Kamis, 27 Mei 2010

YakYuk Ditarget 10 Besar Raka Raki Jatim

Supardi, Plt Sekdakab Lamongan mematok target cukup tinggi untuk Yak Yuk Lamongan 2010. Susilo Pramono (Yak) dan Farlinda Nur Beauty (Yuk) diharapkan Supardi bisa setidaknya masuk 10 besar pada Raka Raki Jatim 2011 mendatang. Target ini terbilang tinggi karena selama ini belum ada duta Lamongan yang bisa masuk 10 besar Raka Raki Jatim. Saat menerima Susilo dan Beauty bersama Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Lamongan Bu’u Bruno di ruang kerjanya, Supardi secara pribadi juga memberikan uang pembinaan kepada kedua duta wisata Lamongan tersebut. “Saya berharap Yak Yuk Lamongan kali ini bisa membawa harum nama Lamongan di ajang Raka Raki Jatim dengan setidaknya lolos 10 besar. Karena selama ini belum pernah ada perwakilan Yak Yuk Lamongan yang bisa menembus babak 10 besar, “ tandas Supardi.
Dia juga menekankan pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Lamongan agar tidak melepaskan begitu saja pembinaan Yak Yuk Lamongan. Harus ada pendampingan dan pembinaan, terutama di sejumlah kelemahan yang biasanya menggagalkan wakil Lamongan di Raka Raki Jatim. Yakni masalah kepribadian, kepercayaan diri, wawasan pengetahuan serta talenta yang mampu menampilkan inner beauty peserta.
“Seperti halnya olahraga yang terus dibina secara intensif akhirnya bisa meraih medali emas Porprov. Padahal sebelumnya belum pernah sekalipun Lamongan bisa membawa pulang emas di Porprov. Kalau perlu mereka berdua diikutkan kursus kepribadian, “ ujarnya mencontohkan.
“Selain kemampuan teknis yang masih bisa diasah, kepercayaan diri bisanya menjadi masalah utama duta Lamongan. Kalian berdua saya minta jangan minder dan grogi dengan daerah lain. Dalam diri harus ditanamkan kepercayaan bahwa Lamongan kini bahkan lebih maju dari daerah lain. Lamongan punya Persela dan WBL yang membuat iri daerah lain. Jika masalah psikologis ini bisa diatasi, saya yakin kalian berdua bisa menembus 10 besar Raka Raki Jatim, “ tandasnya.
Bu’u Bruno sendiri juga mengakui bahwa problem utama Yak Yuk Lamongan saat berlaga di Raka Raki adalah masalah psikologis. Terutama saat peserta mengikuti tes tulis dan memasuki karantina. Selain itu, dalam beberapa kali penyelenggaraan, duta Lamongan terlihat lemah di penampilan talenta yang belum bisa menunjukkan inner beauty mereka. Raka Raki Jatim biasanya digelar pada medio Bulan Maret atau April. Prestasi tertinggi Lamongan adalah saat bisa menjadi Juara Favorit pada 2009 lalu melaui Nur Iftitah.

Tidak ada komentar: