Senin, 12 September 2011

Peserta gerak Jalan Mayangkara Membludak

Ribuan peserta dipastikan akan mengikuti Gerak Jalan Perjuangan Mayangkara yang kembali digelar di Lamongan setelah sekian lama vakum. Sebanyak 132 regu dipastikan sudah terdaftar. Tujuh regu diantaranya adalah regu putri.
Jumlah peserta tersebut seperti dituturkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Hamdani Azahari melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik dimungkinkan masih akan bertambah selama kegiatan pertemuan penjelasan teknik. Disebutkan olehnya seusai membuka pertemuan penjelasan teknik di Ruang Sabha Nirbawa (8/9), setiap regu terdiri dari 10 orang, sehingga setidaknya akan ada 1320 peserta yang akan mengikuti gerak jalan yang akan menyusuri rute perjuangan Batalyon Mayangkara tersebut.

Panitia sendiri menurut dia menyediakan sejumlah besar hadiah bagi juara pertama hingga ketiga untuk masing-masing kategori regu putra dan putri. Selain itu juga disediakan hadiah untuk juara favorit dan door price sepeda motor. “Peserta regu putra akan memperebutkan Piala Bupati Lamongan, Piala Dandim 0812 untuk regu putri dan Piala Ketua DPRD untuk regu favorit, “ ungkap dia.

Kriteria penilaiannya, sambung dia, meliputi ketepatan waktu, disiplin baris berbaris, semangat dan kekompakan. Juga dinilai aspek keutuhan dan kelengkapan regu serta pakaian yang dikenakan. Peserta akan menempuh rute sepanjang sekitar 22 kilometer mulai dari Gedung Mayangkara di Kecamatan Mantup hingga finish di depan Pendopo Lokatantra Lamongan.

Gerak jalan itu akan menapaktilasi perjuangan prajurit Batalyon Mayangkara yang dikomandani Jarot Subiyantoro saat melawan penjajah periode tahun 1945 hingga 1955. Batalyon Mayangkara di masa itu bermarkas di Desa Mantup Kecamatan Mantup. Sebuah tari kreasi juga telah diciptakan untuk menggambarkan kesigapan, ketangguhan, keberanian dan semangat pantang menyerah Batalyon Mayangkara. Tari yang dilabeli Laskar Mayangkara itu ditetapkan sebagai 10 Penyaji Terbaik dan 3 Penata Musik Terbaik Dalam Festival Karya Tari (FKT) tahun 2011 tingkat Jawa Timur 28 Mei lalu di Surabaya.

Tidak ada komentar: