Jumat, 07 Oktober 2011

Miroslav Janu Berlabuh Di Persela

Persela Lamongan membuat kejutan. Baru saja resmi mengontrak Eduard Tjong, Persela sudah mengganti pelatih kepalanya. Miroslav Janu (janu), kini resmi menjadi nahkoda Laskar Joko Tingkir. Mantan pelatih Arema Indonesia ini kemarin (6/10) diperkenalkan Ketua Umum Persela, Fadeli, dalam sesi jumpa pers pada wartawan di Ruang Sasana Nayaka setempat.

Janu tidak datang sendirian. Dia juga membawa gerbong asisten pelatihnya dulu. Yakni Tony Ho, Herman Kardiaman dan Assegaf. Sementara Didik Ludianto, asisten pelatih Persela Lamongan sebelumnya, dikonfirmasikan Fadeli akan tetap berada di jajaran pelatih Persela. Didik Ludianto sendiri sukses membawa Persela U 21 menjadi juara ISL U 21 musim lalu.

Fadeli dalam keterangannya menyampaikan perubuhan pelatih kepala Persela itu untuk mensukseskan target Persela untuk berada di klasemen atas, setidaknya 4 besar. “Agar Persela ini layak jual di mata calon sponsor, kita harus berbenah. Diawali dengan perekrutan pelatih kepala berkualitas, “ ujarnya.

“Nantinya semua akan dibenahi, “ imbuh Fadeli. “Mulai dari penambahan pemain hingga perbaikan rumput Stadion Surajaya. Janu kemarin sukses antarkan Arema jadi runner up. Nanti kami targetkan setidaknya bisa berada di posisi empat. Sedangkan untuk pasang target juara, tentunya harus ada banyak pembenahan dari sisi pemain, juga kualitas lapangan, “ katanya menjelaskan.

Janu sendiri tidak banyak mengumbar janji. Terlebih kompetisi akan segera dimulai meski jadwal pertandingannya belumm ada. Dia hanya menjanjikan akan bekerja keras seperti halnya yang sudah dilakukannya untuk PSM Makasar dan Arema Indonesia.

Dia mengaku sudah sedikit banyak mengetahui komposisi pemain yang sudah dimiliki Persela saat ini. Termasuk sejumlah pemain junior yang masuk ke tim senior dan keberadaan Gustavo, Zulham serta hengkangnya Fabiano ke Persija. Janu sendiri mengaku senang dengan pemain muda. Namun tentu dia akan melihat dulu kualitas mereka.

Dengan komposisi pemain Persela saat ini, dia melihat perlu ada pembenahan di sektor belakang, gelandang dan depan. Disebutkannya, sudah ada enam pemain yang diajaknya untuk bergabung di Persela. Namun terkait perekrutan dan kontrak, dia percaya itu menjadi kewenangan penuh dari manajemen Persela.

“Saya sudah kontak 5 atau 6 pemain untuk gabung. Namun terkait kontrak itu tentu kewenangan manajemen. Terkait pemain asing, saya adalah pelatih yang disiplin. Saya hanya kan merekrut pemain yang asing yang disiplin dan bisa bekerjasama degan pemain lokal, “ kata dia.

Janu yang lahir 8 November 1959 di Republik Ceska tersebut mengawali karir kepelatihannya di Indonesia pada tahun 2003 di Persigo Gorontalo. Kemudian hijrah ke PSM Makassar hingga tahun 2005. Tahun 2007 dia berlabuh di Arema Indonesia, kemudian musim 2008-2010 melatih Slavia Praha sebagai pelatih B. Sedangkan tahun lalu di melatih Arema Indonesia.

Tidak ada komentar: