Kamis, 08 Desember 2011

Juara II Lomba Cipta Menu SeJatim

Tim Penggerak PKK Lamongan sukses meraih juara kedua dalam Lomba Cipta Menu yang dilaksanakan oleh TPPKK Jatim di Pasar Induk Puspa Agro, Sidoarjo kemarin. Tim dari Lamongan yang dipimpin Mahdumah Fadeli menyajikan sejumlah masakan unik, seperti kudapan dari bahan buah nangka dan makan siang berupa roti berbahan rumput laut serta ada yang berbahan uwi atau ubi jalar.

Kegitan itu merupakan salah satu perwujudan kreativitas pengembangan pangan lokal sehingga bisa menjadi menu yang sehat dan berkualitas. “Apabila keluarga mampu mencukupi kebutuhan pangannya secara mandiri dan berkualitas, maka bisa membantu ketahanan pangan serta memberi jaminan kesehatan pada anggota keluarga. Kegiatan ini adalah bagian dari tujuan mulia itu, “ ujar Mahdumah Fadeli.

Dikatakan olehnya, sebenarnya Lamongan kaya akan bahan makanan lokal yang menyehatkan dan mulai ditinggalkan karena dianggap tidak modern. Seperti ketela, singkong dan jagung. Bahan makanan yang beragam ini, lanjutnya, jika dikemas dengan bagus tentu akan kembali menarik untuk dikonsumsi dan bisa bersanding dengan makanan modern saat ini.

Karena itu, harap dia, kedepan seharusnya dunia pendidikan di Lamongan bisa mengambil peran. Dengan kemampuan akademis dan ilmiahnya, dunia pendidikan bisa membantu mendesain makanan dengan bahan baku lokal yang menarik dan juga sehat. Juga membanttu mmeberikan edukasi pada masyarakat, bahwa bahan makanan lokal juga atau bahkan lebih bergizi dari kebanyakan makanan modern.

Tidak ada komentar: