Rabu, 25 Mei 2011

Hardiknas, 10 Pelajar Terima Penghargaan

Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lamongan diwarnai dengan peragaan senam kreasi seni masal oleh 200 siswi SMP dan pemberian penghargaan pada 10 pelajar berprestasi. Kegiatan itu dilaksankan di alun-alun Kota Lamongan, Senin (2/5) seusai upacara dengan Bupati Fadeli sebagai inspekturnya.

Kesepuluh pelajar yang menerima penghargaan tersebut adalah mereka yang berprestasi di tingkat propinsi hingga ASEAN. Sela Damayanti adalah pelajar SDN Tunggun Jagir/Mantup yang sukses melaih salah satu medali emas di ajang ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) IV November tahun lalu di Jakarta.

Sementara pelajar lain yang menerima penghargaan dari Pemkab Lamongan adalah CC. Zamzam Multazam, siswa SDN Jestis III Lamongan yang berhasil menjadi juara II tingkat nasional dalam lomba matematika di Indonseia Sains Festival. Kemudian juga ada Elvira Jasmine dan Festi Artika Sari, keduanya pelajar SMPN 1 Babat yang meraih juara II nasional Indonesian Science Project Oympiad (ISPO). Selain penghargaan, kesepuluh pelajar itu juga menerima uang pembinaan.

Sebelumnya, Fadeli saat membacakan sambutan Mendiknas M Nuh mengatakan pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab besar terkait perkembangan munculnya perilaku destruktif, anarkis dan radikalis. Dia berharap agar dalam dunia pendidika ditumbuhkan pola piker dan perilaku yang berbasis kasih saying pada peserta didik.

“Para pemangku kepentingan pendidikan harus memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar pada peserta didik. Perhatian itu bisa dalam bentuk memberikan ruang aktivitas yang positif. Sehingga bisa dicegah tumbuhnya pemikiran dan perilaku destruktif, anarkis, kekerasan dan radikalisme, “ papar dia.

Tidak ada komentar: