Selasa, 29 Maret 2011

Fadeli Resmikan Penggunaan RSD Ngimbang


Setelah merampungkan persyaratan legal formalnya, Rumah Sakit Daerah (RSD) Ngimbang yang terletak di Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, diresmikan penggunaannya oleh Bupati Lamongan Fadeli, kemarin (28/3). Pembangunan rumah skait type C ini sendiri sudah dimulai sejak 2009 lalu.



Dibangun dilahan seluas kurang lebih 18.732 meter persegi, bangunan seluas 16,6 meter persegi itu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat di kawasan selatan dan sekitar. Karena selama ini masyarakat di wilayah selatan, karena kedekatan wilayah, lebih memilih untuk berobat ke rumah sakit daerah di Jombang dan Mojokerto. Masyarakat kecamtan Sambeng lebih memillih ke Mojokerto, sementara masyarakat Ngimbang, Bluluk dan Sukorame ke Jombang.

“Pelayanan prima harus menjadi prioritas dari rumah sakit ini, jangan sampai setelah dibangun kwalitas dan kwantitasnya menurun karena akan percuma,” ujar Fadeli dalam sambutannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Moch Sochieb menceritakan, rumah sakit tersebut sudah dilengkapi diantaranya 100 bed/kasur pasien elektrik, 6 ruang polis spesialis. Yaitu poli anak, kandungan, dalam, bedah, umum, dan gigi. RSD Ngimbang dibangun 2 lantai dengan luas bangunan kurang lebih 16.600 m2 sehingga cukup terlihat luas dan lapang.

Dijelaskan Sochieb, dengan SK Bupati Lamongan Nomor 442/2461/KEP/413.215/2010 tentang izin operasional, rumah sakit itu juga telah melengkapi diri dengan pelayanan gawat darurat 24 jam serta sejumlah fasilitas penunjang. Yakni penunjang medik meliputi radiology dan lab, penunjang klinik meliputi pelayanan gizi, farmasi, rekam medik, seterilisasi intrumen, pelayanan asuhan keperawatan dan kebidanan, penunjang medik meliputi laundry, linen, jasa boga, dapur, dan kamar jenasah.

“Insya allah RSD Ngimbang dalam hal pelayanan klinik umum sudah layak dan siap dalam antisipasi bencana alam massal,” tegas Moch Sochieb.

Acara tersebut juga diisi dengan kesenian seperti tari tradisional khas Lamongan dan pada malam harinya digelar pertunjukan wayang kulit. Tampak Direktur RSD Ngimbang Misbah, juga menemani serta memberikan penjelasan kepada Fadeli dalam meninjau isi dari rumah sakit tersebut bersama rombongan.

Pada kesempatan itu Fadeli bersama istri didampingi oleh Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin bersama istri, jajaran Muspida, Sekda dan Asisten Kabupaten Lamongan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Moch Sochieb, Direktur RSD Ngimbang Misbah, Direktur RS Dr.Soegiri Lamongan Fida Nuraida, Camat se-Kabupaten Lamongan bersama jajaran Muspika Kecamatan, dan rombongan ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan.

Tidak ada komentar: