Selasa, 24 April 2012

Partisipasi Masyarakat Di LGC II Rp 2,5 Miliar

Kegiatan Green and Clean di Lamongan dianggap sukses tidak hanya meningkatkan kebersihan dan keindahan kabupaten Lamongan tapi juga sukses dalam meningkatkan ekonomi warga. Kegiatan yang sekarang sudah masuk ke jilid 2 itu saat ini telah memasuki tahapan pendampingan dan bedah lingkungan.  Sebagai rangkaian dari kegiatan tersebut maka di Pendopo Lokatantra Selasa (26/3), diadakan acara Pembekalan Pra penilaian LGC Jilid 2.
Dalam Laporannya ketua panitia yang juga Kepala Badan Lingkungan Hidup Aris Wibawa melaporkan bahwa partisipasi masyarakat dalam LGC jilid 2 ini mencapai Rp 2,5 miliar. Terlebih lagi, lanjutnya,  hasil kompos olahan masyarakat tingkat keekonomiannya mencapai sekitar Rp 18 juta per bulan. Kemudian hasil pemilahan dan penjualan sampah kering hingga mencapai angka Rp 12 juta lebih. “Pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan pengolahan sampah” ungkapnya.
Acara yang dikuti oleh 234 peserta dari RT di Kabupaten Lamongan ini dibuka oleh Sekkab Yuhronur Efendi, dia mengucapkan terimakasih karena berkat para pelaku LGC, Lamongan bisa menjadi perhatian nasional melalui Adipura. Sehingga banyak kabupaten lain yang datang untuk study banding ke Lamongan.
Selanjutnya dia berharap agar kegiatan LGC bisa terus dikembangkan. Karena dengan LGC bisa meningkatkan kekompakan dan kerukunan sehingga bisa muncul sumber ekonomi baru yang bisa dikembangkan. Diharapkan juga agar LGC terus digelorakan dan jangan sampai kendur semangatnya.
Dalam acara itu juga diserahkan bantuan lima unit gerobak sampah dari PT Askes Indonesia dan daari Pemerintah Kabupaten Lamongan berupa kompos.
Para peserta di kesempatan itu pembekalan diberikan  materi-materi untuk mempersiapkan penilaian LGC jild 2. Diantaranya tentang kriteria penilaian yang disampaikan oleh Yasmin, perwakilan dari PT Unilever dan pengelolaan sampah berbasis masyarakat di sampaikan oleh fasilitator lingkungan dari Surabaya, Fauzan. Sedangkan Badan Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Farid Budi Wahyudi memberikan materi tentang pengelolaan sampah di Kabupaten Lamongan.

 

Tidak ada komentar: