Rabu, 22 Juni 2011

Sarirejo Menjadi Launching Gemerlap

Bupati Lamongan Fadeli melakukan launching program Gerakan Membangun Ekonomi Rakyat Lamongan Berbasis Pedesaan (Gemerlap) dilangsungkan di Pasar Desa Gempoltukmloko, Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan, kemarin (14/6). Sebesar Rp 10 miliar anggaran sudah disiapkan untuk program di era Bupati Fadeli tersebut.

Gemerlap sendiri adalah program Pemkab Lamongan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa sekaligus penanggulangan kemiskinan. Pemkab Lamongan berharap Program Gemerlap itu sanggup mengembangkan sentra-sentra industri ekonomi pedesaan sebagai wujud inovasi masyarakat pedesaan yang berkelanjutan.

Bupati lamongan Fadeli dalam sambutannya mengatakan, Program Gemerlap merupakan tekad yang besar dihati pemerintah daerah untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lamongan. Yakni dengan maksud agar tidak terjadi kesenjangan pembangunan antar wilayah dengan memberdayakan potensi ditingkat pedesaan. “Pemerataan inilah yang menjadi tujuan utama Pemkab lewat Program Gemerlap,” katanya.

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Fadeli kepada 7 kelompok usaha kecil di pesedsaan. Yaitu ternak kambing, itik, pembudidaya ikan lele, pembudidaya ikan keramba/jaring apung, kelompok nelayan, kelompok tani dan kelompok koperasi rest area selatan jalan stadion Surajaya.

Sementara itu bantuan yang diserahkan pada kelompok tersebut berupa hand traktor sebanyak 75 paket, pompa air 24 paket di 19 kecamatan, kambing jantan jenis etawa 200 ekor dan 2.000 ekor jenis betina jawa pada 100 kelompok ternak di 3 kecamatan. Selain itu juga diserahkan bantuan itik 20.000 ekor pada 14 kelompok ternak di 2 kecamatan dan bantuan tenda untuk koperasi dan UKM (padagang) sebanyak 40 unit.

Program inovasi Pemkab Lamongan tersebut bertujuan untuk menggerakkan secara lebih terencana, terarah dan terukur ekonomi masyarakat pedesaan melalui pemberian bantuan modal (hibah/pinjaman) bergulir. Juga dengan mengefektifkan kelompok-kelompok usaha pedesaan yang sudah ada sebagai basis inovasi dan merehabilitasi sarana dan prasarana ekonomi yang mendukung sistem produksi, distribusi barang dan jasa. Sementara itu, kegiatan Gemerlap diantaranya mencakup bidang pertanian, bidang peternakan serta bidang kewirausahaan.

Tidak ada komentar: