Kamis, 04 Maret 2010

15 Ribu Hektar Padi Siap Dipanen

Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Kabupaten Lamongan prediksikan di awal bulan ini akan sudah ada sekitar 15 ribu hektar areal tanam padi yang siap di panen. Areal yang dipanen tersebut tersebar merata di hampir semua kecamatan di Lamongan. Kecuali sejumlah kecamatan yang baru mulai menanam padi pada sekitar Desember tahun lalu.

“Di akhir Februari dan awal Maret ini dimungkinkan akan ada sekitar 15 ribu hektar areal padi yang akan dipanen. Angka ini dengan asumsi jika tanaman tidak terserang hama atau puso karena banjir atau yang lainnya, “ujar Kadispertahut Djonot Subagijo melalui Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa.

Ditambahkannya, tanaman padi yang dipanen ini adalah yang ditanam pada Oktober dan Nopember lalu. Dan ini merata di hampir semua wilayah. Kecuali beberapa kecamatan seperti Pucuk, Lamongan, Tikung dan Glagah yang baru mulai melakukan penanaman padi pada sekitar Desember lalu.

Pada musim tanam pertama sejak Oktober sampai dengan awal Februari lalu, Dispertahut Lamongan mencatat sudah ada sebanyak 65.877 hektar areal padi yang ditanami. Semua kecamatan sudah melakukan penanaman kecuali di Kecamatan Brondong. “Puncak tanam baru terjadi pada Desember dan Januari lalu. Yakni 27.373 hektar di Bulan Desember dan 22.373 hektar di Bulan Januari. Ini karena mundurnya musim hujan di Lamongan, “ ungkap dia.

Sedangkan untuk komoditi jagung, Dispertahut mencatat sampai dengan Februari lalu sudah ada sebanyak 23.844 hektar areal yang ditanami. Tahun ini sasaran luas panen jagung yang ditargetkan akan ada sejumlah 60.159. Sedangkan untuk padi, ditargetkan akan ada sejumlah 130.903 sasaran luas panen.

Tidak ada komentar: