Selasa, 24 April 2012

Polewali Mandar Belajar Adipura Lamongan

Dipimpin oleh Sekkab Polewali Mandar Nasir Rahmat, 40 orang jajaran pejabat yang masuk wilayah Provinsi Sulawesi Barat ini melakukan studi banding di Lamongan terkait Adipura. Mereka tertarik belajar di Lamongan karena telah sukses meraihnya hingga lima kali berturut-turut.
            Rombongan yang juga turut serta Ketua DPRD Polewali Mandar Abdullah Tatau tersebut diterima Bupati Lamongan Fadeli bersama Sekkab Yuhronur Efendi di Ruang Sasanan Nayaka, Kamis (29/3). Diantara pejabat dari Polewali Mandar yang turut serta adalah Kepala Badan Lingkungan Hidup Burhanudin, Kepala Dinas Pemukiman dan Tata Ruang Edi Wibowo, Kepala Bappeda Salam Marzuki serta Camat Kota Nurji Muis bersama enam orang Lurah.
            “Selama ini kami lebih mengenal Lamongan karena prestasi sepak bolanya melalui Persela. Juga karena prestasi Lamongan yang lima kali sukses meraih Adipura. Kesuksesan inilah yang membawa kami hari ini untuk mengunjungi dan belajar trik sukses, kiat-kiat dan strategi dari Lamongan, “ ujar Nasir Rahmat.
            Fadeli kepada rombongan dari Polewali Mandar menjelaskan Program Lamongan Green and Clean (LGC) berperan dalam sukses Adipura Lamongan. Dia menyebut kesadaran yang luar biasa dari masyarakat Lamongan akan kebersihan dan keindahanlah yang mengantarkan Lamongan sukses meraih Adipura.
            “Program LGC di tahap pertama masih berupaya mendidik masyarakat untuk sadar akan kebersihan dan keindahan. Meski berat, ternayata program ini sukses. Kini memasuki tahun kedua LGC, programnya lebih ditekankan pada pengelolaan sampah. Sehingga sampah yang biasanya hanya dibuang bisa diolah masyarakat menjadi bukan hanya pupuk tapi juga kerajinan yang sangat bermanfaat. Karena itu saya miinta nanti agar rombongan ini diajak keliling ke RT-RT percontohan, “ kata dia.

 

Tidak ada komentar: