Selasa, 15 September 2009

Operasi Pasar Jual Gula Rp 7.500/kg

Pemkab Lamongan mulai gelar operasi pasar murah. Tujuh barang kebutuhan pokok dijual jauh dibawah harga pasar yang saat ini cenderung mengalami peningkatan. Seperti gula pasir yang dijual Rp 7.500 perkilogram. Padahal di pasaran, barang manis ini dijual hingga Rp 9.200 perkilogram.
Operasi pasar murah yang digelar Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskopinda) Lamongan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan Provinsi Jatim tersebut dibuka mulai pukul 8 pagi di pendopo Kelurahan Sidoharjo, Kamis (10/9). Masyarakat terlihat berjubel dan berdesak-desakan mengantri sejak pagi hari. Bahkan sesekali meja petugas terdorong oleh antrian.

Menurut Kadinaskopinda Mursyid, kegiatan serupa akan diupayakan untuk dilakukan di sejumlah kecamatan di Lamongan. “Kegiatan ini selain bersumber dari APBD Lamongan juga kerjasama dengan Dinas Koperasi dan Perdagangan Provinsi Jatim. Diharapkan dengan adanya operasi pasar ini dapat menstabilkan harga sejumlah barang kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri ini, “ urai dia.

Diterangkan olehnya, ada tujuh barang kebutuhan pokok yang dijual dalam operasi pasar tersebut. Yakni beras, gula pasir, minyak goring, tepung, mentega, mi instant dan telor. Untuk beras, disediakan stok sebea\sar 12 ribu kilogram dengan harga jual Rp 3.500 perkilogram, sementara harga pasar saat ini mencapai Rp 4.800 perkilogram.

Sementara minyak goreng kemasan yang di pasaran diperjualbelikan Rp 9.200 perliternya, disediakan stok 10 ribu liter dengan harga jual Rp 7.500 perliternya. Kemudian mentega merk Simas disediakan stok 1000 pcs dijual dengan harga Rp 2.500 perpcs, sementaraa saat ini harga pasarannya Rp 3.750 perpcs. Selanjutnya mi instant yang saat ini harga jualnya Rp 1.250 per pcs, di operasi pasar tersebut dijual dengan harga Rp 1.000 perpcs dengan stok yang disediakan sejumlah 4.000 pcs.

Untuk komoditi tepung, operasi pasar itu menjual tiga merk dagang. Yakni cakra kembar yang dijual Rp 8.500 perkilogram, segitiga biru dijual Rp 8.000 perkilogram dan merk kunci biru dijual Rp 7.500 perkilogramnya. Sedangkan telor ayam yang di pasaran saat ini harganya berkisar Rp 11.500 perkilogram, di operasi pasar itu dijual Rp 9.500 perkilogram. Telor ini disediakan stok sampai 1000 kilogram.

Tidak ada komentar: