Senin, 05 Juli 2010

Penghitungan Ulang Pemilukada 5-9 Juli

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Lamongan akhirnya menetapkan jadwal pelaksanaan penghitungan ulang pemilukada 2010 yang dilaksanakan 23 Mei lalu. Jadwalnya ditetapkan mulai 5 hingga 9 Juli mendatang. Meski demikian, KPUK masih menunggu petunjuk teknis hitung ulang dari KPU pusat.

Terkait petunjuk teknis tersebut, anggota KPUK setempat Tasir sedang berada di akarta untuk bertemu dengan KPU pusat. Disampaikan Tasir, diperkirakan petunjuk teknis dari KPU pusat tidak akan sampai mengubah jadwal yang telah disusun KPUK Lamongan.

“Meski kami yakin tidak akan terjadi perubahan jadwal, kami masih merasauntuk meminta petunjuk tersebut. Karena sampai saat ini tidak ada satupun regulasi yang mengatur menkanisme teknis penghitungan ulang Pemilukada, “ ujarnya.

Dijelaskan Tasir, berdasar jadwal yang telah disusun, penghitungan ulang akan dilaksanakan terpusat di GOR Lamongan. Di lokasi yang bersebelahan dengan kantor KPUK itu, akan dibuat replika 153 unit tempat pemungutan suara atau TPS. “Jumlah replik ini disesuaikan dengan jumlah TPS terbanyak dalam satu kecamatan, yakni di Kecamatan Babat, “ katanya menerangkan.

Lebih lanjut diuraikannya, terdapat 2.557 TPS di seluruh Lamongan pada Pemlukada 2010. Dengan jumlah personil yang dilibatkan terdiri dari 6.711 KPPS, 1.422 PPS dan 27 personil PPK. KPUK juga sudah memperkirakan dalam sehari sanggup menyelesaikan penghitungan ulang empat PPK. Sehingga penghitungan ulang akan rampung pada 9 Juli untuk hasil rekapitulasi di tingkat PPK.

“Dua hari kemudian setelah merampungkan rekapitulasi di tingkat PPK, akan dilaksanakan rekapitulasi di tingkat KPUK. Kemudian pada 10 hingga 16 Juli hasil rekapitulasi akhir akan dikirimkan ke Mahkamah Kontitusi (MK) untuk kemudian diumumkan oleh MK, “ urai Tasir panjang lebar.

Sebelumnya, terkait hasil Pemilukada Lamongan, MK memutuskan KPUK Lamongan harus melaksanakan penghitungan ulang. Keputusan tersebut adalah hasil dari dikabulkannya sebagian gugatan dari pasangan calon Suhandoyo-Kartika Hidayati (Sehati) yang berada di posisi kedua di bawah pasangan Fadeli dan Amar Saifudin (Faham).

Tidak ada komentar: