Senin, 29 November 2010

40 Pejabat eselon IV Ikuti Diklatpim

Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat IV angkatan 316, Kamis (21/10) dibuka Plt Sekkab Lamongan Nurroso di Ruang Sabha Dyaksa setempat. Hadir dalam pembukaan tersebut, Kepala Badan Diklat (Badiklat) Pemprov Jatim Saiful Rohman dan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lamongan Mugito.

“Perilaku sebagian kecil birokrat telah mengurangi kredibilitas lembaga pemerintah. Padahal kepercayaan adalah modal dasar untuk pemerintahan yang amanah, “ ujar Saiful Rohman dalam sambutannya. “Pelayanan publik di Jatim dan Lamongan telah mengalami sejumlah perkembangan yang bagus meski masih perlu untuk dibenahi, “ imbuh dia.

Saiful Rohman juga berpesan agar para peserta Diklatpim IV agar menerapkan prinsip kehati-hatian dalam bekerja , paham akan aturan dan tertib dalam administrasi. Hal itu disampaikannya agar pejabat terhindar dari masalah hukum hanya karena kekurangcermatan. “Pejabat eselon IV adalah ujung tombak. Jangan sampai pelaksanaan dari pembuat kebijakan tidak sesuai dengan aturan, “ kata dia.

Dia juga berharap agar seusai mengikuti pelatihan, pejabat baru tersbeut bisa mencapai kinerja yang efisien dan produktif yang disertai kecermatan sehingga tidak menyulitkan pimpinan. “ Selain kemampuan manajerial, kemampuan untuk memotivasi dan memobilisasi staf juga harus dimiliki seorang pejabat. Jangan sampai hanya mendelegasikan tugas pada satu orang staf kesayangan saja, “ ungkap dia.

Hal senada disampaikan Nurroso. Dia mengharapkan aparaturnya agar lebih produktif dan kompetitif. Namun dalam proses pemberian layanan pada masyarakat, dia meminta agar tetap memegang teguh etika birokrasi. “Jangan sampai melupakan prinsip untuk menjadi insan yang bukan hanya agamis tapi juga pancasilais. Dua prinsip ini adalah satu kesatuan yang saling melengkapi, “ tegas dia.

Diklatpim yang diikuti 40 pejabat eselon IV itu akan berlangsung hingga 25 Nopember mendatang di Sanggar Pramuka Karanglangit Lamongan. Pesertanya terdiri dari 27 pejabat eselon Iv di lingkungan badan, dinas, kantor dan bagian. Sementara sisanya pejabat dari kecamatan. Pengajarnya akan diambilkan dari widya iswara Badiklat Jatim, pejabat struktural Lamongan sendiri, dosen sospol dari Unair dan dosen psikologi dari universitas Tujuh Belas Agustus.

Tidak ada komentar: