Senin, 12 September 2011

Ada Putra Lamongan Di Olimpiade Internasional

CC. Zam Zam (Zam Zam) Multazam bakal mewakili Indonesia di ajang Internasional Mathematics and Science Olympiad (IMSO) tahun 2011 untuk mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) SD/MI. Siswa SDN Jetis III Lamongan tersebut sukses menjadi wakil Indonesia setelah lolos seleksi jalur khusus oleh Direktorat Pembinaan SD Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas.

Zam Zam dijadwalkan akan mengikuti olimpiade tersebut di Naga City Philipina pada tanggal 2-6 September 2011. Sebelum berangkat, dia bersama orang tua dan Kabid TK SD Dinas Pendidikan Lamongan Elham Rohmanto berpamitan pada Bupati Fadeli di ruang kerjanya kemarin.

Sebelum lolos menjadi wakil Indonesia, Zam Zam haru mengikuti tes pembinaan dalam tiga tahapan. Tahap pertama hanya meloloskan 16 siswa. Selanjutnya pada tes pembinaan tahap kedua hanya di ambil delapan siswa. Selanjutnya mereka mengikuti pembinaan dan karantina pada 7-17 Agustus lalu di Jakarta untuk menjadi Tim IMSO 2011 dari Indonesia. Tesnya sendiri bukan hanya teori tapi juga praktikum.

Meski lolos menjadi anggota Tim IMSO Indonesia 2011, anak kedua dari tiga bersaudara putra dokter Suadi Rochman dan Masruhatul Ifva itu ternyata tidak pernah mengikuti bimbel atau les sama sekali. “Anak saya belajar sendiri,” ujar Ifva.

Zam-Zam yang lahir pada 2 Oktober 2001 dan tinggal di Desa Karanglangit namun asli Kecamatan Glagah itu memang berangkat dari keluarga yang cerdas. Selain dari keluarga seorang dokter, terbukti, kakak Zam-Zam bersekolah dengan mendapatkan beasiswa di Turky.

“Saya belajar sendiri, namun jika ada pelajaran yang kurang mengerti saya bertanya kepada ayah dan ibu,” ujar Zam-Zam yang saat ini duduk dibangku kelas 6 SD. Dia sendiri mempunyai hobby menyanyi serta bercita-cita juga menjadi dokter seperti ayahnya.

Kunjungan rombongan Zam-Zam untuk menemui Bupati bersilaturohmi pada siang itu ditemani oleh kedua orang tuanya. Selain itu, turut menemani Kepala Sekolah SDN Jetis III Hartono dan Kabid TK/SD Dinas Pendidikan Elham Rohmanto.

Dalam kesempatan itu Fadeli mengatakan agar Zam Zam terus semangat dan tetap percaya diri serta jangan minder walaupun disana nanti orang tua tidak bisa menemani. “Saya bangga mempunyai putra terbaik untuk mewakili Indonesia dan Lamongan di ajang bertaraf Internasional. Mudah-mudahan sukses,” pungkasnya.

Tidak ada komentar: