Senin, 12 September 2011

Masih Ada 5 Desa Tanpa Kades

Dari 462 desa di Lamongan, saat ini masih ada sejumlah lima desa yang belum memiliki Kepala Desa (Kades) definitif. Terkait fakta itu, Bupati Lamongan Fadeli saat melantik Kades terpilih Desa Kuluran, Kalitengah di Pendopo Lokatantra, Jum’at (26/8) meminta agar segera dilakukan pengisian.

“Sampai saat ini masih ada lima desa yang belum memiliki Kades. Saya harap kekosongan ini agar segera diisi. Demikian juga dengan perangkat yang masih belum lengkap agar juga segera diisi personilnya, “ tegasnya seusai melantik Bambang Srijoyo menjadi Kades Kuluran.

Terkait jalan di depan Desa Kuluran, yakni mulai Desa Dibe hingga Tunjung Mekar yang saat ini dalam kondisi rusak berat, dia menegaskan jalan itu sudah menjadi prioritasnya. Bahkan dia mengaskan secara khusus sudah memanggil Kepala Dinas PU Bina Marga untuk segera melakukan perbaikan agar minimal bisa dilewati untuk berlebaran. Kemudian bersama-sama dengan DPRD, jalan yang sama akan di lakukan peningkatan melalui PAPBD 2011.

Fadeli di kesempatan itu menyampaikan apresiasi khusus pada Pj Kades Kuluran, Mohammad Ilyas yang sukses menjadikan desanya sebagai pembayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tercepat di Kalitengah. “Ini prestasi yang membanggakan. Karena meski Pak Ilyas hanya pejabat sementara, ternyata bisa menjadikan desanya sebagai pembayar PBB tercepat di Kecamatan Kalitengah, “ kata dia. Posisi Ilyas sendiri adalah Sekretaris Desa yang sudah mengabdi selama 30 tahun.

Pilkades Kuluran yang dilaksanakan pada 24 Juli 2011 lalu itu tercatat diikuti oleh 2.154 orang yang memiliki hak pilih. Bambang Srijoyo mendapat 888 suara, sementara rivalnya, Bonaji, meraih 684 suara dan 46 suara lainnya tidak sah. Bambang Srijoyo selanjutnya dilantik sesuai dengan Keputusan Bupati Lamongan nomor 188/235/Kep/413.013/2011 tentang Pemberhentian Penjabat Kades dan Pengangkatan Kades Kuluran Kecamatan Kalitengah.

Tidak ada komentar: