Jumat, 28 November 2008

Puskesmas Mantup Jadi Unit Percontohan Jatim

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Mantup Kabupaten Lamongan ditetapkan Gubernur Jatim sebagai unit pelayanan percontohan di Jatim. Penetapan tersebut disampaikan lewat Surat Gubernur nomor 065/14997/041/2008 perihal Unit Pelayanan Percontohan Jatim Tahun 2008.
Penetapan UPT Puskesmas Mantup tersebut, menurut Kabag Organisasi Setda Lamongan Abdul Mu'is melalui Kabag Humas dan Protokol Aris Wibawa, setelah berhasil menyisihkan 32 unit kerja lain di seluruh Jawa Timur. "Kepala UPT Puskesmas Mantup dr. Taufik akan menerima penghargaan dan stimulan dari Gubernur Jatim pada acara peringatan HUT Ke 37 KORPRI pada Senin 1 Desember mendatang di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, " tutur dia.
"Bukan pekerjaan mudah untuk menjadikan Puskesmas Mantup sebagai unit pelayanan percontohan, " sambung Aris. Karena menurutnya, pembentukan kinerja tersebut berangkat hampir dari nol, beda dengan RSU dr. Saiful Anwar Malang misalnya yang sudah terkenal sebagai rumah sakit besar. Saat ini UPT Puskesmas Mantup sedang dalam proses untuk mendapatkan ISO 9001:2000 untuk meningkatkan pelayanannya. Karena itu, penghargaan ini semoga bisa menjadi pemacu dan motivator bagi unit kerja lainnya di Lamongan agar meningkatkan pelayanannya, " ujar dia.
Fasilitas unggulan di UPT Puskesmas Mantup diantaranya layanan UGD 24 jam yang telah memiliki pelayanan rawat darurat, pelayanan operasi kecil, penanganan kecelakaan dan pelayanan rawat inap. UPT ini juga telah memiliki laboratorium lengkap, alat rekam jantung dan apotik sendiri.
Bersama UPT Puskesmas Mantup, yang masuk predikat baik dalam ajang unit percontohan Jatim ini adalah Balai Pelayanan Kesehatan RSD Kabupaten Jombang, RSU dr. Saiful Anwar Malang, Kantor Pelayanan Perijinan Kabupaten Pacitan, PDAM Kabupaten Banyuwangi, Puskesmas Medokan AYU Kota Surabaya, RSD dr. H. Moh. Anwar Kabupaten Sumenep dan Puskesmas Wonoasih Kota Probolinggo.
Sementara yang berhasil meraih predikat terbaik yakni SMKN Purwosari Kabupaten Pasuruan, RSU Haji Surabaya, KB SAMSAT Kediri Katang, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Malang, Puskesmas Pasirian Kabupaten Lumajang, PDAM Kabupaten Madiun, RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik dan Puskesmas Purwodadi Kabupaten Pasuruan

Tidak ada komentar: