Jamsostek Lindungi Karyawan

Sejumlah 9057 karyawan perusahaan formal di Kabupaten Lamongan, membutuhkan perlindungan dan jaminan sosial. Dari jumlah tersebut sebanyak kurang lebih 5000 karyawan dari 100 perusahaan di Lamongan telah terdaftar anggota Jamsostek. Karena kecelakaan kerja dapat terjadi di manapun termasuk, kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pemeliharaan kesehatan. Untuk itu Jamsostek ( Jaminan Sosial Tenaga Kerja ) sangat penting dimiliki oleh semua pekerja. Dengan Jamsostek karyawan dan buruh terlindungi dan terayomi.

Menurut penuturan Kabag Humas dan Protokol Drs. Aris Wibawa, MM (24/12) sampai saat ini jumlah perusahaan formal yang terdaftar di Kantor Nakertrans 619, sangat membutuhkan perlindungan dan jaminan keselamatan kerja. Sesuai dengan UU no.3 tahun 1992 jamsostek merupakan perlindungan bagi tenaga kerja dalam bentuk santunan sebagai pengganti penghasilan yang hilang akibat peristiwa seperti kecelakaan kerja, sakit, hamil,bersalin, hari tua, dan meninggal dunia.

“ Adapun dasar hukum legalnya PT. Jamsostek yaitu, UU no.14 tahun 1993 terkait penyelenggaraan program jaminan sosial tenaga kerja, serta peraturan pemerintah no.36 tahun 1995 terkait penetapan badan penyelenggara program Jamsostek. Karena tujuan dari jamsostek sendiri yaitu memberikan ketenangan kerja, menjamin kesejahteraan tenaga kerja dan keluarga, serta memberikan kepastian pemberian jaminan berupa santunan apabila terjadi kecelakaan kerja,” ungkapnya.

Perusahaan formal yang terdaftar di Kabupaten Lamongan sebanyak 619 perusahaan dengan pekerja sebanyak 9057 orang yang telah mengikuti Jamsostek, sementara masih banyak perusahaan non formal lainnya yang belum mengikut sertakan karyawan / pekerjannya untuk mengikuti program Jamsostek.

Sedangkan bukan tidak penting mengikutsertakan karyawan pada perusahaan informal, seperti pabrik tahu, penggilingan padi, dan pabrik rokok. Wajib bagi perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari lima orang, untuk melengkapi karyawan mereka dengan Jamsostek. Karena jumlah perusahaan kecil di Kabupaten lamongan cukup banyak. ” Karena mereka bersekala kecil dan tidak mendaftarkan diri ke kantor perizinan dan nakertrans maka Pemerintah tidak bisa memastikan jumlah mereka di kabupaten Lamongan, ” terang Aris.

Masfuk Terima Leadership Award 2008

Di penghujung tahun 2008, Bupati Lamongan Masfuk mendapatkan penghargaan. Kali ini penghargaan diterima Masfuk dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara berupa Anugerah Leadership Award 2008 sebagai apresiasi atas kepemimpinannya yang dipandang layak menjadi teladan. Penghargaan tersebut diterimakan oleh MenPAN di Studio TVRI Jakarta, Selasa (23/12).
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan Aris Wibawa menuturkan, Masfuk berhak menerima penghargaan tersebut karena kepemimpinannya. Kriteria penerima penghargaan, lanjut Aris, merupakan pemimpin daerah yang dipandang telah memberikan perhatian besar pada daerahnya sehingga membawa perubahan positif bagi daerah yang dipimpinnya. Unsur penting penilaian penghargaan ini adalah keberhasilan kepemimpinan mengelola daerah dengan segala potensi dan kendalanya, pemimpin yang penuh kreatif dan inovatif akan menghasilkan kemakmuran bagi masyarakat meski daerah tersebut sumber daya alamnya (SDA) sangat terbatas, urai Aris.
Aris menjelaskan, pengamatan dan penilaian untuk penghargaan tersebut dilaksanakan oleh Tim Leadership Park yang merupakan mitra MenPAN, dengan melakukan analisa database dan kajian lapangan. Pengamatan dan penilaian tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2006 lalu. Point positif yang dimiliki Bupati Lamongan adalah keberhasilan beliau mengangkat potensi didaerahnya, yang berimbas pada peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) - tentunya juga nilai investasi yang terus bertambah secara signifikan, selama tiga tahun, urai Aris.
Aris menambahkan, pelayanan satu atap yang diterapkan Pemkab Lamongan juga merupakan nilai positif. Karena, kata Aris, dengan sistem pelayanan tersebut banyak investor yang mananamkan modalnya di Lamongan. Saat ini banyak megaproyek yang dilaksanakan di Lamongan. Keberadaan WBL, LIS, PT. DOK dan lainnya merupakan bukti nyata banyaknya investor yang masuk ke Lamongan, ini juga yang dijadikan kriteria untuk penghargaan tersebut, tutur Aris.
Masfuk menerima penghargaan tersebut bersama kepala daerah lain yang layak menjadi teladan, diantaranya, Walikota Blitar, Walikota Ambon, Walikota Parepare, Walikota Batam, Walikota Palu, Bupati Pesisir Selatan, Bupati Merauke dan Bupati Purbalingga.

Peran BPD Belum Maksimal

Guna meningkatkan kinerja BPD (Badan Permusyawaratan Desa), Pemkab Lamongan bekerja sama dengan LSM Yawimanu menggelar pelatihan penguatan kelembagaan BPD, di Sabha Dyaksa, Selasa (23/12). Pelatihan yang diikuti BPD se Kabupaten Lamongan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan Fadeli. Dalam sambutannya, Fadeli mengatakan hingga saat ini BPD belum berperan secara maksimal. Terbukti, dalam penyusunan APBDes masih belum dikerjakan sendiri oleh desa.
Menurut Fadeli, hal tersebut menjadi pertimbangan Pemkab Lamongan untuk meningkatkan kinerja BPD diantaranya dengan pembinaan-pembinaan seperti yang dilaksanakan pada hari itu. BPD, kata Fadeli, merupakan mitra pemerintah desa yang memiliki peranan strategis diantaranya melakukan pengawasan pelaksanaan pemerintahan desa serta menampung aspirasi masyarakat desa terkait dengan pelayanan dan pelaksanaan pembangunan di desa. Demikian juga dengan penyusunan APBDes BPD juga mempunyai peranan penting untuk penyusunan ini, sayangnya hingga sat ini belum ada desa yang menyusun APBDes sendiri, dan saya berharap ke depan APBDes dikerjakan sendiri oleh desa, harap Fadeli.
Untuk itu, lanjutnya, camat hendaknya tiada henti-hentinya memberikan bimbingan dan arahan terkait dengan penyusunan APBDes, sehingga aturan-aturan yang ada dapat dilaksanakan hingga di tingkat desa.
Terkait dengan mega proyek di Lamongan, Fadeli mengingatkan agar BPD berperan serta memudahkan proses pembebasan tanah dengan memberikan pengertian kepada masyarakat. Di belahan selatan sebentar lagi akan berdiri pabrik pengolahan jagung juga rumah sakit bertaraf internasional, nah saya harapkan BPD dapat menjelaskan hal ini kepada masyarakat, sehingga harga yang ditetapkan warga itu juga masuk akal, jangan mentang-mentang dibutuhkan sehingga harga dinaikkan, dan BPD harus faham tentang proyek-proyek ini, ujar Fadeli.
Pelatihan untuk BPD tersebut diselenggarakan selama dua hari dengan nara sumber dari Bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum Pemkab Lamongan, serta LSM Yawimanu. Pada pelatihan tersebut akan diberikan materi tentang sistem managemen pembangunan partisipatif, sistem pengawasan dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa serta metode teknik penyusunan peraturan desa

Persela Kehilangan Marcio Di Dua Laga Awal

Kekuatan Persela Lamongan di dua laga awal putaran II Indonesia Super League (ISL) 2008/2009 dipastikan sedikit timpang. Hal ini dikarenakan striker andalan asal Brazil Marcio Souza da Silva harus istirahat karena sakit. Marcio terdeteksi mengidap penyakit usus buntu.

Saat ini ia tengah menjalani perawatan di paviliun VIP RSUD dr Soegiri Lamongan. Dan Kemarin ia menjalani operasi bedah untuk pemotongan usus buntuhnya. “Sakit sekali rasanya. Saya tidak tahu sampi kapan harus dirawat. Kalau bisa ya cepat sembuh agar bisa bermain sepak bola lagi,” keluh Marcio kemarin

Marcio mengaku ia telah merasakan sakit perut sejak seminggu terakhir. Perut sebelah kanan terasa seperti ditusuk-tusuk. Bahkan belakangan dia juga sering mengigil. Padahal suhu tubuhnya tinggi. “Setelah saya bawa ke dokter, katanya usus buntu dan harus dioperasi,” katanya.

Berdasarkan keterangan medis paling cepat marcio harus beristirahat sebulan pasca operasi. Seminggu ke depan baru dilakukan pelepasan jahitan operasinya. Setelah itu dilakuakn pemulihan sakit yang dideritanya plus istirahat selama dua minggu. Tapi ,selama istirahat, dia sama sekali tidak diperkenankan melakukan gerakan berat. Termasuk latihan.

Minimal ada dua laga yang tidak bisa diperkuat oleh Marcio, yakni pertandingan perdana melawan Persiwa Wamena dan Persipura Jayapura di stadion Surajaya Lamongan pada 4 Januari dan 7 Januari 2009. Pada pertandingan away mungkin Marcio sudah sembuh.

Manajer Persela Masfuk berharap Marcio segera sembuh total. Dia menyarankan pemain ini untuk mentaati anjuran dokter. “Tuntutan ini bukan semata-mata kami berharap dia segera bisa turun lapangan. Tapi kesembuhan lebih penting dari itu,” tuturnya.

Peringati Hari Ibu, Masfuk Tekankan Kesetaraan Gender

Empat hari besar nasional yakni Hari Ibu, hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, hari Kesatuan Gerak PKK dan hari Himpunan Penderita Cacat (Himpenca), di Kabupaten Lamongan diperingati dengan upacara bendera, Senin (22/12) di alun-alun setempat. Sesuai dengan momen hari ibu, seluruh petugas upacara adalah kaum hawa.
Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Masfuk yang pada kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Menteri Negara Pemberdayaan Wanita Mutia Hatta Swasono menghimbau agar seluruh komponen masyarakat tetap merawat komitmen untuk menghilangkan diskriminasi gender di berbagai bidang pembangunan. Menurutnya dengan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender dapat menciptakan Indonesia yang lebih adil, demokratis, aman dan sejahtera.
Jumlah perempuan yang hampir setara dengan kaum laki-laki, katanya, merupakan potensi dan asset pembangunan yang tidak boleh disia-siakan. Kaum perempuan memiliki modal social yang perlu terus ditingkatkan agar selalu dinamis, partisipatif dan aktif dalam berbagai kehidupan, ujarnya.
Saat ini, lanjutnya, penting untuk melihat perempuan Indonesia sebagai subyek pembangunan yang meiliki kesempatan dan hak serta kewajiban yang sama dengan kaum laki-laki. Untuk dapat mengambil peran dalam pembangunan, katanya, kaum perempuan perlu terus meningkatkan kualitas pengetahuan, ketrampilan profesionalisme serta terus mengembangkan diri. Hal tersebut perlu dilakukan perempuan agar dapat berkiprah sebagai mitra sejajar dengan kaum laki-laki di dalam setiap elemen dan komponen masyarakat, tambahnya.
Pada kesempatan tersebut Masfuk didampingi Wakil Bupati Tsalits Fahami, Muspida serta Sekda Fadeli menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penyandang cacat berupa seperangkat alat menjahit, dan sembako kepada panti asuhan di Lamongan.
Sementara itu, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Ny. Endang Riyanti Masfuk juga menyerahkan bantuan dari YLGN-OTA kepada anak asuh yang berasal daerah pasca banjir dan penghargaan kepada 3 (tiga) kader PKK kecamatan berprestasi yang telah mengabdi selama 15 tahun di PKK diantaranya Ny. Sulamsih dari kecamatan Sukorame, Ny. Endar Kuswari dan Ny. Evi Yuliani keduanya dari Kecamatan Sambeng.

Persela Lamongan Siapkan Dua Laga Uji Coba Lagi

Persela Lamongan tengah menyiapkan dua laga uji coba dalam waktu dekat ini. Dua tim yang telah menyanggupi tantangan tim berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut adalah PS Mitra Kutai Kertanegara (Kukar), Kalimantan Timur, dan PS Gresik United (GU). Kedua tim tersebut sudah dikontak. Dipastikan, uji coba berlangsung dalam minggu ini. Hanya, kepastian harinya belum bisa ditetapkan.

Pelatih Persela M. Basri mengatakan ada dua tujuan yang ingin dicapai. Pertama sebagai sarana untuk mengusir kejenuhan pemain yang selama dua minggu ini hanya menjalani latihan fisik. Selain itu M. Basri mengharapkan dengan adanya uji coba itu dapat dilakukan evaluasi untuk mempersiapkan laga resmi diajang putaran II kompetsisi Indonesia Super League (ISL) 2008/2009 yang perhelatannya tinggal dua minggu lagi.

“Waktu dua hari bukan waktu yang panjang. Untuk itu kita segera mengevaluasi perkembangan tim yang menyangkut kekompakkan tim dan kemampuan individu pemain,” katanya.

Menurut Basri diundangnya dua tim asal divisi Utama tadi diharapkan evaluasi yang dilakukan akan benar-benar mantap. “Dengan uji coba ini, kita yakin akan mendapatkan perlawanan yang ketat. Ini sangat bagus untuk melakukan evaluasi. Terutama evaluasi per individu pemain,” ujarnya.

Uji coba ini sangat penting untuk dijalankan sebab, Basri dalam putaran pertama liga super sering mencoba-coba variasi komposisi pemain. Yakni, mencoba pemain yang ada untuk diturunkan. Baik pemain yang selama ini belum pernah diturunkan maupun yang sering menghuni bangku cadangan.

GOW Sosialisasikan Inisiasi Menyusui Dini

Beberapa Negara sudah mengenal metode inisiasi meyusui dini atau IMD sejak medio 1987. Namun Indonesia baru mengenal metode ini dua tahun belakangan. Padahal dengan IMD ini, menurut penelitian 8 kali lebih berhasil untuk mensukseskan program 6 bulan ASI eksklusif. Hal tersebut disampaikan Ketua Sentra Laktasi Indonesia Utami Roesli saat Sosialisasi Inisiasi Menyusui Dini di Ruang Sabha Dyaksa Pemkab Lamongan, Minggu (21/12).
Dalam kegiatan yang digelar oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lamongan tersebut, Utami Roesli menyampaikan pentingnya IMD untuk dilakukan. Yang disiapkan Allah untuk bayi yang baru lahir adalah dada ibunya, bukan incubator. Dada ibu diciptakan untuk memiliki suhu yang lebih hangat dari suhu luar dan bisa menyesuaikan diri dengan suhu yang dibutuhkan bayi atau thermoregulator thermal synchron. Jika suhu dada ibu terlalu dingin untuk bayi, suhu dada ibu akan naik. Demikian pula sebaliknya,  ungkap dia.
Selama ini kita salah dalam menangani bayi yang baru lahir,  lanjut Utami yang juga tercatat sebagai dokter anak senior di RS ST Carolus Jakarta itu. Anak adalah titipan Tuhan untuk ibu, bukan ke bidan. Karena itu ibu-ibu harus minta hak IMD. Padahal metode IMD sangat sederhana. Bayi begitu lahir diletakkan didada ibu sehingga ada kontak antara kulit bayi dengan kulit ibu dan diberi waktu selama satu jam untuk mencari sendiri putting ibunya. Dalam usia bayi 20 menit, bayi akan mulai merangkak mencari putting ibunya dan pada usia 50 menit akan mulai menyusui,  urainya.
Namun jika bayi lahir normal langsung dipisahkan dengan ibunya untuk ditimbang, lanjut dia, IMD tidak akan bisa dilakukan. Ini juga berarti mengurangi kesuksesan program ASI eksklusif enam bulan. Padahal sebuah penelitian dari Inggris menyebutkan, menunda inisiasi menyusui dapat meningkatkan kematian bayi. Dengan IMD, dapat mengurangi resiko kematian bayi hingga 22 persen. Dan resiko ini akan semakin besar ketika semakin lama menunda permulaan penyusuan,  paparnya.
Manfaat lain dari IMD seperti disampaikan Utami Roesli diantaranya jalinan kasih sayang antara ibu, ayah dan bayi akan lebih baik. Kemudian dengan IMD bayi akan mendapat kolostrum yang kaya akan antibody, penting untuk pertumbuhan dan ketahanan infeksi bayi. Sementara bagi ibu, IMD dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang dapat mengurangi pendarahan, membuat ibu tenang dan rileks serta merangsang pengeluaran ASI.
Sementara Ketua GOW Lamongan Cicik Rosida Tsalits Fahami saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya menyusui untuk kesehatan baik bagi anak dan ibu. Saya prihatin dengan banyaknya ibu muda yang tidak mau menyusui Karen atkut payudaranya akan kendor. Padahal dengan menyusui juga akan menyelamatkan ibu dari kanker payudara. Karena itu, begitu sosialisasi ini berakhir, segera sampaikan hasilnya,  ujarnya dalam acara yang juga diikuti bidan Lamongan tersebut.

Bikin Satu, Fokus, Profesional

Dipimpin langsung oleh Wakil Walikotanya, Erizal Muluk, Pemkot Pekanbaru Provinsi Kepulauan Riau kemarin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamongan. Lawatan tersebut dilakukan Pemkot Pekanbaru
terkait rencana mereka untuk membangun suatu kawasan wisata yang professional.
"Kami (Pemkot Pekanbaru) sudah mempunyai 14 hektar lahan dan sejumlah dana yang siap digunakan untuk membangun sebuah kawasan wisata. Saat ini kami juga sudah melakukan pembangunan beberapa infrastruktur
penunjangnya. Namun kami masih bingung untuk melangkah lebih jauh. Terutama dalam hal investor pembangunan kawasan wisata itu sendiri, " tutur Erizal Muluk.
Begitu mendengar ada satu kabupaten yang sukses mengembangkan kawasan wisata dengan menggandeng investor, lanjut Erizal Muluk, Pemkab Pekanbaru tidak ragu-ragu untuk berkunjung ke Lamongan. "Kami butuh
gambaran gamblang sebelum melangkah lebih jauh. Jangan sampai nanti proyek yang kami bangun ini tidak sukses. Karena itu kami tanya-tanya dulu ke Bapak Bupati (Masfuk) yang sudah sukses kembangkan Wisata Bahari Lamongan (WBL), " ungkap dia saat diterima di ruang kerja Bupati Lamongan.Sementara Masfuk cukup antusias menyambut tamu dari Pekanbaru itu. Dia tidak ragu-ragu membagi tipsnya mengembangkan WBL hingga menjadi
ikon wisata di Jatim. Menurut dia, kuncinya adalah bikin satu, fokus dan professional. "Persoalannya adalah bagaimana kita bisa menggaet investor yang bukan hanya mau masuk tanamkan modalnya, tapi juga yang
mau kelola. Sebab kalau pengelolaanya diserahkan ke intansi pemerintah, tidak akan bisa profesional. Kalau dulu WBL tidak dikelola secara professional pada swasta, hasilnya tidak akan seperti saat ini, " terang Masfuk yang baru saja menerima Satya Lencana Wirakarya Pembangunan Bidang Pendidikan dari Presiden RI tersebut.
Masfuk melanjutkan, sebenarnya posisi Kota Pekanbaru lebih mudah dari pada Lamongan untuk menggaet investor. Karena Kota Pekanbaru didukung lokasi yang strategis karena dekat dengan Singapura dan merupakan
kawasan perkotaan. Sementara Lamongan sebelum dibangunnya WBL hampir tidak dikenal masyarakat luar kecuali karena ke-"Ndeso"-annya dan sering dilanda banjir. "Sekarang WBL bisa dibilang telah menjadi harta
karun kita, " katanya.
"Ini sedikit saya buka rahasianya, " kata Masfuk melanjutkan. "Tanjung Kodok, yang saat ini menjadi kawasan WBL, dulu itu hanya terkenal untuk rukyat. Kawasan ini gersang dengan batuan cadas yang
hanya ramai pengunjung saat lebaran ketupat saja. Sama sekali tidak indah. Namun dengan berbagai cara, investor saya yakinkan untuk mau datang ke sana dan melihat lokasinya. Tentunya kalau yang kita
tawarkan hanya alamnya saja, tentu investor tidak akan mau. Karena itulah akhirnya ada sharing kerja sama pembangunannya 45 persen Pemkab dan 55 persen investor dengan kontrak pengelolaan selama 25 tahun.
Setelah 25 tahun, kontrak itu bisa ditinjau kembali, " urainya panjang lebar.
Keseriusan Pemkot Pekanbaru untuk membangun suatu kawasan wisata seperti WBL di Lamongan ditunjukkan dengan rombongan yang ikut dalam kunjungan tersebut. Selain Wakil Walikota, turut dalam rombongan
tersebut Kadinas Kebudayaan dan Pariwisata M Raisnur, Kepala Bappeda Usman Amin bersama dua orang stafnya dan seorang anggota DPRD. Sementara dari Pemkab Lamongan juga terlihat hadir Wabup Tsalits
Fahami dan beberapa kepala SKPD.

Pemkab. Trenggalek Ngangsu Kaweruh Ke Lamongan

Menjelang perayaan natal 25 Desember mendatang, harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Lamongan secara keseluruhan relative stabil meski ada sebagian yang mengalami kenaikan. Data di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Prindagkop) Kabupaten Lamongan menunjukkan, kenaikan harga terjadi pada sektor sayur mayur, daging dan beras meski kenikannya hanya sedikit.

Tomat misalnya, dari pantauan yang dilakukan Dinas Perindagkop setempat di beberapa pasar besar di Kabupaten Lamongan, mengalami kenaikan hingga 50%. “Minggu lalu harga tomat masih Rp. 4000,- dan minggu ini harga sudah naik menjadi Rp. 6000,-, demikian juga dengan wortel yang kenaikannya mencapai 50% dari Rp. 4000,- menjadi Rp. 6000,-,” ujar Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Lamongan Mursyid melalui Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan Aris Wibawa.

Meski demikian, lanjut Aris, cabe rawit mengalami penurunan harga hingga 30% dari harga Rp. 10 ribu menjadi Rp. 7.000,- per kg. Penurunan ini terhadi di pasar Babat. Sedangkan tepung dan gula yang merupakan bahan utama untuk kue, meski menjelang perayaan natal tidak mengalami kenaikan. Hanya telur ayam ras yang mengalami kenaikan meski hanya sedikit. Di pasar Babat telur ayam ras mengalami kenaikan sebesar Rp. 2000,- dari Rp. 11.000,- menjadi Rp. 13.000,-/kg. Namun, di pasar Lamongan telur ayam ras justru mengalami penurunan harga hingga Rp. 1.500,- dari Rp. 14.000,- menjadi Rp. 12.500,-/kg.

Kenaikan juga terjadi pada beras meski hanya berkisar pada Rp. 100,- hingga Rp. 250,-. Harga beras kualitas Dolog misalnya saat ini seharga Rp. 4.500,-/kg, kualitas medium sehaga Rp. 4.800,- dan kualitassuper Rp. 5.250,-.

Pemkab. Trenggalek Ngangsu Kaweruh Ke Lamongan

Sebagai daerah yang pemimpinnya menerima RTTI Award ( Regional Trade Tourism Of Investment ) penghargaan tingkat nasional di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi, Kabupaten Lamongan memiliki segudang prestasi untuk dipelajari. Karena alasan tersebut sebanyak 22 rombongan esekutif dari Kabupaten Trenggalek ngangsu kaweruh ke Lamongan (18/12). Diterima Kepala Dinas Perindagkop Drs. Musyid, MSi di Ruang Sasana Nayaka rombongan tersebut terkesan dengan perubahan pesat Lamongan.

Setelah sukses mendatangkan investor Singapura guna membangun LIS/ Lamongan Intergrate Shorebase, dan kerjasama dengan pihak swasta yang mengembangkan Pariwisata WBL/wisata bahari Lamongan, Mazoola ( Maharani Zoo Lamongan ) serta pembangunan ASDP di Paciran. Menurut Mursyid dalam waktu dekat sebuah perusahaan akan berdiri di daerah selatan Lamongan yaitu perusahaan Sorbitol berbahan dasar potensi alam ( penghasil jagung ) di Kecamatan Ngimbang.

Serentetan investor tersebut bukan datang dengan sendirinya, tapi pada awalnya merupakan tugas berat Pemerintah Kabupaten Lamongan, menawarkan potensi yang dimiliki. Sikap pro aktif Pemerintah itulah yang akhirnya berbuah manis, dengan kerja sama yang sukses.

Upaya-upaya Pemerintah Daerah sendiri berupa menyediakan lahan untuk investor dan menyediakan proses perizinan yang cepat dan mudah.

” Sebagai bukti Kantor perizinan yang memberikan pelayanan one stop cervis, membebaskan biaya SIUP dan TDP, guna merangsang pertumbuhan di sektor industri baik kecil maupun sekala besar seperti LIS,” ujarnya.

Dikatakan Mursyid Lamongan memanfaatkan letak geografis yang terletak diantara Kabupaten Gresik dan Surabaya untuk mengembangkan sektor pariwisata maritim dan perusahaan penampungan minyak lepas pantai. Karena Gresik dan Surabaya merupakan kota industri besar yang apabila, dua kota tersebut jenuh akan membutuhkan tempat alternatif lain.

Lebih lanjut Mursyid menjelaskan, sampai saat ini WBL dapat memberikan kontribusi bersih untuk PAD senilai Rp.9 Milyar. Dengan banyak pengunjung 1.762.000 pengunjung pada tahun 2007. dan diperkirakan income dan pengunjung WBL tahun-ketahun mendatang akan meningkat. Karena managemen WBL selalu memberikan wahanan baru untuk dikunjungi pengunjung.

Sementara ketua rombongan Kabupaten trenggalek Ir.Agus Sudibyo atau Asisten ekonomi pembangunan mengatakan. Kabupaten Nganjuk memiliki potensi laut yaitu laut selatan yang ada di tiga Kecamatan. Sehingga kesemaan geografis dan masyarakat tersebut diaharapkan dapat dirubah menjadi potensi pariwisata dan industri seperti Kabupaten Lamongan. Dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui dua sektor tersebut ( yaitu Sektor penanaman modal/ Investasi dan pariwisata )

Belum Temukan Striker Asing, Pemain Lokal Jadi Pilihan

Persela Lamongan hingga kini belum mendapatkan striker asing pengganti Epalla Jordan. Sebagai langkah antisipasi, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu mulai serius meningkatkan kerja sama antara Marcio Souza dengan striker lokal yang ada.

Pilihan menduetkan pemain asing-lokal di lini depan itu disiapkan untuk menghadapi putaran II Indonesia Super League (ISL) dan babak 24 besar Copa Indonesia. “Belum ditemukannya striker asing baru untuk mengisi kekosongan itu, sebenarnya tidak terlalu fatal, meski tetap harus dipenuhi. Sebab, berdasarkan hasil putaran I, ternyata perpaduan striker lokal yang kami miliki dengan Marcio ternyata cukup produktif. Sehingga menghadapi putaran II nanti keterpaduan para striker lokal dengan Marcio tersebut akan semakin dimantapkan,” ujar Pelatih Persela M. Basri.

Basri menilai kemampuan Jimmi Suparno, Dicky Firasat, dan Andik Ardiansah tidak terlalu jauh dengan pemain asing. Oleh karena itu pada putaran pertama lalu mereka mendapat kepercayaan untuk mendampingi Marcio. Namun Basri berharap jadwal pertandingan ISL putaran II dan Copa Indonesia nanti tidak berdekatan. “Sesuai target pengurus memang diutamakan kompetisi (ISL), tetapi kalau memang ada peluang tentu akan lebih baik juga bisa berpresatsi di Copa,” kata Basri.

Sesuai jadwal dari Badan Liga Indonesia (BLI), pertandingan perdana Persela di putaran II ISL jatuh pada 4 Januari mendatang menghadapi Persiwa wamwna di Stadion Surajaya Lamongan. Sementara untuk Copa Indonesia Persela akan ditantang Persema Malang, namun jadwalnya belum ditentukan.

Rajin Apel, Dapat Reward

Meski baru dimulai di lingkungan Sekretariat Daerah, Pemkab Lamongan berusaha memotivasi PNS di jajaran Pemkab Lamongan untuk meningkatkan disiplin, khususnya apel pagi. Sedikitnya 2 orang PNS yakni Soemarsono dari Bappeda dan Djamali dari BKBD serta 2 SKPD di lingkungan Setda Kabupaten Lamongan yaitu, Kantor PDE dan Bagian Hukum mendapatkan penghargaan karena keaktifannya mengikuti apel pagi.
Penghargaan tersebut diserahkan Sekda Fadeli pada apel Korpri, Rabu (17/12) di halaman Pemkab setempat.Dalam sambutannya Fadeli yang juga Ketua DPK Korpri Lamongan ini mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan motivasi bagi PNS untuk meningkatkan disiplin, diharapkan dengan tertib mengikuti apel pagi, dalam mengerjakan tugas sehari-hari juga tertib. "Apel pagi merupakan awal kita memulai pekerjaan sehari-hari, dan ini merupakan keharusan, sehingga dari yang kecil semacam ini akan meningkat tertib pula dalam mengerjakan tugas sebagai PNS," ujar Fadeli.
Menurut Fadeli, selain diberikan penghargaan bagi yang sudah baik, ke depan juga akan ada "penghargaan " bagi yang tidak baik. Sehingga, nantinya akan ada motivasi dari PNS untuk senantiasa memperbaiki diri. "Tidak hanya yang baik yang berhak mendapatkan reward, yang belum tertib, belum disiplin juga wajib diberikan punishment, ini merupakan langkah untuk memotivasi PNS agar lebih disiplin lagi," tambah Fadeli.
Bulan Desember, lanjutnya, merupakan moment bagi PNS untuk evaluasi program-program pembangunan yang telah dijalankan selama 12 bulan. Sehingga diketahui program mana yang patut untuk ditingkatkan di tahun mendatang. "Dan saya tekankan sekali lagi, dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai PNS, perlu selalu berinovasi," katanya.
Di akhir sambutannya, Fadeli mengingatkan kepada anggota Korpri untuk senantiasameningkatkan kebersamaan, sehingga dapat menjalankan tugas yang berat sekalipun. "Tugas kita mendatang bukanlah semakin ringan namun sebaliknya, dengan kebersamaan Insya Allah kita akan mampu menghadapi tuga syang berat sekalipun," ujarnya optimis.
Pada kesempatan tersebut Fadeli juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Korpri ke 37 dan HUT Dharma Wanita Persatuan ke 9 beberapa waktu lalu.

Lima Kades Dilantik

Lima Kepala Desa (Kades) dari lima kecamatan di Kabupaten Lamongan kemarin, Rabu (17/12) dilantik Bupati Lamongan Masfuk di Ruang Sabha Dyaksa kantor Pemkab setempat. Dengan diangkatnya lima Kades baru tersebut berarti dari 462 desa di Lamongan, hingga tahun ini tinggal 21 desa yang belum mempunyai Kades definitif.
Masfuk dalam sambutannya menyampaikan tantangan Kades saat ini akan semakin berat. Menurutnya, Kades saat ini dituntut untuk lebih aspiratif. "Kades sekarang dituntut untuk lebih aspiratif. Ajak semua komponen di masyarakat untuk mebangun desa. Jika hal ini dilakukan, tugas kades akan menjadi lebih ringan, " tutur dia.
Masfuk melanjutkan, kekuatan utama Lamongan adalah pada bidang pertanian dan perikanan. Karena itulah, kata dia, pembangunan di sektor ini terus dikembangkan. Seperti rencana pembangunan Pasar Induk Beras (PIB) yang akan menjadi sentra perberasan setelah PIB Cipinang, peningkatan pelabuhan ikan di Brondong dari pelabuhan nusantara menjadi pelabuhan samudera hingga pembanguna Pasar Agrobis dan investor pabrik pengolah jagung menjadi sorbitol di Lamongan selatan adalah bagian dari program Pemkab.
"Pemkab Lamongan selama ini juga telah memberikan perhatian serius terhadap pemerintahan desa. Terbukti dengan alokasi anggaran bagi desa yang diwujudkan dalam berbagai program dan kegiatan antara lain alokasi dana desa, jalan poros desa, rehab kantor/balai desa dan pemberian tunjangan penghasilan aparat pemerintah desa (TPAPD), " ungkapnya.
Lima Kades yang diangkat tersebut masing-masing M Muhdhorun Desa Gempolpading/Pucuk, Sulastri Desa kuwurejo/Bluluk, Praseno Desa Brengkok/Brondong, Sucipto Desa Kelorarum/Tikung dan hoirul Anhar Desa weru/Paciran. Pada tahun ini, ada sejumlah desa yang belum memiliki Kades definitif telah siap untuk melakukan Pilkades diantaranya Desa Trepan dan dua desa di Kecamatan Glagah. Sementara pada 2009 nanti, akan ada delapan desa lagi yang masa jabatan Kadesnya habis.
Selain Bupati Lamongan, pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Lamongan tsalits Fahami, Sekkab Fadeli dan pejabat Muspida Lamongan.

Kuntulan, Seni Tradisional yang Hampir Punah

Ada satu lagi kesenian langka di ajang Lamongan Art yang nyaris terlewatkan. Yaitu, Kuntulan. Kesenian ini dibawakan oleh para penari dari Desa Kalanganyar, Kecamatan Karanggeneng.
Kesenian Kuntulan didasari dari kesenian Islam. Musik yang digunakan selalu terbang dan jidor.
Tari ini mengutamakan estetika dan bela diri.

Senin, 22 Desember 2008

Nora, Remaja Berprestasi Internasional Diterima Bupati

Annora Marsha Sunparta, siswi Kelas 2 SMA Unggulan yang berhasil meraih medali perunggu pada ajang International Exhibition for Young Investors (IEYI) di Taiwan 24-30 September lalu, kemarin (selasa, 16/12) diterima Bupati Lamongan di ruang kerjanya. Keberhasilannya tersebut berkat temuannya yakni Communicator Helmed Based on Membrant Vibration atau 'helm komunikator berbasis getaran membran'.
Temuan tersebut merupakan karya Nora bersama dua siswa SMA Unggulan BPPT Al Fattah lainnya yakni M Zimamul Adli, dan Puguh Sasi Rizky Ramadhan. Pada ajang investor remaja internasional itu, mereka berhasil menjadi lima terbaik pada seleksi nasional IEYI di Taman Mini Indonesia Indah yang digelar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Namun Karena hanya memberangkatkan satu orang, maka Nora sebagi ketua tim yang berangkat ke Taiwan.
Menurut Nora, meski presentasi harus dilakukan dalam Bahasa Inggris, dia tidak mengalami kesulitan bahasa. Justru dari sisi dewan juri yang menimbulkan kesulitan tersendiri.karena Jurinya berasal dari berbagai negara, sehingga meskipun mereka berbahasa inggris, namun ada beberapa dialek yang sulit dimengerti sehingga menyulitkan saya dan translator saya untuk memahami kemauan dewan juri. Tapi Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,  tutur remaja berjilbab ini.
Temuan puteri dari pasangan Sunartun dan Suparto kelahiran 1992 lalu ini, sebenarnya sederhana saja. Hanya mengutak atik helm standard yang diberi membran dari bahan stetoskop yang biasanya digunakan dokter kemudian diberi konektor sehingga pembonceng dan pengendara motor bisa saling berkomunikasi saat kendaraan melaju.
Ide awalnya dari pengalaman pribadi saya saat dibonceng ayah. Saat dibonceng saya jadi sulit berkomunikasi. Selain itu, ayah harus berkali-kali menoleh kebelakang ketika berbicara sehingga mengganggu konsentrasi. Dari sinilah ide itu muncul. Dua helm pengendara dan pembonceng dihubungkan dengan konektor, sementara yang berfungsi sebagai penguat suara didalam helm adalah membrand dari stetoskop,  terang dia.
Ada pengalaman menarik ketika Nora selama dua minggu di Taiwan. Karena takut makanan di negeri tersebut haram, dia akhirnya hanya makan mi dan kentang saja. Selama dua mingu disana berat badan saya langsung turun dua kilogram Karena hanya makan mi dan kentang saja. Dari pada makan yang lain-lain, takutnya mengandung babi,  ungkapnya.
Selain Nora, Bupati Lamongan pada kesempatan tersebut juga menerima Imam Ghozali. Tenaga Lepas Harian PPL (TLHPPL) Lamongan yang berhasil menjadi juara II Pemuda Pelopor tingkat nasional 2008 bidang Teknologi Tepat Guna. Imam Ghozali berhak tampil di tingkat nasional setelah sebelumnya menjadi pemuda pelopor terbaik tingkat Jatim lewat karyanya yang memfungsikan mikroba pengurai untuk pembuatan pupuk organik. Dengan mikroba tersebut, pembutan pupuk organik menjadi lebih cepat sekaligus meningkatkan kesuburan tanah. Teknologi terapan ini sangat mungkin untuk diaplikasikan di Lamongan. Karena harga mikroba ini akan lebih murah dari yang ada di pasaran sehingga akan sangat membantu petani Lamongan,  terangnya.
Sementara Masfuk menyatakan sangat bangga dengan prestasi yang diraih dua warga kebanggan Lamongan itu. Menurutnya, dia sangat senang dengan kreatifitas. Karena itulah langkah tepat untuk maju. Teruskan kreatifitas kalaian. Jangan takut untuk terus berkarya,  tutur dia.

KCD dan PPL Harus Turun Lapangan

Personil Kantor Cabang Dinas (KCD) Pertanian dan Kehutanan bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) jangan hanya memberi perintah pada petani. Tapi harus terjun langsung ke lapangan mendampingi petani. Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Masfuk saat membuka Temu Wicara Kontak Tani tingkat kabupaten di Ruang Sabha Dyaksa Pemkab Lamongan, Selasa (16/12).
"Saya ini tahu kenyataan dilapangan. KCD dan PPL jangan ngomong thok. Turun langsung dan dampingi petani kita. Petani Lamongan itu terkenal pekerja keras, karena itu tidak heran jika Lamongan adalah penghasil beras nomor satu di Jatim. Tinggal pemerintah saja yang harus ngimbangi, tegas dia di hadapan ratusan kelompok tani, KCD, PPL dan gabungan kelompok tani di Lamongan.
Pada kesempatan tersebut Masfuk kembali menegaskan, pertanian tanpa pemasaran, hanya akan hanya hasilkan kemakmuran yang tidak berkepanjangan pada petani. "Pertanian harus didukung dengan sistem pemasaran yang efektif. Tanpa itu, kesejahteraan petani kita tidak akan bisa berkepanjangan, hanya sejahtera saat panen tiba saja, " ungkap dia.
Terkait kelangkaan pupuk, Masfuk menuturkan Pemkab Lmaongan sudah meminta penambahan pupuk lagi sebanyak 4250 ton. Meski sudah meminta penambahan, bupati kelahiran Kecamtan Glagah ini juga mengakui itu masih belum cukup untuk ememnuhi kebutuhan petani. "Kita sama-sama dibuat pusing dengan urusan pupuk. Petani bingung, Pemkab juga bingung. Ini karena pengatur kebijakan perpupukan adalah pemerintah pusat. Berikan pengertian ini pada para petani, jangan sampai saling menyalahkan, " himbau dia.
Kegiatan tersebut juga menjadwalkan diskusi panel dengan beberapa narasumber. Diantaranya dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan, Bappeda, Dinas PU Pengairan dan PT Petrokima Gresik selaku pemasok pupuk untuk wilayah Lamongan yang diwakili Sales Supervisor Area Lamongan Pambudi. Selain itu, pada kegiatan tersebut kelompok tani juga mendapat pelatihan pembuatan pupuk kompos dari jerami.

Masfuk : Brondong Layak Mempunyai Pelabuhan Samudra

Produksi pelabuhan perikanan Brondong sudah melampaui batas produksi pelabuhan nusantara, menjadi alasan Bupati Masfuk untuk mengusulkan Pelabuhan Brondong naik statusnya menjadi pelabuhan Samudera. Pelabuhan perikanan berstatus pelabuhan nusantara batas produksi ikannya sekitar 35.000 ton per tahun. Sedangkan Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong telah mencapai 60.000 ton lebih per tahun.

Dengan kenyataan seperti itu Masfuk menyatakan Brondong layak memiliki pelabuhan samudra. “Sekarang sedang diproses pengajuan usulan tersebut. Produksi ikan di Pelabuhan Brondong dengan TPI (tempat pelelangan ikan) yang ada di dalamnya sebagai tempat jual beli ikan merupakan kebanggaan Lamongan karena merupakan produsen ikan terbesar di Jawa Timur,” ujar Bupati Masfuk.

Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, dan Peternakan (PKP) Lamongan Mustakim Arif, menambahkan, saat ini ada lima pelabuhan perikanan samudra yang produksi ikannya cukup besar. Yakni, Pelabuhan Belawan dengan produksi ikan 255 ton per hari, Kendar Kendari sebesar 174 ton per hari, Nizam zaman 163 ton perhari serta Cilacap dengan produksi 16 ton per hari, dan Bungus 2,2 ton per hari. “Sedangkan produksi ikan di pelabuhan perikanan Brondong mencapai 166 ton per hari. Produksi ikan di Pelabuhan Perikanan Brondong menduduki rangking ketiga setelah pelabuhan Belawan dan Kendar, Kendari Sulawesi. Namun Pelabuhan Brondong yang statusnya masih pelabuhan nusantara, sedangkan yang lima berstatus pelabuhan perikanan samudra”, katanya.

Satu syarat yang belum dipenuhi P elabuhan Brondong saat ini adalah panjang dermaga yang hanya mencapai 161 meter. Sedangkan untuk meningkat menjadi status pelabuhan samudra, panjang dermaganya minimal 300 meter.

Pupuk Terbatas, Stok Masih 11.226 Ton

Pupuk petro / pupuk bersubsidi terbatas, dikarenakan kebutuhan lebih banyak dari stok yang ada. Sampai saat ini stok pupuk bersubsidi Dinas Pertanian sejumlah 11226 ton dari Propinsi Timur, yang mulai tanggal (12/12 ) sebagian telah didistribusikan. Kendati demikian stok alokasi tersebut masih menunggu SK Gubernur untuk didistribusikan di 27 Kecamatan di Kabupaten Lamongan. Menurut Kabag Humas dan Protokol Drs. Aris Wibawa, MM ( 15/12) pupuk tersebut terdiri dari Urea sebanyak 4610 ton, kemudian pengganti SP 36/ pupuk Super Phos sebanyak 5441 ton, Za sebanyak 225 ton, dan pupuk Phonska sebanyak 950 ton. Pupuk tersebut didistribusikan untuk seluruh petani di 27 Kecamatan di Kabupaten Lamongan, melalui distributor kepada kios resmi dan seterusnya didistribusikan pada kelompok tani/ Poktan.

” Stok pupuk tersebut akan didistribusikan secara serentak setelah SK gubernur turun. Alokasi pupuk tersebut sudah termasuk jatah untuk petani tambak yang mulai saat ini menebar bibit nenernya. Semoga pupuk urea (4610 ton) yang didatangkan dari Kalimantan Timur tersebut dapat memebuhi kebutuhan petani dan penambak di Kabupaten Lamongan, ” ungkap Aris.

Kabupaten Lamongan sebagai penghasil padi terbesar di Jawa Timur, adalah lumbung bagi Propinsi Jawa Timur. Lamongan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya namun Kabupaten Lamongan juga sebagai penopang kebutuhan masyarakat Jawa Timur, karena produksi padinya mengalami surplus sebanyak 763 ribu ton per tahun . Lebih lanjut Aris mengatakan, petani menggunakan dua cara dalam pemupukan yaitu cara penggunaan pupuk tunggal dan pemupukan secara majemuk yaitu menggunakan semua jenis pupuk. Biasanya petani padi memupuk dengan cara majemuk dan petani perkebunan ( seperti petani tebu ) memupuk dengan pupuk tunggal yaitu menggunakan pupuk jenis Za.Ukuran ideal penggunaan pupuk Urea sebanyak 250 sampai 300 Kg per Ha, pupuk Super Phos sebanyak 125- 150 Kg per Ha, sedangkan ukutan jenis Phonska sebanyak 300 Kg per Ha.

” Sampai saat ini harga pupuk masih relatif stabil seperti harga urea per Kg senilai Rp. 1.200,- atau 60.000,- rupiah per zaknya, pupuk Super Phos senilai Rp.1.550,- per Kgnya atau Rp.77.000,- perzaknya, Za senilai Rp.1.050,- per Kgnya atau Rp. 52.500,-, sedangkan Phonska masih seharga Rp.1.750,- per Kgnya atau Rp.87.500,-per zaknya, ” terang Aris.


Tidak Ada Ancaman PHK Di Lamongan

Kenaikan UMK (upah minimun kabupaten/kota) Lamongan yang akan naik per 1 Januari 2009 mendatang sebesar 16, 92 persen menjadi Rp 760 ribu perbulan, direspon positif oleh para pengusaha. Demikian pula ancaman PHK massal yang diprediksi terjadi di daerah lain, dimungkinkan tidak akan terjadi di Lamongan.
Menurut Kepala Kantor Tenaga Kerja Transmigrasi (Nakertrans) Lamongan Sri Hadi Purwanti melalui Kabag Humas dan Protokol Setda Lamongan Aris Wibawa, sampai saat ini iklim usaha di Lamongan masih kondusif sehingga dimungkinkan tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di Lamongan.
"Pada 9 Desember lalu telah dilakukan pertemuan dengan sekitar 100 pengusaha di Lamongan untuk melakukan sosialisasi terkait kenaikan UMK Lamongan menjadi Rp 760 ribu. Pada pertemuan tersebut, para pengusaha relatif merespon positif kenaikan UMK tersebut. Ini adalah bagian dari usaha Pemkab Lamongan untuk menjaga iklim usaha, " tutur Aris.
Meski demikian, lanjut Aris, pada pertemuan tersebut ada beberapa pengusaha yang bertanya mengenai prosedur penangguhan kenaikan UMK tersebut. "Semua pengusaha di Lamongan wajib menerapkan UMK yang baru ini 10 hari sebelum UMK baru diberlakukan pada 1 Januari 2009 mendatang. Namun bagi yang merasa tidak mampu dengan kenaikan ini masih diberi kesempatan untuk mengajukan penangguhan pada Gubernur Jatim. Tentu saja ada berbagai persyaratan yang harus mereka penuhi untuk mendapat penangguhan ini. Bagi yang ingin melakukan penangguhan kenaikan UMK, Kantor Nakertrans sudah memberikan sosialisasi prosedur yang harus dilalui, " terang dia.
Dari data Kantor Nakertrans, ada sejumlah 9057 tenaga kerja sektor formal di Lamongan. Mereka tersebar di berbagai sektor usaha formal yang jumlahnya mencapai 619 perusahaan. UMK Lamongan tahun 2008 ditetapkan sebesar Rp 650 ribu dan akan naik menjadi Rp 760 ribu pada 2009.