Rabu, 22 Juni 2011

MAL Bakal Memiliki Fasade Baru

Peristiwa perjalanan Rasulullah dari Makkah ke Baitul Maqdis kemudian ke Sidratul Muntaha, Isra dan Mi’raj, diperingati umat muslim dihalaman Lamongan di Masjid Agung Lamongan (MAL), kemarin malam (20/6). Dalam kesempatan tersebut Fadeli mengajak agar selalu meneladai ajaran nabi.

Dalam pidatonya, Fadeli mengatakan peristiwa itu tidak akan dilupakan kaum muslimin karena perintah sholat lima waktu sehari semalam diberikan oleh Allah SWT pada saat Isra dan Mi’raj. “Tiang agama ini (sholat) tidak akan lepas dari peristiwa Isra dan Mi’raj Rasulullah SAW. Kita sebagai umat Islam harus selalu meneladani ajaran nabi,” katanya.

Ketua Ta’mir masjid Agung Lamongan KH Abdul Aziz Choiri menjelaskan, sesuai dengan syariat Islam yaitu sholat sebagai salah satu tiangnya agama, MAL juga mempunyai kisah perjalanannya sendiri. “Selain dipergunakan sebagai tempat sholat, kewibawaan dan kemegahan masjid kebanggaan masyarakat Lamongan ini harus terus kita jaga dan rawat,” paparnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Insya Allah akan dilaksanakan pembangunan renovasi wajah depan (fasad) masjid dan menara kembar. Rencananya akan diberikan paving merata di areal masjid. Selain itu juga akan dibangun gapura dan pagar sehingga akan tampak terlihat megah. Menara kembar juga akan dibuatkan sebelah selatan dan utara masjid setinggi 30 meter diharapkan masyarakat Lamongan nanti bisa mendengar suara yang dilantunkannya lebih jauh lagi. “Arsitek perancangan menara masjid kami didatangkan dari ITS Surabaya,” pungkasnya.

Diakhir acara, dilakukan penyerahan bantuan atas nama Pemerintah Daerah sebesar Rp.100 juta oleh Bupati Lamongan Fadeli kepada Ketua Ta’mir MAL KH Abdul Aziz Khoiri guna keperluan renovasi tersebut. Hadir dalam kesempatan itu jajaran Muspida, Pimpinan SKPD terkait, pengurus MUI Surabaya Abdulrahman Nafis serta pengurus ta’mir masjid agung setempat.

Sementara itu terkait dengan peringatan Isra Mi’raj nabi Muhammad SAW 1432 Hijriyah yang digelar di MAL tersebut, beberapa kegiatan juga sudah dilangsungkan beberapa waktu sebelumnya. Diantaranya Kamis pada tanggal 16 Juni 2011 diadakan Tahtimul Qur’an, kemudian Jum’at 17 Juni 2011 Istighosah Akbar, dan puncaknya Senin 20 Juni 2011 pengajian umum. Hal itu seperti dijelaskan panitia penyelenggara, Abdul Rouf.

Tidak ada komentar: