Rabu, 25 Mei 2011

52 Kegiatan Sambut HJL Ke-442

Panitia Pelaksana peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-442 sudah menyiapkan 52 kegiatan untuk sambut HJL. Sejumlah kegiatan sudah dimulai sejak akhir Maret lalu. Mulai dari program kesehatan pelayanan KB hingga program lomba kreatif membuat blog interaktif guru.

Seperti dijelaskan Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik, program kegiatan HJL tahun ini sudah dimulai sejak 29 Maret lalu dengan kegiatan pelayanan KB dan berakhir pada 11 Juni mendatang. Yakni ditutup dengan Haul Akbar Lamongan yang dibarengi dengan Majlis Dzikir.

Ditambahkan olehnya, sejumlah program kegiatan kesenian tradisional juga sudah disiapkan. Mulai dari lomba dongeng cerita rakyat Lamongan, lomba teater cerita rakyat, pesta rakyat dengan pagelaran kesenian tradisional, wayang kulit dan campur sari hingga pagelaran seni ludruk yang sudah lama tidak dipentaskan di Lamongan.

Puncak HJL tetap dilaksanakan pada 26 Mei sesuai dengan tanggal yang disepakati sebagai lahirnya Lamongan. Puncak HJL ditandai dengan upacara pembukaan selubung patakan lambang daerah, dilanjutkan upacara peringatan di alun-alun dan ditutup dengan Pasamuan Agung di Pendopo Lokatantra. “Seusai upacara akan dilakukan pemberian santunan pada panti asuhan, lanjut usia, keluarga miskin dan penyandang cacat, “ tambah Anang.

Penentuan HJL ditetapkan dari saat diwisudanya Rangga Hadi, pemuda asal Dusun Cancing (Ngimbang) menjadi adipati pertama Lamongan dengan gelar Tumenggung Surajaya oleh Sunan Giri IV dari Mapel (Gresik). Pelantikan Rangga Hadi itu dilakukan pada 10 Dzulhijah atau 26 Mei 1569 masehi yang bertepatan dengan Hari Idul Adha.

Tidak ada komentar: