Senin, 05 April 2010

Lantik Kades Bakalanpule di Balai Desa

Pelantikan Sutrisno, seorang Kades Bakalanpule/Tikung, Senin (29/3) cukup istimewa karena dilantik Bupati Lamongan Masfuk di Balai Desa setempat. Berbeda dari sejumlah pelantikan Kades sebelumnya di Kabupaten Lamongan yang dilangsungkan di Pendopo Lokatantra Kota Lamongan.

Sutrisno sendiri adalah Kades terpilih Pilkades pada 26 Januari 2010. di desa yang memiliki 2.487 hak pilih tersebut. Dalam Pilkades itu calonj yang maju hanya Sutrisno sendirian yang meraup suara sebanyak 1.699 pemilih. Sementara Masfuk saat melantik Kades Baklanpule didampingi Ketua DPRD Makin Abbas bersama sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lamongan. Juga dihadiri Ketua PKK Lamongan Endang Rijanti Masfuk dan Ketua Daharma Wanita Persatuan Mahdumah Fadeli.

Masfuk berharap agar setelah Bakalanpule memiliki Kades terpilih desa tersebut bisa cepat berkembang. Terlebih Pasar Desa Bakalanpule telah dibangun dengan bangunan modern di tepi jalan Lamongan-Mojokerto yang strategis.

“Dengan segala kerendahan hati saya minta pada semua masyarakat untuk guyub membantu Kades terpilih membangun Desa Bakalanpule. Baik yang dulu mendukung maupun yang tidak mendukung saat Pilkades. Demikian pula pada Kades terpilih saya minta untuk mengajak serta semua komponen masyarakat untuk dalam merumuskan pembangunan desa. Tanpa memilih latar belakang masyarakatnya, “ ujarnya di Balai Desa Bakalanpule kemarin.

Masfuk di kesempatan itu kemudian mengungkapkan sejumlah pembangunan fisik yang akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tikung. Diantaranay pengerukan waduk dan peninggian tanggul Desa Takeran serta pembangunan jalan poros Sarirejo-Jatirembe sepanjang sekitar 4 kilometer.

Selanjutnya Masfuk juga meninjau pelaksanaan operasi KB sistem implant secara gratis di Pendopo Kecamatan Tikung. Sekitar 70 peserta terdaftar mengikuti kegiatan itu. Sementara data Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB (BPPKB) Lamongan menyebutkan, sampai dengan Februari 2010 tercatat sudah ada 227 peserta baru KB implant. Sementara peserta aktif KB implant mencapai 25.064.

Sementara untuk jenis KB MOW (metode operasi wanita) sampai Februari tahun ini tercatat ada 66 peserta baru dan 6.076 peserta aktif. KB MOP ada 17 peserta baru dan 495 peserta aktif. Kemudian jenis kondom ada 151 peserta baru dan 1.617 peserta aktif. Sedangkan KB suntik sudah berhasil menjaring 3.533 peserta baru dengan 117.764 peserta aktif dan peseta baru KB pil sebanyak 1.367 dengan 57.079 jumlah peserta aktif. Sepanjang tahun 2009 lalu BPPKB berhasil menjaring 35.144 orang peserta KB baru dari berbagai jenis alat KB dengan sebanyak 223.914 orang peserta KB aktif.

Tidak ada komentar: