Senin, 12 September 2011

Disidak Bupati, Empat Pegawai Absen

Kesan baik, setidaknya itu yang ditampilkan tiap instansi yang disidak Bupati Lamongan Fadeli bersama Wakil Bupati Amar Saifudin pasca cuti bersama Idul Fitri 1432 Hijriyah. Mereka berdua kemarin (5/9) didampingi Plt Sekkab Yuhronur Effendi, Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Lamongan Ismunawan dan sejumlah kepala SKPD.

Lokasi sidak pertama di SKPD yang dikepalai oleh Mustakim Arif, Dinas Pertanian dan Kehutanan. Dia menemani Fadeli memeriksa ruangan demi ruangan. Diantaranya Subbag Keuangan, Bidang Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Bidang Kehutanan dan Bidang Perkebunan. Kantor yang mempunyai total pegawai sebanyak 73 orang itu, terdapat absensi pegawai diketahui 1 orang sakit dan 1 orang lagi izin karena kerabatnya meninggal dunia.

Selanjutnya SKPD yang bersebelahan dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan yaitu Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopindag) dan PD BPR Bank Daerah Lamongan mendapat giliran sidak berikutnya. Diskopindag yang dikepalai oleh H. Mubarok tersebut mempunyai total pegawai sebanyak 70 orang. Satu orang diketahui izin pergi ke Pemda karena keperluan tugas dan 1 orang lagi izin karena sakit perut.

Sementara itu di Bank Daerah, yang menjadi sasaran sidak Fadeli diantaranya ruangan pelayanan nasabah, Kabag Kas dan ruang PDE. “Yang penting sebagai kantor pelayanan publik masyarakat tidak terganggu karena pada hari ini kegiatan sudah kembali berjalan seperti biasa,” ucap Fadeli.

Karena PD BPR BDL bertugas memberikan pelayanan, pada hari pertama masuk itu karyawannya sudah mulai memberikan pelayanan. Pagi itu, Ika, salah satu customer servicenya sudah menerima pengajuan aplikasi pembukaan lima rekening baru dan tiga pembukaan deposito.

Terakhir Fadeli kemudian bergeser ke rumah sakit pelat merah, RSUD dr. Soegiri. Bersama Direktur Utama Fida Nuraida didampingi Wakil Direktur Eko Budi Santoso, Fadeli bersama rombongan meninjau beberapa ruangan. Diantaranya Poli Pegawai, Poli anak, jantung dan rawat inap pasien kelas Lavender 16.

Fida mengungkapkan meskipun libur panjang terkait lebaran pelayanan rumah sakit tetap buka khususnya aktif pada pelayanan cuci darah, namun untuk pelayanan dokter spesialais baru aktif pada hari ini, senin. “Jam kerja karyawan diberlakukan shif yaitu pagi dan malam sehingga pelayanan tetap berjalan,” ungkapnya.

Seperti salah seorang petugas keamanan rumah sakit, Adi Sasono (30 tahun) yang belum libur sejak lebaran hari pertama lau. Adi yang asli Probolinggo tersebut otomatis belum bisa mudik ke kampung halaman. Karena dia kebagian piket selama tujuh hari sejak lebaran hari pertama. “Sudah bagian dari tugas mas, “ ujar pegawai yang sudah bertugas sejak 2003 silam tersebut.

Secara terpisah Fadeli mengatakan secara umum hari pertama masuk kerja pasca cuti Idul Fitri tidak diketemukan pelanggaran. Tidak diketemukan kendala meskipun hari pertama masuk kerja. Semua berjalan normal dan lancar. “Yang penting lapor dan izin kepada atasan sehingga ada keterangan, namun kalau ada yang membandel akan diberikan sanksi sesuai PP nomor 53 tahun 2010,” tandasnya.

Sementara sebelumya, Bupati bersama Wabup dan Ketua DPRD Makin Abbas, ketigas didampingi isteri mengadakan halal bi halal dengan ribuan pegawai Pemkab Lamongan. Kegiatan yang dihelat di pelataran parker komplek perkantoran Pemkab itu berjalan lancar meski dijubeli pegawai yang ingi bersalaman dengan kepala daerahnya.

Panitia juga menyediakan tenda sehingga mereka yang antri tidak kepanasan. Juga disediakan makanan gratis untuk dinimati dengan menu menu tradisional. Seperti bakso, tahu campur dan sate. Fadeli, Amar Saifudin dan Makin Abbas sekitar dua jam berdiri bersalaman dengan ribuan pegawai yang sudah mulai berdatangan sejak jam 7.30 pagi tersebut.

Bupati di kesempatan itu berpesan agar pegawai Pemkab Lamongan segera bekerja dan memberi pelayanan. Dia juga berharap agar mereka menjaga kesehatan. Jangan sampai setelah puasa satu bulan lamananya, kemudian setelah itu malah mengkonsumsi makanan sembarangan yang ujung-ujungnya mengganggu kesehatan.

Tidak ada komentar: