Selasa, 24 April 2012

Bupati Lantik 2 Kades Baturono Dan Jabung

Tarmuji secara resmi terpilih sebagai Kepala Desa (Kades) Baturono Kecamatan Sukodadi setelah memenangkan sebanyak 1.660 suara dan Sutomo menjadi Kades Jabung Kecamatan Laren setelah memenangkan sebanyak 675 suara. Kedua Kades tersebut akhirnya dilantik secara resmi oleh Bupati Lamongan Fadeli, bertempat di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan dengan suasana khidmat dan lancar, kemarin (11/4).

            Kades Baturono Kecamatan Sukodadi Tarmuji pria yang baru dilantik Bupati kelahiran 18 Maret 1966 serta lulusan sarjana itu, menang telak dan secara sah telah mendapatkan sebanyak 1.660 suara jika dibandingkan dengan rivalnya yaitu Anis Suryani yang hanya mendapatkan 237 suara pada pemilihan Kades 4 Maret lalu. Tarmuji sendiri menggantikan Abdul Wafa yang telah masuk purna tugas.
            Semantara itu, Sutomo Kades Jabung Kecamatan Laren pria kelahiran 21 Juli 1965 yang hanya lulusan SLTP itu kini telah dipercaya masyarakatnya. Terbukti secara sah dia telah mendapatkan sebanyak 675 suara jika dibandingkan dengan rivalnya yaitu Achmad Zaini yang mendapatkan 552 suara pada pemilihan Kades 29 Maret lalu. Sutomo sendiri akan menggantikan Moh. Sucipto yang telah masuk purna tugas.
“Saya ucapkan selamat dan sukses semoga dalam kepemimpinannya ini kedua desa yaitu Baturono dan Jabung yang mayoritas penduduknya adalah sebagai petani dan peternak bisa berjalan bersinergi melalui Kades barunya masing-masing,” ujar Fadeli dalam sambutannya.
Bupati mengingatkan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, kedua Kades tersebut dimintanya paling lambat 3 bulan setelah pelantikan agar segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah desa (RPJMdes) untuk jangka waktu 5 tahun ke depan. “Ini merupakan penjabaran dan pelaksanaan visi misi pada saat yang bersangkutan mencalonkan diri sebagai Kades,” katanya.
Selanjutnya terkait E-KTP Bupati menghimbau, dalam tahun 2012 program E-KTP harus kita sukseskan karena sangat besar manfaatnya baik bagi masyarakat maupun Pemerintah. Program E-KTP diharapkan akan memberikan kepastian status kependudukan dan meminimalisir penduduk yang ber-KTP ganda. Disamping itu, juga dapat digunakan untuk kepentingan pemilu yang akan datang.
“Dukungan dan peran serta kepala desa, perangkat desa dan seluruh lapisan masyarakat yang sangat kita harapkan, sehingga program E-KTP ini dapat selesai dengan tepat waktu,” tuturnya.
Sementara itu Bupati juga menyebutkan ada enam jabatan Kades yang kosong. Yaitu Desa Pasi Kecamatan Glagah dijabat PLT, Desa Dagan Kecamatan Solokuro karena meninggal dunia (MD), Desa Rejotengah Kecamatan Deket MD, Desa Pelang Kecamatan Kembangbahu MD, Desa Plumpang Kecamatan Sukodadi MD, dan Desa Kakatpenjalin Kecamatan Ngimbang MD.
“Saat ini jabatan Kades yang kosong diisi pelaksana tugas (PLT) Kades sebanyak satu orang dan dijabat penjabat (PJ) Kades ada lima posisi. Dengan demikian Kades definitif  sebanyak 456 orang dari Kades se-Lamongan yang sebanyak 462 orang. Sementara tahun 2012 ini Badan Perwakilan Desa (BPD) akan habis masa jabatannya. Saya harap mengawali tahun 2013 nanti sudah tersusun semua. Terlebih nanti akan ada pemilihan Kades secara massal sebanyak 300-an orang,” tandasnya.
 

Tidak ada komentar: