Selasa, 24 April 2012

TNI AD Siap Bantu Pengentasan Kemiskinan

Melalui kemampuan serta kekuatan yang dimiliki, TNI-AD siap membantu dan mendukung program-program tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Murdjito saat kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Lamongan serta dalam rangka lawatannya di beberapa wilayah di Jatim bersama rombongan, bertempat di Tanjung Kodok Beach Resort, Paciran, Selasa (17/4) malam. Keesokan harinya, Pangdam mengadakan pertemuan tertutup bersama jajarannya di Makodim 0812 Lamongan.
“Melalui kemampuan serta kekuatannya, TNI-AD siap membantu dan mendukung program-program Pemerintah Daerah,” kata Murdjito Jendral bintang dua orang asli Solo itu saat memberikan sambutannya. Dia pun menegaskan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan kewajiban TNI terhadap masyarakat dan tidak terkait kepentingan tertentu.
Lebih lanjut dia mengatakan, prajurit TNI-AD wilayah Jatim juga sedang melaksanakan program renovasi rumah tidak layak huni bekerja sama dengan Kodam. Kegiatan itu sesuai dengan tupoksinya yaitu diantaranya tugas perang dan operasi militer selain perang. “TNI bekerja dari, oleh dan untuk masyarakat. Kita akan menjalankan kepercayaan ini sebaik-baiknya, ini merupakan kewajiban kami,” tegas Murdjito.
Kegiatan Bhakti TNI renovasi rumah tidak layak huni akan menyelesaikan renovasi 10 ribu rumah warga kurang mampu. Jumlah itu tersebar di beberapa kabupaten dengan jumlah masing-masing kabupaten sebanyak seribu rumah. Terkait daerah yang sudah menjadi sasaran diantaranya Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Pasuruan, dan Sumenep. “Lamongan belum, dan nanti kita akan ajukan itu,” katanya.
Sementara itu dalam sambutannya Bupati Lamongan Fadeli menjelaskan terkait dengan potensi yang ada di wilayahnya tersebut. Baik dari sektor pertanian khususnya sub sektor tanaman pangan dan perikanan, sektor industri pengolahan, serta sektor jasa. “Selamat datang kepada Bapak Mayjen TNI Murdjito beserta rombongan dan ditengah-tengah kesibukannya telah menyempatkan hadir disini,” tandasnya.
Mayjen TNI Murdjito yang sebelumnya bertugas sebagai Staf Ahli Tingkat III Bidang Komsos Panglima TNI itu menggantikan Pangdam sebelumnya Mayjen TNI Gatot Nurmantyo dan dilantik pada 28 November 2011 lalu. Gatot sendiri sekarang dipromosikan menjadi Komandan Pendidikan dan Pelatihan TNI Angkatan Darat. 

Tidak ada komentar: