Kamis, 15 Desember 2011

Saka Bhayangkara Juarai Napak Tilas Kadet Soewoko

Saka Bhayangkara sukses menjuarai Lomba Gerak Jalan Napak Tilas Perjuangan Kadet Soewoko. Regu ini berhasil meraup nilai tertinggi dari semua kategori, yakni 535, sehingga berhak memboyong pulang Piala Bergilir Bupati Lamongan.

Disampaikan Ketua Panitia Hamdani Azahari melalui Kabag Humas dan Infokom Anang Taufik, lomba gerak jalan kali ini memberikan piala pada tiga kategori berbeda. Yakni beregu, perorangan dan piala bergilir untuk peraih nilai terbanyak. Poin diberikan berdasarkan aspek ketepatan waktu, disiplin, semangat, kekompakan, kelempakan regu dan terakhir pakaian.

Disebutkannya, untuk kategori beregu, juara pertama diraih oleh Regu Saka Bhayangkara, juara kedua oleh SMAN 1 Mantup dan juara ketiga oleh SMAN 1 Lamongan. Sedangkan di kategori perorangan, Yahya A R dari Kinameng/Lmaongan sukses menjadi yang terbaik, disusul mjuara kedua oleh Luluk Arul dari MAN Babat dan Dzikrillahi Akbar dari SMAN 3 Lamongan sebagai juara ketiga.

Tiap peserta harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer menyusuri rute perjuangan Kadet Soewoko yang meninggal di usia 21 tahun tersebut. Lomba sendiri dilaksanakan dengan mengambil start di Monumen Perjuangan Kadet Soewoko di Desa Kanugrahan Kecamatan Maduran dan finish di Makodim 0812. Panjangnya rute yang ditempuh peserta sehingga ada yang sanpai jam 10 malam baru sampai garis finish.

Lomba ini sendiri diadakan untuk menapaktilasi perjuangan Kadet Soewoko bersama pasukannya ketika menghadapi agresi Belanda II tahun 1949. Soewoko yang saat itu bertugas menjadi komandan Regu I Seksi I pasukan Tamtama Kodim Lamongan, meninggal pada 9 Maret 1949 dalam pertempuran melawan tentara Belanda di Desa Gumantuk Kecamatan Sekaran.

Tidak ada komentar: