Senin, 13 Juni 2011

Fadeli Ingatkan Profesionalisme Perawat

Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke IV Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Lamongan dilaksanakan di aula lantai II Rumah Sakit Umum (RSU) dr. Soegiri, kemarin (8/6). Dalam kesempatan itu Bupati Lamongan Fadeli mengatakan, bahwa perawat sebagai ujung tombak rumah sakit tidak bisa dipandang remeh dan justru menjadi sangat penting kedudukannya dalam pelayanan kesehatan masyarakat karena berada dibarisan paling depan.

“Perawat sebagai ujung tombak rumah sakit tidak bisa dianggap remeh dan justru menjadi sangat penting kedudukannya dalam pelayanan kesehatan masyarakat karena selalu yang bersinggungan langsung dengan pasien,” ujarnya saat memberikan sambutan sekaligus membuka Muskab secara resmi.

Fadeli menambahkan, siapapun yang terpilih dan apapun keputusan yang nanti akan diambil dalam Muskab tetap selalu junjung tinggi dan tingkatkan profesionalisme perawat di Kabupaten Lamongan. Selalu layani pasien dengan senyuman. “Nanti saya mengharapkan pengurus yang baru saling komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah,” katanya.

Sementara itu, Ketua PPNI Propvinsi Jawa Timur Ahmad Yusuf menyampaikan program Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Yaitu agar semua desa di Jawa Timur bisa menjadi desa siaga. Konsep desa siaga tersebut menjadikan masyarakat di desa mengembangkan kepedulian dan kesiapsiagaan dalam mencegah dan mengatasi masalah kesehatan dan bencana secara mandiri.

Dia juga berharap agar kedepan semua masyarakat desa dapat terlayani oleh petugas kesehatan yang berkompeten dibidangnya. “Kalau bisa yang baru lulus sehingga keilmuan mereka masih fresh, tidak perlu rebutan masalah pasien antara senior dan yunior, justru lakukan bimbingan dan kerja sama yang baik, bentuk tim yang solid karena mereka seprofesi,” urainya.

Peserta Muskab berjumlah 150 orang yang terdiri dari peserta utusan yaitu yang mempunyai hak pilih untuk memberikan suaranya pada pemilihan ketua PPNI Kabupaten Lamongan. Tujuan dilaksanakan Musda diantaranya untuk melaporkan pertanggungjawaban organisasi PPNI periode tahun 2006-201, menyusun program kerja pengembangan organisasi PPNI, memilih ketua pengurus PPNI Kabupaten Lamongan periode 2011-2011.

Selain itu, Muskab VI juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial sebagai bentuk upaya pengabdian kepada masyarakat yaitu diantaranya khitanan massal yang dilangsungkan pada tanggal 21 Mei 2011 dengan target 50 anak di Desa Banjarejo (wilayah Puskesmas Sumberaji) Kecamatan Sukodadi, pengobatan massal yang dilangsungkan pada tanggal 11 Mei 2011 dengan target 200 orang di Desa Sumowinangun Kecamatan Karangbinangun, dan terakhir adalah seminar keperawatan.

Tidak ada komentar: