Kamis, 27 Mei 2010

Diklatpim II LAN Belajar Ke Lamongan

Sebanyak 30 orang pejabat eselon II di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Bandung, Selasa (11/5) melakukan kunjungan ke Lamongan. Kunjungan rombongan yang dipimpin Mochammad Yasin tersebut sebagai bagian dari pemenuhan tugas dalam Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II Angkatan 26 Kelas D.

Yasin menyatakan ketertarikan kelompoknya untuk melakukan kunjungan ke Lamongan karena menurutnya Lamongan kini menunjukkan perkembangan pembangunan yang pesat. Bahkan, kata dia, pesatnya pembangunan Lamongan tersebut bukan hanya di level daerah, tapi sudah menasional. “Kami kesini untuk mengetahui bagaimana kiat-kiat yang dilakukan sehingga Lamongan bisa demikian pesat pembangunannya, “ ujar Yasin.

Rombongan Diklatpim itu diterima Bupati Masfuk di Ruang Sasana Nayaka Kantor Pemkab setempat. sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga terlihat lengkap menyambut pejabat LAN tersebut. Diantaranya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bambang Kustiono, Kepala Kantor Perijinan Bambang Hadjar Purwono, Kepala Badan Lingkungan Hidup Aris Wibawa dan sejumlah Kepala SKPD terkait.

Kepada rombongan Diklatpim, Masfuk menyampaikan beberapa kiatnya. Diungkapkannya, hal pertama yang dilakukannya saat menjadi kepala daerah di Lamongan adalah merubah mindset pegawai dan masyarakat. Mindset tersebut kata dia adalah bahwa Lamongan juga bisa maju. “Ini karena Lamongan dulu dikenal sebagai daerah minus dan terbelakang. Kini pertumbuhan ekonomi Lamongan diatas rata-rata Jawa Timur, demikian pula dengn Indeks Pembangunan Manusia yang sudah masuk kategori menengah atas, “ ujarnya.

Namun merubah mindset itu, lanjutnya, tidak bisa dilakukan hanya dengan pidato, melainkan harus dengan kerja nyata. Sehingga masyarakat mau bersama-sama untuk maju dan membangun daerahnya. “Ketika Persela ternyata mampu berprestasi, sejak saat itulah baik pegawai maupun masyarakat mulai yakin bahwa Lamongan ternyata juga bisa maju. Roh dari mindset inilah yang kemudian menjalar ke semua satuan kerja Pemkab Lamongan sehingga berbagai prestasi diraih, “ ungkap dia.

Tidak ada komentar: