Senin, 02 Mei 2011

Lumajang Belajar e Government

Komisi A DPRD Kabupaten Lumajang yang dipimpin Aliyas kemarin melakukan kunjungan kerja (kungker) di Lamongan terkait pelaksanaan e Government. Rombongan kungker diterima Asisten Tata Praja Agus Sugiharto di Ruang Sasana Nayaka bersama sejumlah Kepala SKPD terkait.

Menurut Aliyas, kunjungannya bersama tiga anggota komisi lainnya untuk mengetahui sejauh mana penerapan e Government di Lamongan. Karena menurut dia, saat ini Lumajang kini sedang giat meningkatkan pelayanan publik dan pemerintahan lewat e Government.

Selain terkait penerapan e Government, Komisi A DPRD Lumajang juga melakukan studi terkait aplikasi Perda jabatan kepala desa. Selain itu, mereka juga melakukan perbandingan pelayanan kependudukan di Lamongan.

Kepala Kantor Pengelolaan Data Elektronik (KPDE) Hurip Tjahyono saat memberi penjelasan menyatakan sejumlah layanan di Lamongan telah menggunakan e Government. Diantaranya absensi yang sudah menggunakan finger print dengan Badan Kepegawaian Daerah sebagai SKPD pelaksananya. “Bahkan di RSD dr Soegiri, absensi finger print telah dijadikan patokan jam lembur stafnya. Sehingga penentuan honor terkait jam lembur sudah lebih akurat, “ ujarnya.

Kemudian Puskesmas di Lamongan dalam memberikan layanan administrasi juga sudah terkoneksi jaringan secara on line. Sedangkan di bidang kependudukan, dalam pelayanan pembuatan KTP yang sudah gratis tersebut kini sudah menerapak sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK).

Tidak ada komentar: