Selasa, 24 April 2012

Fadeli Raih Penghargaan Pembina K3 Zero Accident SMK3

Bertempat di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (17/4) Bupati Lamongan Fadeli menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo sebagai Pembina terbaik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), nihil kecelakaan kerja atau Zero Accident dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Selain itu, sepuluh perusahaan di Lamongan juga menerima penghargaan serupa.
            Menurut Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni, penghargaan itu diberikan kepada Bupati Fadeli karena dinilai telah berhasil membina K3, Zero Accident dan SMK3 di Lamongan. Khusus penghargaan Pembina SMK3 baru diberikan mulai tahun ini. Yakni karena telah berhasil membina perusahaan sehingga sukses menerapkan K3 secara terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan dan dibuktikan dengan audit oleh penyelenggara audit independen.
“Perusahaan di Lamongan yang sukses menerapkan SMK3 ini adalah MPS Minatani Kecamatan Brondong dengan jenis usaha produksi sigaret kretek tangan, “ ungkap dia. Sementara untuk penghargaan K3, lanjut Zamroni, diberikan karena berhasil membina perusahaan sehingga  tingkat kecelakaannya nol, atau tidak pernah terjadi kecelakaan.
Fadeli seusai menerima penghargaan tersebut berharap penghargaan yang diraihnya bisa meningkatkan motivasi Pemkab Lamongan bersama semua jajaran, masyarakat dan perusahaan untuk meningkatkan pembinaan dan pelaksanaan K3. “Di sisi lain, semoga penghargaan ini bisa memotivasi semua jajaran di Pemkab Lamongan untuk terusa melakukan inovasi dan terobosan demi kesejahteraan masyarakat Lamongan, “ kata dia.
Data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lamongan menyebutkan ada sepuluh perusahaan yang meraih penghargaan Zero Accident Award dan SMK3 tahun ini. Diantaranya unit instalasi air milik PT Petrokimia Gresik di Kecamatan Babat dengan 83 pekerja dan 1.931.039 jam kerja orang (JKO). Sementara MPS Minatani yang meraih penghargaan SMK3 memiliki 1.904 pekerja dengan jumlah JKO mencapai 53.741.426 jam.
Perusahaan selanjutnya yang menerima penghargaan Zero Accident adalah MPS-KUD Tani Mulyo-Puskud Jatim yang bergerak di bidang usaha produksi sigaret kretek tangan, memiliki 1.395 pekerja degan jumlah JKO mencapai 44.464.564 jam. Di bidang pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan yang memiliki 463 pekerja dengan 3.861.303 JKO juga menerima penghargaan serupa. Kemudian juga ada Wisata Bahari Lamongan, Tanjung Kodok Beach Resort bersama Maharani Zoo & Goa untuk bidang usaha jasa dan wisata, serta perbankan yang menerima adalah PD BPR Bank Daerah Lamongan.

Tidak ada komentar: