Senin, 29 November 2010

Jatim Target Juara Umum PON 2012

Ketua Umum KONI Jatim yang juga Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menargetkan kontingen Jatim kembali menjadi juara umum dalam event empat tahunan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-28 tahun2012 nanti di Riau. Dia menyebutkan ada enam cabang olahraga (cabor) andalan yang diharapkan menjadi lumbung medali Jatim.

“Tentu kami menargetkan Jatim bisa menjadi juara umum pada PON 2012 nanti. Ada sejumlah cabor andalan Jatim. Diantaranya adalah panahan, panjat tebing, renang, selam, gulat dan pencak silat. Tentunya salah satu kabupaten andalan penyumbang atlet di PON nanti termasuk Lamongan, “ ungkap Saifullah Yusuf seusai melantik pengurus KONI Lamongan periode 2010-2014 di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (23/11).

Sebelumnya, Wagub yang akrab disapa Gus Ipul tersebut menyampaikan ada dua pekerjaan rumah (PR) penting yang harus dipikirkan semua stake holder keolahragaan di Jatim. Yang pertama menurut dia adalah sampai saat ini Jatim belum memiliki skenario keolahragaan yang menyeluruh, komprhensif, terukur dan sistematis.

“Skenario besar ini diperlukan agar atlet-atlet berbakat Jatim bisa terjaga prestasinya mulai awal hingga akhir, “ kata dia. Gus Ipul kemudian mencontohkan tim sepak bola U-12 yang berlaga di Piala Danone di Perancis beberapa tahun silam. “Kini keberadaan maupun prestasi mereka tidak jelas. Padahal menurut komentar sejumlah talent scout sepak bola dari Italia, mereka ini sangat berbakat. Karena itu sekarang sedang dirancang semacam rencana strategis pembangunan olahraga di Jatim, “ katanya menambahkan.

Sedangkan PR kedua dunia keolahragaan di Jatim adalah masalah pembibitan. Dia juga sepakat dengan keterangan yang disampaikan Bupati Fadeli sebelumnya untuk melibatkan sekolah-sekolah dalam penjaringan bibit unggul di Jatim. “Saya setuju sekolah-sekolah digerakkan sebagaimana yang tadi disampaikan Pak Fadeli. Dalam rangka pembibitan ini, Jatim sanggup menjadi tuan rumah PON remaja di 2013, “ tandas dia.

Jika Gus Ipul pasang target juara umum di PON 2012, Bupati Fadeli di kesempatan yang sama pasang target Lamongan bisa masuk 10 besar saat berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III 2011 di Kediri nanti. “Pada Porprov kedua lalu, kontingen Lamongan sukses berada di rangking 13. padahal di Porprov pertama, Lamongan berada di posisi ke 32. ini tentunya tidak terlepas dari kinerja pengurus KONI sebelumnya yang patut saya sampaikan terima kasih. Selanjutnya saya berharap di Porprov ketiga nanti, Lamongan bisa masuk 10 besar, “ ujarnya.

Pengurus KONI Lamongan yang dilantik diantaranya, Ketua Umum adalah Agus Sutanto, Wakil Ketua Umum I Mustofa Nur, Sekretaris Suwadji dan Bendahara Herry Pranoto. Sementara Pengurus Pengcab PSSI Lamongan yang dilantik Wakil Ketua Umum Pengprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh, diantaranya adalah Ketua Pengcab Yuhronur Efendi.

Tidak ada komentar: