Selasa, 24 April 2012

Siswa Curang Dihadang Lima Paket Soal

Dalam ujian nasional (Unas) tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  telah menyiapkan sejumlah jurus agar pelaksanaannya bisa bersih dan jujur. Diantaranya dengan menyiapkan lima paket soal berbeda untuk setiap kelasnya. Kelima soal itupun dibuat dengan bobot kesulitan yang sama sehingga menyulitkan siswa yang akan mencontek temannya.
Sementara hari pertama ujian nasional (Unas) yang digelar serentak di tingkat SMA/MA/SMK senin kemarin (16/4), tercatat dua peserta izin sakit dan sebanyak 45 peserta dinyatakan drop out (DO). Sehingga sebanyak 47 peserta tidak mengikuti Unas dari sebanyak 15.547 peserta Unas sesuai dengan daftar nominasi tetap (DNT) terakhir yang tercatat di Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan.
               Lebih lanjut Kadispendik Kabupaten Lamongan Agus Suyanto melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni itu mengungkapkan, dua peserta yang dinyatakan izin sakit itu yakni pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dari MAN 1 Lamongan dan SMK Muhammadiyah 5 Babat. Karena ada izinnya, keduanya akan selanjutnya bisa mengikuti ujian susulan mata pelajaran bersangkutan pada Senin, 23 April 2012.
“Selanjutnya peserta terbanyak yang dinyatakan DO diantaranya SMK PGRI 1 Lamongan sebanyak 8 orang, SMK Muhammadiyah 5 Babat sebanyak 5 orang, dan SMAN 1 Kedungpring sebanyak 4 orang,” ujarnya.
Peserta Unas dengan terbanyak terdapat di SMKN 1 Lamongan yaitu sejumlah 1.910 orang. Sementara peserta paling sedikit terdapat di SMAN 1 Kembangbahu sebanyak 111 orang. “Total kehadiran peserta Unas tahun ini dari tingkat SMA sebanyak 5.725 orang, tingkat MA sebanyak 4.003 orang, dan tingkat SMK sebanyak 5.772 orang,” imbuhnya.
Terkait dengan siswa yang terhalang hadir dalam mengikuti Unas itu Zamroni menambahkan, mereka bisa mengikuti ujian susulan mulai Senin depan tanggal 23 sampai dengan 26 April, dengan mata pelajaran yang sama. Mereka yang mengikuti susulan itu akan berbarengan dengan Unas tingkat SMP yang dilaksanakan mulai 23 April. Unas tingkat SMA itu mengujikan sebanyak enam mata pelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Fisika, Matematika, Kimia dan Biologi  

Tidak ada komentar: