Selasa, 18 November 2008

Usulkan Tiga Lokasi Pilot Project PJU Solar Cell

Pemkab Lamongan tidak berhenti berinovasi. Gagasan Bupati Lamongan untuk melakukan penghematan energi dan menggunakan energi yang terbaharui lewat penggunaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga matahari (solar cell) semakin dekat untuk diwujudkan. Dalam Rancangan APBD (RAPBD) 2009, telah diusulkan tiga lokasi sebagai pilot project pemasangan PJU solar cell tersebut.
    Ketiga lokasi tersebut masing-masing adalah pintu masuk gapuro Soko/Glagah, Sukobendu/Gondang dan Donoyo/Deket. Di Soko/Glagah selain LPJU solar cell sebanyak 11 unit juga akan dibangun LPJU shodium di pintu masuk gapuro dengan usulan anggaran mencapai Rp 220 juta. Kemudian LPJU solar cell di Sukobendu/Gondang sebanyak 17 unit dengan usulan anggaran sebesar Rp 140 juta dan terakhir pemsangan LPJU solar cell di Dinoyo/Deket sebanyak 5 unit dan 2 unit LPJU shodium dengan usulan anggaran sebesar Rp 120 juta.
    Menurut Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan Aris Wibawa, pilot project LPJU solar cell tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkab Lamongan untuki mendukung program pemerintah pusat dalam rangka penghematan energi dan penggunaan energi alternatif. "Ini adalah upaya nyata dari Bupati Lamongan Masfuk untuk peduli dengan krisis energi yang saat ini sedang terjadi. Jika ini bisa sukses terwujud, seperti yang sering disampaikan Pak Masfuk, maka dampaknya akan sangat luar biasa. Bukan hanya bagi generasi sekarang tapi juga bagi generasi mendatang, anak cucu kita, " tutur dia.
    Aris melanjutkan, selain dari sisi penggunaan energi alternatif, jika program ini bisa terwujud, dan ketika nantinya semua PJU di Lamongan telah berganti dengan PJU tenaga matahari, maka Pemkab Lamongan tidak perlu lagi repot-repot memikirkan biaya PJU biasa. "karena sampai saat ini energi mathari masih gratis dan melimpah ruah di Indonesia. Dengan demikian, anggaran tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang berkenaan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, " pungkas dia. Saat ini pembahasan RAPBD telah memasuki tahap pandangan umum fraksi-fraksi.

Tidak ada komentar: