Selasa, 24 April 2012

Pramusrenbang Tetapkan 10 Prioritas Pembangunan

Sekkab Yuhronur Efendi membuka Pra Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Selasa (20/3) di Ruang Sabha Nirbawa Pemkab Lamongan. Di forum itu ditandaskan 10 agenda program pembangunan yang menjadi prioritas Pemkab Lamongan.
     Kesepuluh agenda tersebut adalah peningkatan mutu pendidikan, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan hidup, pembangunan dan infrastruktur, kualitas tenaga kerja dan mendorong pengembangan dunia usaha serta peningkatan produktivitas pertanian dan perikanan serta pengamanan ketahanan pangan. Kemudian peningkatan pelayanan kepemerintahan, kesadaran dan kerukunan beragama, peran serta perempuan dalam pembangunan, peran pemuda dan prestasi olahraga serta peningkatan kualitas hidup masyarakat.
     Semua proses pembangunan adalah sama pentingnya. Baik itu proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan atau evaluasi. Tujuan dari forum ini adalah mematchkan program antar SKPD dan khususnya dengan Kecamatan, ” jelas mantan Kepala Bappadea tersebut.
     Selanjutnya dia mengingatkan agar merubah mindset bahwa penbangunan hanya selalu berupa proyek fisik saja. ”Saya mengharapkan pembangunan bisa di kolaborasikan dengan baik sehingga terjadi sinergi dengan target kinerja.  Yakni dengan membuat program-program yang membuat masyarakat terpacu untuk maju, ” tandasnya.
     Sebagai penutup, dia mengharapkan agar forum tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga pembangunan di Kabupaten Lamongan mempunyai nilai di masyarakat. Forum itu dihadiri langsung 25 Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan 27 camat di Lamongan.
     Sejumlah program bagus yang dilaksanakan di tahun 2012 dan berjalan baik, tetap akan dilanjutkan pada tahun 2013. Seperti bantuan beasiswa bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu dan bantuan khusus siswa miskin di SKPD Dinas Pendidikan.
     Sedangkan Dinas Pertanian dan Kehutanan memprioritaskan sejumlah program kegiatan seperti pengadaan hand traktor dan pompa air. Juga rehabilitasi jaringan irigasi dan pembangunan jalan usaha tani serta peningkatan produksi dan produktivitas pertanian serta pembinaan pada kelompok tani dan gabungan kelompok tani.


 

Tidak ada komentar: