Senin, 06 Februari 2012

Lamongan Miliki Sekda Definitif

Sejak posisi sekretaris daerah (Sekda) ditinggalkan Fadeli mencalonkan diri sebagai Bupati Lamongan pada Maret 2010, sudah tiga kali posisi tersebut dijabat oleh pejabat sementara atau pelaksana tugas (Plt). Pejabat terakhir yang mengisi posisi strategis tersebut adalah Yuhronur Efendi yang akhirnya pada Kamis (2/2) di Pendopo Lokatantra setempat dilantik  Fadeli menjadi Sekda difinitif.
          Karena sifatnya hanya sementara, seorang pelaksana tugas tidak dapat melaksanakan semua portofolio (pilar pemerintahan dan kewajiban) yang diberikan pada jabatannya itu. Penunjukan hanya dilakukan demi kelancaran kegiatan administrasi sehari-hari. Terlebih posisi sekretaris daerah sangat strategis dalam pemerintahan di daerah.
“Tepatnya 1 tahun 10 bulan Sekdakab diisi oleh pejabat Plt, dan baru hari ini dilaksanakan pelantikan dan sumpah secara definitif, saya ucapkan selamat dan sukses,” kata dia.
Ditambahkannya, saat masih dijabat seorang pelaksana tugas, banyak tugas yang masih harus langsung ditangani oleh bupati. Hal ini karena terbatasnya kewenangan seorang pelaksana tugas. Padahal pada prinsipnya tugas semua SKPD pada akhirnya nanti akan berujung di Sekda sesuai dengan ketentuan yang ada.
“Semoga kita tidak menjadi salah pilih mengambil figur untuk memegang amanat masyarakat Lamongan. Track record karirnya yang begitu panjang tentunya telah memberikan bekal pengalaman atau skill khusus. Diantaranya kemampuan untuk menjalin komunikasi baik dilingkup internal, propinsi maupun dengan pemerintah pusat. “Tugas-tugas yang berhubungan dengan kesekretariatan tentu saja bukan barang baru bagi beliau,” ucapnya.
“Masyarakat Lamongan sudah menunggu kerja yang akan kita lakukan baik dalam jangka pendek maupun panjang. Semisal masalah KTP elektronik atau E-KTP, saya minta Sekda untuk koordinasikan hal ini,” pungkasnya.
           Plt Sekda sebelum Yuhronur adalah Supardi yang kini menjadi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Nurroso yang kini menjadi salah satu direktur di PD BPR Bank Daerah Lamongan.
Sementara Yuhronur Efendi yang lahir pada tanggal 12 Januari 1968 dan berkedudukan sebagai pajabat Eselon II/a tersebut adalah alumni dari Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada. Suami dari Anis Kartikawati ini sebelumnya menjabat sejumlah posisi strategis. Diantaranya mulai dari Direktur Utama PD BPR Bank Daerah Lamongan dan Kepala Bappeda serta Asisten Administrasi.
            Pelantikan Sekdakab Lamongan merupakan bentuk realisasi dari Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur tanggal 1 Pebruari 2012 dengan Nomor: 821.2/210/212/2012, tentang pengangkatan dalam jabatan. Hadir pada acara tersebut seluruh pejabat SKPD se-Kabupaten Lamongan dan jajaran forum pimpinan daerah setempat.

Tidak ada komentar: