Senin, 26 April 2010

Siapkan Rp 3,5 Miliar Untuk Beli Gabah

Pemkab Lamongan melalui Kantor Ketahanan Pangan tahun ini menyiapkan dana sebesar Rp 3,5 miliar untuk dana ketahanan pangan di tahun 2010. Dana tersebut itu akan digunakan untuk membeli gabah petani sesuai dengan harga pembelian yang telah ditetapkan.

“Tujuan darai dana ketahanan pangan ini adalah untuk menjaga harga gabah agar tidak anjlok saat panen tiba. Sementara pengelolaan dananya diserahkan kepada 36 lumbung desa yang tersebar di 17 kecamatan. Lumbung desa penerima dana ketahanan pangan ini sebagian besar berada di daerah produsen padi terbesar di Lamongan, “ ungkap Kepala Kantor Ketahanan Pangan Lamongan Aris Setiadi.

Pencairan anggaran tersebut, lanjuut Aris, dilakukan melalui Bank Daerah dengan bunga rendah 6 persen pertahun. “Besaran anggaran ketahanan pangan ini sama dengan tahun lalu. Hanya mulai tahun ini pengelolaannya dilakukan sepenuhnya oleh Kantor Ketahanan Pangan bersama Bank Daerah Lamongan. Sebelumnya, pengelolaan dana ini berada di sejumlah SKPD, “ tambah dia.

Selain dana ketahana yang bersumber dari APBD Kabupaten Lamongan itu, Kantor Ketahanan Pangan juga sudah mengajukan dana serupa kepada Pemprov Jatim sebesar Rp 5 miliar. Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi.

Tidak ada komentar: