Senin, 08 Maret 2010

Tertarik Entrepreneurship Lamongan

Kemajuan Lamongan selama ini terutama disebabkan prinsip-prinsip pengelolaan entrepreneurship (kewirausahaan) yang diterapkan kepala daerahnya, Masfuk. SMP Ciputra Citra Berkat Surabaya yang juga menerapkan kurikulum entrepreneurship, kemarin (4/3) membawa 27 siswanya untuk belajar langsung penerapan entrepreneurship di Lamongan.

Mereka diterima Plt Asisten Administrasi Aris Wibawa dan Kepala Bappedakab Ismunawan di aula Bappedakab setempat. Sedangkan 27 siswa tersebut didampingi A Hari Hardjanta, perwakilan Yayasan Ir Ciputra dan Yayasan Citra Kasih serta Tri Endang Sulistyowati, Kepala SMP Ciputra Citra Berkat.

Hari Hardjanta menjelaskan bahwa sekolah yang berlokasi di Surabaya Barat itu adalah sebuah sekolah nasional yang selain menerapkan kurikulum nasional, juga menerapkan kurikulum entrepreneurship. “Kami menerapkan pembelajaran entrepreneurship tematik. Yakni kurikulum yang mendorong siswa untuk menemukan peluang dan memecahkan masalah, “ kata dia.

Sedangkan Sulistyowati mengungkapkan ketertarikannya membawa siswanya ke Lamongan. Dia mengamati kemajuan Lamongan yang begitu pesat dari segi ekonomi dan sosial dari berbagai media massa. “Ditinjau dari segi geografis, kami berpendapat bahwa Lamongan bukanlah daearah yang ideal untuk bidang agrarian kecuali di sekitar Bengawan Solo. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan pemikiran kreatif untuk mengelolanya, “ ujarnya.

Dia juga mengamati pengelolaan kekayaan alam Lamongan untuk industri pariwisata. Sehingga menjadikan Lamongan sebagai salah satu yang terdepan di jatim dalam hal kemajuan daerah. Sulistyowati menganggap Lamongan adalah daerah yang tepat sebagai model pembelajaran siswanya mengenai pengelolaan alam dan lingkungan.

Ismunawan sendiri menyampaikan kemajuan yang kini diraih Lamongan tidak dapat dipisahkan dari inovasi dan jiwa entrepreneurship yang ditanamkan Bupati Masfuk pada jajarannya. “Keterbatasan potensi Lamongan oleh Bapak Bupati malah dijadikan pelecut semangat untuk lebih bekerja keras lagi demi kemajuan masyarakat, “ terang dia.

Ditambahkannya, Bupati juga kerap mengkomunikasikan kepada setiap jajaranya agar terus berinovasi dan mengambil langkah kreatif di tengah segala keterbatasan. Demikian pula dengan media yang dipandang memiliki peran penting untuk melakukan publikasi baik mengenai potensi maupun program Pemkab Lamongan.

Tidak ada komentar: