Selasa, 24 April 2012

Peringati Harlah Dengan 78 Tumpeng

Peringatan hari lahirnya (harlah) Ansor ke-78 digelar di kantor cabang Lamongan yang terletak di jalan Soewoko pada Kamis malam (21/3). Acara diisi santap malam dengan menyediakan nasi tumpeng  sebanyak 78 gunungan oleh  para undangan yang duduk lesehan di sepanjang jalan tersebut.

            Pengasuh Ponpes Sunan Drajad Paciran Lamongan Prof. DR. KH. Abdul Ghofur dalam ceramahnya mengatakan, nasi tumpeng ini melambangkan perjalanan Ansor pada tahun titik pertama yaitu 1934 lalu sesudah Sumpah Pemuda (1928) dan sebelum kemerdekaan Indonesia (1945). “Jadi Ansor pada saat itu dengan semangat pemudanya sudah ikut berjuang. Perjalanan yang panjang itulah yang mendasari Ansor harus lebih kreatif, berinovasi tinggi dan berdaya saing pada jaman sekarang ini,” katanya.
            Namun sayangnya, lanjut dia, untuk memiliki semangat tersebut juga harus dibutuhkan kesabaran dan keuletan. “Contoh, seperti kita ketahui bersama kualitas dan juga manfaat dari pohon jati yang baru dapat kita rasakan setelah 15 sampai 20 tahun setelah tanam. Tidak ada yang instan untuk memperoleh keberhasilan. Namun melalui proses yang sedemikian panjang. Yang terjadi pada kita cenderung mau enaknya sendiri, “ nasehat dia
           Ditegaskannya, kalau perlu, Ansor harus kreatif dan inovatif. Seperti memiliki produk air minum sendiri dengan kualitas yang sama bagusnya dengan merk-merk yang ada di pasaran. Mengingat kebutuhan air minum sangat penting untuk para jamaah disini sehingga nantinya tidak selalu bergantung dengan produk luar.
               Sementara itu Bupati Lamongan Fadeli yang turut hadir pada acara itu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas peran serta Ansor terhadap pembangunan pemerintah daerah.
             “Semua wujud kepedulian Ansor terhadap Kabupaten Lamongan merupakan eksistensi bahwa mereka mempunyai jiwa dan semangat tinggi terhadap sesama. Seperti halnya Kompleks Makam Sunan Drajat yang terletak di Paciran. Itu merupakan salah satu kebanggaan dari Kota Soto ini untuk terus kita jaga dan lindungi. Itu merupakan aset kita semua” pungkas Bupati. Ansor juga akan menggelar pengobatan massal yang akan berlokasi di Kecamatan Pucuk dan Sambeng pada hari minggu mendatang.
 

Tidak ada komentar: