Selasa, 17 November 2009

Hari Pahlawan, Bacakan Pesan Dr SoeTomo

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan di Lamongan diwarnai dengan pembacaan pesan-pesan pahlawan. Pada upacara yang dilangsungkan di Alun-alun Kota Lamongan tersebut (10/11) pesan yang dibacakan adalah dari Dr Soetomo, pendiri Budi Oetomo.

Ada dua kalimat yang dibacakan dalam pesan itu. Yakni bekerjalah terus menerus untuk kemajuan pergerakan. Dikatakan dalam pesan itu pergerakan bangsa masih harus berkembang, harus bersemi dan harus selalu maju. Karena itu bekerjalah lebih giat dan kuat guna kemajuan perjuangan hingga tercapai.

Pesan kedua dr Soetomo adalah agar segala perselisihan dipandang sebagai perselisihan individu dan tidak dihembuskan menjadi besar dan dikorek-korek pula. Dari pada membuang-buang waktu dan kekuatan, tenaga dan bercakar-cakar, lebih utama digunakan untuk pekerjaan membanguan bersama untuk rakyat.

Sejumlah anggota Legiun Veteran Indonesia (LVRI) Lamongan dan janda pahlawan diundang khusus menghadiri upacara tersebut. Sementara bertindak sebagai unspektur upacara adalah Bupati Lamongan Masfuk.

Saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI Salim Assegaf Al-Jufri, Masfuk sampaikan tantangan dan permasalahan bangsa yang dihadapi saat ini tidaklah ringan dan menjadi tangung jawab bersama untuk diatasi. Seperti masalah bencana alam gempa bumi dan masalah lainnya seperti kemiskinan, pengangguran, pendidikan, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya.

“Berbagai permasalah yang mendera bangsa tersebut, hendaknya kita sikapi sebagai suatu ujian untuk menjadikan bangsa indonesia menjadi bangsa yang besar yang tangguh dan mandiri, bangsa yang dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Bagi para birokrat berilah pelayanan terbaik, cepat dan mudah bagi masyarakat, serta tidak melakukan perbuatan yang mengarah pada tindakan-tindakan yang dapat merugikan kepentingan bangsa dan Negara, “ kata dia.

Tidak ada komentar: