Rabu, 10 Agustus 2011

GI Paciran Tuntas Akhir Tahun

Gardu Induk (GI) PT PLN (Persero) di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran pembangunannya hampir rampung. Pada akhir tahun nanti, pembangunan GI ini dijadwalkan akan selesai dilaksanakan.

Pembangunan GI tersebut seperti diungkapkan Kepala Bagian Perekonomian M Faiz Juanidi melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik ditujukan untuk mendukung perkembangan industri dan perumahan di pantura Lamongan. Sementara dari 101 unit tower yang direncanakan dibangun, 100 tower diantaranya sudah selesai dibangun.

“Akhir tahun ini GI di Paciran dijadwalkan sudah selesai dibangun. Demikian pula penarikan kabel konduktor (stringing) dari Lamongan menuju GI di Tlogosadang juga direncanakan akan dilakukan mulai akhir tahun ini juga sembari menuntaskan proses pemberina kompensasi bagi pemilik lahan yang dilewati tower, “ kata dia.

Diberitakan sebelumnya, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jaringan Jawa Bali (UIPJJB) dengan Pemkab Lamongan telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama terkait pelaksanaan pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV jalur Lamongan-Paciran. Selain untuk mendukung perkembangan industri dan perumahan di pantura, pembangunan itu semakin mendesak karena beban trafo GI Kalikapas Kecamatan Lamongan sudah mencapai 71, 82 persen.

Beban GI di Lamongan itu jika tidak diantisipasi akan rawan mengakibatkan black out atau pemadaman. Demikian pula permintaan daftar tunggu konsumen listrik di Lamongan cukup besar. Mencapai 17 MVA.

Pembangunan jaringan sepanjang 33 kilometer SUTT itu melewati 19 desa di enam kecamatan. Yakni mulai dari Desa Sidoharjo Kecamatan Lamongan hingga tower ke 101 di Gardu Induk (GI) di Desa Tlogosadang Kecamatan Paciran. Enam kecamatn tersebut adalah Kecamatan Lamongan, Tikung, Deket, Glagah, Karangbinangun dan Paciran.

Tidak ada komentar: