Rabu, 22 Juni 2011

Ada Program PKK Di TMMD

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-86 di Lamongan kali ini bukan hanya melibatkan unsur pemerintah setempat saja. Namun juga melibatkan organisasi kewanitaan seperti Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK). Kemarin, Ketua TPPKK setempat Mahdumah Fadeli menyalurkan sejumlah bantuan di lokasi TMMD, Kecamatan Karanggeneng.

Bersama sejumlah pengurus TPPKK Lamongan, dia menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat setempat. Terutama untuk pemberdayaan perempuan dan posyandu di Karanggeneng. Diantara bantuan yang diserahkannya bersama Persit Kartika Candra Kirana dan Bhayangkari tersebut adalah bantuan asupan gizi tambahan untuk puluhan ibu hamil dan lansia. Juga diserahkan bantuan penguatan modal untuk dua industri rumah tangga pembuatan jamu.

Selain itu, posyandu dan Taman Kanak-kanak (TK) setempat juga menerima bantuan dari TPKK. Untuk posyandu diberikan 16 jenis alat permainan edukatif (APE). Sementara untuk TK menerima papan seluncuran.

Mahdumah Fadeli di kesempatan tersebut berharap peran posyandu di masyarakat, terutama posyandu plus akan semakin dapat dirasakan masyarakat. Karena di posyandu plus, orang tua akan mendapat contoh kongkrit cara merangsang tumbuh kembang anak. Disebutkan olehnya, posyandu plus dilengkapin dengan layanan untuk memperdalam deteksi tumbuh kembang pada anak balita.

“Beberapa tahun terakhir fungsi dan kinerja posyandu cenderung menurun. Pembinaan yang kurang dan sering bergantinya personil kader posyandu hanya diantara penyebab penurunan kinerja itu. Namun saya percaya jika Ibu-ibu di desa melaksanakan program posyandu dengan penuh tanggung jawab dan ikhlas, taman posyandu plus yang berfungsi optimal dan mampu memberi manfaat bagi pesertanya bukan lagi sebuah harapan, ujarnya kemarin.

Tidak ada komentar: