Selasa, 09 Februari 2010

Gus Ipul Janji Tuntaskan Dana BKD

Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menjanjikan akan mencarikan solusi agar dana Bantuan Keuangan Desa (BKD) 2009 untuk tujuh desa di Lamongan bisa dicairkan. Pernyataan tersebut disampaikan dalam kunjungannya ke Desa Kaliwates/Kembangbahu saat mengunjungi mantan Ketua GP Ansor Lamongan, Karno.

Seperti diketahui ada tujuh desa di Lamongan yang batal menerima dana BKD tahun 2009. Yakni Desa Sukosono/Kembangbahu, Sekarbagus/Sugio, Lawak/Ngimbang, Sumberwudi/Karanggeneng, Latukan/Karanggeneng, Sungegeneng/Sekaran dan Desa Sekaran/Sekaran. Tahun Anggaran 2009 lalu, Kabupaten Lamongan menerima kucuran BKD dari Pemprop Jatim mencapai Rp 13,780 miliar. Dalam SK Gubernur Jatim nomor 188/434/KPTS/013/2009 tentang Desa Yang Mendapatkan Bantuan Keuangan dari Pemprov Jatim, ada 147 desa di 26 kecamatan yang menerima bantuan tersebut.

“Nanti akan coba dicarikan solusi agar dana BKD untuk tujuh desa di Lamongan bisa dicairkan seperti yang lain, “ katanya waktu itu kepada perwakilan Kades yang desanya belum menerima dana BKD. Dalam kesempatan itu Wagub yang biasa disapa Gus Ipul ini didampingi Muhammad Ardi Prasetyo, Kepala Bidang Prasarana Wilayah Bappedaprop Jatim dan Kepala Bakorwil Bojonegoro Setiadjit. Sedangkan dari Lamongan terlihat menemani Bupati Masfuk, Sekab Fadeli dan sejumlah pejabat setempat.

Di saat yang sama, Gus Ipul juga menjanjikan kepada masyarakat Desa Kaliwates untuk segera membangun Jembatan Desa Kaliwates. Karena menurutnya, seperti yang dilaporkan, kondisi jembatan yang sekarang kurang ideal. “Bersama saya sudah ada dari Bappeda (M Ardi), yang akan merumuskan bagaimana pembangunan jembatan desanya. Kalau menurut perkiraan kasarnya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana sekitar Rp 200 juta, “ ujarnya.

Tidak ada komentar: