Senin, 14 Februari 2011

BLH Launching Program LGC

Pemkab Lamongan melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten, Kemarin (8/2), melaunching Program Lamongan Green and Clean (LGC) serta pelatihan dan pendampingan program LGC tahun 2011. Bertempat di Pendopo Lokatantra setempat, launching Program LGC itu dilakukan oleh Bupati Fadeli.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Makin Abbas, Wakil Bupati Amar Saifudin, unsur muspida setempat, para pimpinan satua kerja perangkat daerah (SKPD), camat beserta unsur Muspika Kecamatan, dan tokoh masyarakat setempat.
LGC sendiri bertujuan untuk mewujudkan seluruh pelosok kampung Lamongan menjadi hijau dan bersih dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat bersama-sama Pemerintah Daerah dalam mendorong budaya bersih.
“BLH Kabupaten Lamongan menggagas program LGC tersebut karena berangkat dari konsep bahwa lingkungan yang bersih, sejuk, bersih, dan sehat adalah dambaan setiap orang,” kata Aris Wibawa Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Lamongan dalam sambutannya.
Berhubungan dengan hal tersebut, BLH juga akan menggelar lomba semarak LGC. Lomba ini nantinya akan dibagi menjadi tiga tahap penilaian. Yaitu tahap 100 besar, 50 besar, dan 10 besar yang diikuti oleh seluruh rukun tetangga (RT) di Kecamatan Kota Lamongan, RT di Perumda Deket, instansi, sekolah, dan wilayah kelompok kerja (Pokja) kebersihan.
Aris juga menghimbau, diantaranya, agar warga melakukan kebersihan rumah dan lingkungan sekitar rumah pagi dan sore. Warga dalam program ini harus berpartisipasi dalam penyediaan tanaman dalam pot sebanyak 5-10 tanaman setiap rumah. Selain itu, warga yang masuk program ini harus pula menyediakan bak sampah pemilah 1 set (bak sampah organik dan anorganik) setiap rumah.
Dalam pelaksanaannya BLH juga menyusun buku panduan LGC bagi Lurah dan RT. “Kita semua harus mendukung program ini, selain itu, agar piala Adipura Kencana 2011 dapat kita raih kembali untuk kesekian kalinya,” pungkas Aris.
“Apa yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui BLH tersebut, juga merupakan harapan masyarakat Kabupaten Lamongan untuk tetap mempertahankan Piala Adipura yang kelima kalinya ini,” kata Fadeli saat memberikan sambutan.
Pada akhir acara dilakukan pemutaran film dukumenter tentang ganasnya global warming. Pemukulan gong secara simbolis oleh Bupati Lamongan Fedeli sebagai tanda dilaunchingnya Program LGC tersebut. Fadeli beserta rombongan juga melakukan tinjauan lapangan ke Mlaten, kampung percontohon LGC yang terletak di Kelurahan Jetis Kabupaten Lamongan

Tidak ada komentar: