Selasa, 07 Juni 2011

Bukan Hanya Kegiatan Fisik

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto Rabu pagi (1/6) menjadi Irup pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-86 di alun-alun Kota Lamongan. Di kesempatan tersebut juga diserahkan proyek fisik TMMD dari Bupati Fadeli kepada Dandim 0812 Letkol Inf M Syaeful Aziz.


Diantara proyek fisik TMMD yang kali ini dilaksanakan di Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng tersebut adalah pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.350 meter. Juga pembangunan saluran air sepanjang 100 meter dan kegiatan plesterisasi 100 rumah warga setempat.

Dalam TMMD yang merupakan kegiatan lintas sektor yang melibatkan TNI bersama pemerintah derah dan masyarakat tersebut juga dilaksanakan sejumlah kegiatan non fisik. Diantaranya kegiatan pengobatan dan khitanan masal gratis. Selain itu juga dilakukan berbagai penyuluhan dan bantuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat. Seperti penyuluhan kesehatan dan pelatihan rias pengantin, bordir dan menjahir bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat.

Selain itu selama TMMD juga akan dilakukan penyuluhan mengenai bela negara dan forum negara Pancasila. Sedangkan personil Polres juga akan memberikan penyuluhan mengenai Pamswakarsa dan pemberantasan narkoba.

Saat diterima Bupati Fadeli di Guest House Pemkab Lamongan, Laksamana Muda TNI Bambang Suwarto berharap kehadiran TNI selama kegiatan TMMD bisa membawa perubahan positif bagi masyarakat desa. “Untuk Pembangunan fisik saya percaya pada Bupati Fadeli dan jajarannya tentu telah berjalan dengan baik. Di samping kegiatan fisik tersebut anggota TNI harus bisa menularkan pelajaran dan pengalaman yang bisa membuat masyarakat desa menjadi lebih baik dan maju, “ kata dia.

Sementara saat membacakan sambutan Kepala Staf TNI AD Jnderal TNI George Toisutta, dikatakan olehnya penugasan dalam TMMD adalah sebuah kehormatan bagi prajurit TNI. Karena itu dia berharap agar prajurit yang bertugas untuk melaksankan kegiatan dengan ikhlas dan profesional. “TNI juga harus bisa menjadi sumber inspirasi untuk mendorong masyarakat membangun daerahnya, “ ujarnya.

Prajurit TNI yang ditugaskan dalam TMMD di Lamongan kali ini sebagain besar berasal dari Batalyon Raider. Bersama mereka juga ada sejumlah prajurit TNI dari Yon Zipur.

Tidak ada komentar: