Selasa, 24 April 2012

180 Kader Terima Pelatihan Posyandu Plus

Sejumlah kader Posyandu tingkat kecamatan se-Kabupaten menerima pelatihan Posyandu Plus bertempat di Pendopo Lokatantra Lamongan, kemarin (21/3). Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Mahdumah Fadeli yang sekaligus sebagai istri Bupati Fadeli. Acara yang diikuti sebanyak 180 orang itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman dalam pengelolaan Posyandu Plus di daerahnya masing-masing.
Dalam sambutannya Mahdumah Fadeli mengatakan, setidaknya ada posyandu di seluruh desa di Kabupaten Lamongan bisa menjadi Posyandu plus, yaitu tidak hanya menangani balita saja tapi juga melengkapi diri diantaranya untuk melayani manusia lanjut usia (manula) dan KB. Selanjutnya dia juga mengharapkan, kegiatan ini bisa menjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman kader dalam mengelola Posyandu plus di daerahnya masing-masing.
“Dengan mengikuti pelatihan ini sampai tuntas mereka bisa mengembangkan sikap dan ketrampliannya dalam mengelola kegiatan posyandu plus ini. Selain itu, setiap Posyandu juga diperkenankan untuk menggandeng dan melakukan kerja sama dengan sekolah/lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD), silakan mencari patner yang menurutnya itu sesuai. Tim dari kabupaten, selanjutnya akan melakukan monitoring dan eveluasi (monev) untuk mengetahui perkembangan di lapangan,” pungkasnya.
Sementara itu, para kader tersebut diberikan pengarahan dari Dinas Pendidikan Lamongan tentang pengembangan Posyandu Plus dan keterkaitan Posyandu Plus dengan pendidikan anak usia dini. sedangkan Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Lamongan memberikan materi pedoman pengintegrasian layanan sosial dasar  di pos pelayanan terpadu.





Tidak ada komentar: