Senin, 29 November 2010

Juara Semarak Bonsai 2010 Milik Sidoarjo

Bonsai milik Husny Bahasuan dari Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Sidoarjo ditetapkan sebagai The Best In Show atau juara pada Semarak Bonsai LA 2010 dalam rangka HUT KORPRI ke-39 di Lamongan. Bonsai dari pohon jenis serut ini mengalahkan 180 peserta Semarak Bonsai yang dibuka Bupati Fadeli, Senin
Pameran bonsai yang berlangsung di Alun-alun Kota Lamongan tahun ini ternyata menarik minat banyak peserta dari sejumlah kabupaten. Tahun ini sebanyak 180 peserta dari 11 kabupaten/kota di Jatim turut dalam lomba tersebut. Sebanyak 62 peserta berlomba di kelas regional dan 118 di kelas prospektif. Kelas regioal sendiri diikuti tanaman bonsai yang sudah berkualitas.

“Pameran bonsai tidak hanya sekedar sebagai ajang pamer semata tetapi juga sebagai ajang untuk saling mempererat tali persahabatan dan kebersamaan antar pebonsai di Jawa Timur,” kata Bupati Lamongan, Fadeli.

Fadeli menambahkan, hobi pembuatan bonsai memakan waktu lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan yang menuntut kesabaran serta keuletan tinggi. falsafah kesabaran dan keuletan tinggi inilah jika diterapkan di bidang pekerjaan lain, tentunya akan menghasilkan karya seindah dan sekokoh bonsai.

“Saya berharap kegiatan positif ini bisa terus dijadikan agenda rutin tahunan. kedepan, semoga lewat kegiatan ini bisa memacu pebonsai lokal untuk meningkatkan kualitas tanaman bonsai dan tanaman hiasnya sehingga lebih dikenal di kawasan regional maupun nasional,” ungkap Fadeli.

Pameran ini diharapkan dapat menunjang program Pemerintah di bidang pariwisata, seni, budaya, lingkungan hidup dan ekonomi. di sisi lain, pertanian budidaya tanaman hias juga akan terangkat. Karena saat ini, budidaya tanaman hias bukan sekedar hobi, namun sudah tumbuh menjadi kegiatan ekonomi kreatif.

Ditemui terpisah, Ketua Panitia Semarak Bonsai 2010 Bagus Sugeng H. S mengatakan, tanaman bonsai milik Husny Bahasuan ditetapkan sebagai bonsai The Best in Show karena dinilai paling sempurna. “Ada empat kriteria yang harus dipenuhi bonsai pemenang. Yakni penampilan, gerak dasar, keserasian dan kematangan bonsai.

Di bawah The Best in Show, ada 10 bonsai yang ditetapkan sebagai The Best 10. Tim juri lomba yang berjumlah lima orang dikoordinatori oleh juri dari PPBI Jakarta. Sementara sisanya adalah juri dari PPBI Bandung, Pamekasan, Tuban dan seorang juri magang dari Lamongan.

Tidak ada komentar: