Kamis, 27 Mei 2010

Tari Parengan Raih Penyaji Terbaik Jatim

Tarian dari Lamongan kembali mendapat pengakuan prestasi. Kali ini adalah Tari Parengan yang berhasil menjadi Penyaji Terbaik Karya Tari Tingkat Propinsi Jawa Timur di ajang Festival Karya Tari dan Lagu Pop Daerah Tahun 2010.

Seperti diungkapkan Plt Kabag Humas dan Infokom Lamongan Aris Wibawa, ada sepuluh tim yang ditetapkan sebagai penyaji terbaik di ajang yang digelar 20 April lalu tersebut. Selain Lamongan, diantara yang masuk penyaji terbaik adalah adalah Tari Molong Padi dari Kabupaten Pasuruan, Tari Meja Putri dari Tuban , Tari Sabruk dari Bojonegoro dan Tari Lakuning Yuk dari Gresik.

“Berbeda saat Tari Boran yang mewakili Jatim di tingkat nasional, tim dari kabupaten mana yang akan ditunjuk kali ini menunggu seleksi selanjutnya dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim. Pada tahun 2007, di tingkat Jatim, Tari Boran menjadi yang terbaik pada tujuh dari 9 kategori penilaian. Sementara kali ini yang diumumkan adalah 10 penyaji terbaik, sehingga belum bisa dipastikan apakah Tari Parengan akan kembali mewakili Jatim di tingkat nasional, “ urai Aris.

Lebih lanjut dikatakan Aris, prestasi Tari Parengan kali ini semakin menunjukkan jati diri Lamongan yang kaya dan peduli akan khasanah budaya. Sesuai dengan nama tarinya, imbuh Aris, tarian ini dibawakan oleh sembilan orang penari yang mengenakan kain tenun ikat khas Lamongan, Parengan.

Sembilan penari tersebut berasal dari tim tari Langen Kridha Manggala SMPN 1 Kembangbahu. Selain Tri Kristiani sebagai penata tari dan Ninin Desinta sebagai penata rias busana, tim ini juga dibantu Purnomo sebagai penata musik. Ada delapan pemusik di bawah arahan Purnomo yang mengiringi Tari Parengan ini saat tampil.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lamongan telah mempersiapkan tim ini sejak akhir Maret lalu. Tim ini telah berlatih keras. Tidak kurang sebanyak 20 kali latihan telah dilakukan selama di SMPN 1 Kembangbahu. Semoga prestasi ini akan semakin memacu kreatifitas dan produktifitas seniman di Lamongan, “ kata dia.

Sebelumnya, pada tahun 2007 penata tari dan penata busana yang sama berhasil mengantarkan Tari Boran menjadi Juara Umum dalam Parade Tari Nusantara tahun 2007 lalu di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Karya mereka yang lain, yakni Tari Caping Ngancak juga berhasil meraih tiga tropi nominasi terbaik di ajang Festival Seni dan Budaya Adiwara Jatim pada tahun 2008. Selain itu Tari Jala Sutra juga pernah ditetapkan sebagai lima penyaji terbaik dalam pekan seni pelajar tingkat provinsi dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional 2009.

Tidak ada komentar: