Rabu, 25 Mei 2011

36 Siswa Absen UN SD/MI

Sebanyak 36 siswa setingkat SD/MI di Lamongan absen mengikuti Ujian Nasional SD/MI/SDLB. Mereka semua tercatat tidak mengikuti UN karena drop out (DO), sehingga tidak berhak untuk mengikuti ujian susulan.
Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Mustofa Nur melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik, siswa yang DO tersebut karena mutasi berpindah sekolah mengikuti orang tuanya. “Tahun ini UN SD/MI/SDLB di Lamongan diikiti sebanyak 19.791 siswa dari 1.132 lembaga pendidikan. Sementara yang hadir mengikuti ujian sebanyak 19.755 siswa dan yang absen hadir ada 36 siswa. Mereka yang absen ini terdiri dari 15 siswa SD dan 21 siswa MI. Ke-36 siswa ini tidak bisa mengikuti ujian susulan karena absen tanpa ijin, “ ungkapnya kemarin.

Oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), ujian untuk tingkat Sd sederajat mulai tahun yang sebelumnya bernama ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) diganti menjadi UN SD/MI/SDLB. Demikian pula ada sejumlah perubahan yang dilakukan BNSP dalam penentuan kriteria kelulusan. Meski kelulusan tetap ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan yang telah ditetapkan.

Nilai akhir penentuan kelulusan siswa kini diperoleh dari nilai rata-rata gabungan nilai UN dan nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujinasionalkan. Yakni dengan komposisi 60 persen untuk nilai UN dan 40 persen untuk nilai sekolah. Kriteria kelulusan UN ditetapkan melalui rapat dewan guru.

Ada tiga mata pelajaran yang diujikan. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ujiannya sendiri akan dilangsungkan selama tiga hari mulai 10 hingga 12 April 2011. Kemudian ujian susulan dimulai 18 hingga 20 Mei 2011.

Rincian peserta UN SD/MI tahun ini adalah, SD Negeri sebanyak 10.515 siswa di 612 lembaga pendidikan. Sementara SD Swasta peserta mencapai 232 siswa di 10 lembaga pendidikan. Kemudian untuk MI Negeri, pesertanya mencapai 90 siswa di 3 lembaga dan MI Swasta tercatat akan ada 8.954 siswa dari 507 lembaga pendidikan yang mengikuti UN ini.

Komposisi UN SD/MI tahun ini didominasi peserta dari sekolah SD. Yakni sebanyak 10.747 siswa di 622 lembaga. Sedangkan dari MI total ada 9.044 siswa dari 510 lembaga pendidikan.

Tidak ada komentar: