Senin, 17 Januari 2011

Bagikan 431 Unit Peralatan Untuk IKM

Pemkab Lamongan membagikan secara cuma-cuma 431 unit peralatan pada 33 kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Lamongan. Secara simbolis, peralatan tersebut diserahkan Bupati Fadeli di Gedung Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) setempat, Kamis (13/1). Bantuan itu diberikan untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan di Kota Soto tersebut.
Seperti diutarakan Kadiskopindag Mursyid, bantuan itu diberikan pada 33 kelompok di 33 desa yang berada di 12 kecamatan di Lamongan. Diantaranya di Kecamatan Kedungpring, Modo, Ngimbang dan Kecamatan Kembangbahu. Bantuan dari APBD Lamongan itu yakni seperti peralatan pencacah tembakau, mesin jahit dan alat penggiling jagung. Fadeli bersama Wabupnya Amar Saifudin sempat menyaksikan demo penggunaan alat penggiling jagung bertenaga mesin diesel tersebut.
“Semoga dengan ratusan peralatan untuk IKM yang hari ini dibagikan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Lamongan, terutama yang berada di pedesaan. Ini sesuai dengan program Pemkab Lamongan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Bantuan ini juga dikhususkan bagi kelompok, bukan perseorangan, agar manfaatnya bisa dirasakan lebih banyak masyarakat, “ ujar Fadeli di sela-sela kegiatannya.
Selain membagikan peralatan untuk IKM, Fadeli juga meninjau sejumlah produk unggulan yang dipajang di show room produk unggulan. Di Show room yang berada di lantai 1 gedung Diskopindag itu dipajang produk unggulan dari masing-masing kecamatan di Lamongan. Fadeli bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Mahdumah Fadeli, dia terlihat tertarik dengan batik kreasi bermotif cumi-cumi.

Tidak ada komentar: