Senin, 21 Juni 2010

Masfuk Raih MIPI Awards

Bupati Lamongan masfuk di penghujung pemerintahannya kembali mendapat penghargaan tingkat nasional. Kali ini pria asli Kecamatan Glagah/Lamongan ini menerima MIPI Awards 2010 dari Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia atau MIPI. Penghargaan itu diserahkan Kamis malam (3/6) di Hotel Borobudur Jakarta.

Aris Wibawa, Plt Kabag Humas dan Infokom Lamongan menjelaskan penghargaan bagi Masfuk tersebut untuk kategori praktisi pemerintahan. Di kategori yang sama, penghargaan itu juga diberikan kepada Mendagri Gamawan Fauzi dan Bupati Barru/Sulawesi Selatan Andi Muhammad serta Walikota Bau-bau/Sulawesi Tenggara MZ Amirul Tamim. “Bapak Bupati (Masfuk) dinilai tim penilai MIPI sebagai kepala daerah yang visioner, inovatif, bisa diterima rakyatnya karena memimpin selama dua periode serta memiliki sejumlah karya nyata. Bapak Bupati menyebut penghargaan ini sebagai penghargaan untuk seluruh masyarakat Lamongan. Semoga bisa menjadi pendorong semangat untuk berkarya lebih baik di setiap bidang yang mereka geluti, “ ujarnya.

Dilanjutkan Aris, diantara yang menjadi penilaian juri adalah kapasitas Bupati Masfuk yang mampu mendatangkan investor besar ke Lamongan seperti WBL dan LIS. “Selain itu sejumlah program kreatif beliau juga mendapat apresiasi tersendiri. Seperti kebijakan untuk mengajarkan Bahasa Mandarin di sekolah, naiknya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menjadi menengah atas serta turun tajamnya angka kemiskinan yang mencapai 24,25 persen, “ imbuh Aris yang juga Pj Kabag Lingkungan Hidup tersebut.

MIPI juga memberikan penghargaan di kategori ilmuwan pemerintahan kepada pengajar di Fisipol Universitas Indonesia Arbi Sanit. Sementara untuk kategori pemerhati pemerintahan diberikan kepada mantan Menko Ekuin dan Kepala PPN/Bappenas Kwik Kian Gie. Sejumlah tokoh hadir di malam penghargaan itu. Diantaranya anggota Dewan Penasehat Presiden Ryaas Rasyid, dosen Uanir Ramlan Surbakti dan Deputy Wapres Bidang Politik Johermansyah Johan.

Ramlan yang juga Ketua Tim Penilai MIPI Awards 2010 menjelaskan untuk praktisi pemerintahan, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi penerima penghargaan. Diantaranya dia harus inovatif, transparan, akuntabel, punya integritas serta menunjukkan kinerja menonjol. Selain itu, masih menurut Ramlan, dia harus bisa menjalankan kepemimpinan dengan konsep visioner. Sehingga kinerjanya bisa dirasakan masyarakat.

Penghargaan dari lembaga independen untuk Masfuk ini adalah yang kesekian kali. Sebelumnya dia juga mendapat penghargaan People of The Year sebagai kepala daerah terbaik dari Harian Seputar Indonesia di awal tahun 2010. Sebelumnya, di tahun 2008, Masfuk juga meraih RTTI Award (Regional Trade, Tourism and Investment Award) dan dinobatkan sebagai Bupati Terbaik bidang Perdagangan, Pariwisata dan investasi oleh sebuah panel juri yang diketuai Hermawan Kertajaya. Selain itu, Piala Otonomi Award dari Jawapos Institue of Pro Otonomi (JPIP) juga menjadi langganan Lamongan.

Tidak ada komentar: