Kamis, 08 Desember 2011

Terima Kunjungan KKL Unej

Pemkab Lamongan, Senin (/12) menerima kunjungan dari 22 mahasiswa dari program studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember (Unej). Kunjungan yang dipimpin dosen mereka, Rohmat Hidayat itu terkait kuliah kerja lapangan atau KKL praktek pelaksanaan Public Private Partnership atau kemitraan pemerintah dengan swasta (PPP) Pemkab Lamongan dalam mengelola Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Dikatakan Rohmat, kedatangannya bersama sejumlah mahasiswanya itu untuk menimba ilmu di Lamongan. Terutama setelah sekian lama berkutat dengan wacana keilmuan dalam menara akademik.

“Pasca otonomi daerah, Lamongan menjadi demikian dinamis. Banyak program pembangunan di Lamongan yang menjadi perhatian sejumlah media massa. Kisah sukses pengelolaan WBL tentu adalah bagian dari buah manis penerapan otonomi daerah. Bagi kami, adalah suatu hal yang luar biasa investor mau masuk ke Lamongan, “ ujarnya saat diterima Plt Sekkab Yuhronur Efendi di Ruang Sasana Nayaka Pemkab Lamongan.

Yuhronue menyebut WBL kini bukan hanya menjadi ikon pariwisata di Lamongan, namun juga telah menjadi primadona bagi pendapatan asli daerah (PAD). Kawasan wisata yang dibangun dengan pola kerjasama Build Operate dan Transfer (BOT) itu, lanjut dia, sudah balik modal dan kini tinggal meraup keuntungan. Bahkan dalam RAPBD 2012, target dari WBL saja ditarget mampu menyetorkan PAD hingga Rp 12,250 miliar.

Mantan Dirut PD BPR Bank Daerah Lamongan ini juga menyatakan penerapan desentralisasi telah membuka peluang bagi pemerintah daerah utnuk melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Desentralisasi menurut dia juga memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengelola rumah tangganya sendiri sesuai dengan prioritas yang diperlukan daerah. “Seperti keberadaan WBL yang kemudian juga menumbuhkan perekonomian masyarakat di sekitarnya, “; imbuhnya.

Tidak ada komentar: