Senin, 21 Juni 2010

TPA Dihijaukan

Pemkab Lamongan berupaya mengubah kesan tempat pembuangan akhir atau TPA yang selama ini identik dengan kekumuhan. Bersama Kodim 0812 Lamongan, Jum’at pagi (11/6), dilangsungkan pencanangan pengijauan oleh Wabup Tsalits Fahami di TPA Tambakrigadung/Tikung.

Penghijauan yang dihadiri Dandim 0812 Letkol. Arh Priyanto, Kapolres AKBP Gagas Nugraha dan Kajari Mudjiharti tersebut juga melibatkan sejumlah personil resimen mahasiswa dari Universitas Islam Lamongan, Unisla. Dandim menyebut kegiatan penghijauan itu sebagai bagian dari mensukseskan gerakan penghijauan 1 miliar pohon oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

“Penghijauan semacam ini bukan hanya demi kita yang saat ini melaksanakan. Namun juga demi masa depan anak cucu kita. Karena manfaatnya akan bisa dirasakan hingga 20 tahun kedepan. Total ada 3.500 batang bibit pohon yang hari ini dibagikan untuk ditanam. Yakni terdiri dari 2.000 batang bibit pohon trembesi dan 1.500 batang bibit pohon mangga, “ ujar Letkol Arh. Priyanto saat di TPA Tambakrigadung.

Sementara Tsalits Fahami dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya pada masyarakat yang telah ikut mengantarkan Lamongan sukses meraih Adipura untuk kali keempat. Menurut dia, kesuksesan tersebut tidak akan bisa diraih tanpa peran serta semua komponen masyarakat Kota Lamongan.

“Kegiatan penghijauan semacam ini bukan hanya sangat penting demi penyelamatan lingkungan. Namun juga ada pahala yang sangat besar menanti dari kegiatan semacam ini. Banyak yang menyangka penghiajuan tidak akan mendatangkan pahala sehingga mereka kurang mendukung program penghijauan. Padahal tanaman yang tumbuh dari penghijauan itu bukan hanya dirasakan manfaatnya oleh manusia, namun juga oleh hewan dan bumi sendiri. Bahkan ketika manusia yang menanam itu sudah meninggal, manfaat pohonnya masih bisa dirasakan oleh mereka yang hidup, “ urai dia.

Tidak ada komentar: